Drum tenor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Drum tenor adalah salah satu instrumen musik perkusi yang terdiri atas sejumlah drum yang umumnya memiliki pitch lebih tinggi dari drum bass. Dalam sebuah seksi perkusi orkes simponi, tenor drum merupakan varian snare drum dengan pitch suara yang lebih rendah, namun kadang-kadang tenor drum tidak dilengkapi senar seperti halnya snare drum, dan dimainkan dengan malet lembut ataupun stik. Dalam beragam nama, alat drum ini telah digunakan oleh para komposer sejak pertengahan abad ke-19. Terutama sekali terlihat pada partitur komposer Inggris seperti Benjamin Britten, dan William Walton pada abad ke-20, serta komposer Amerika seperti Aaron Copland.

Multi tenor drum[sunting | sunting sumber]

Konfigurasi multi-tenor dengan enam buah drum.

Drum tenor digunakan sebagai instrumen musik perkusi marching band, biasanya terdiri atas 3 sampai 6 buah drum yang memungkinkan untuk dibawa oleh seorang drummer dan memainkan beberapa drum secara simultan. Nama lain yang dikenali adalah "toms" dan "timp toms", begitu pula nama yang bersifat spesifik sesuai dengan konfigurasi drum yang ada: "duos" (2 drum), "tris", "trios", atau "tri toms" (3 drum), "quads" atau "quad toms" (4 drum), "quint" (5 drum), serta "squints", "hexes", atau "six-packs", "tenor", atau "sextet" (6 drum).

Pada multi tenor drum biasanya terdiri atas empat drum utama biasanya memiliki diameter berukuran antara 8, 10, 12, dan 13 inci pada konfigurasi Sekolah Menengah Atas atau 10, 12, 13, 14 inci pada konfigurasi Korps, ditambah satu atau dua drum berdiameter 6 atau 8 inci yang berfungsi sebagai pemberi aksen. Instrumen perkusi lain kadang-kadang ditambahkan pula, seperti cowbell, atau simbal.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) James Blades et al, "Drum", sec. II, 3: Non-tunable Western drums: Tenor drum, in New Grove Dictionary of Music and Musicians, 2nd edition, Stanley Sadie, ed. Volume 7, page 614. Macmillan Publishers Limited (2001)
  • (Inggris) "The Cadets Approach to Marching Percussion" (citation not known)
  • (Inggris) Davila, Julie, "Modern Method for Multi-Tenors" Rowloff Publications