Drag Me to Hell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Drag Me to Hell
Dragmetohell.jpg
Sutradara Sam Raimi
Produser Grant Curtis
Sam Raimi
Robert G. Tapert
Penulis Sam Raimi
Ivan Raimi
Pemeran Alison Lohman
Justin Long
Lorna Raver
Dileep Rao
Adriana Barraza
David Paymer
Reggie Lee
Musik Christopher Young
Sinematografi Peter Deming
Penyunting Bob Murawski
Studio Ghost House Pictures
Distributor Universal Pictures
Tanggal rilis 29 Mei 2009
Durasi 99 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $30,000,000
Pendapatan kotor $86,117,189

Drag Me to Hell adalah film horor tahun 2009 yang disutradarai oleh Sam Raimi dan ditulis oleh Sam Raimi dan Ivan Raimi. Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Cannes dan telah meraih sukses besar, memperoleh 80 juta dolar di seluruh dunia dari budget pembuatannya yang hanya berjumlah 30 juta dolar saja.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Tahun 1969. Pasadena, California. Pasangan muda bersama anaknya, mendatangi sebuah paranormal bernama Shaun San Dena (Flor de Maria Chahua) untuk meminta disembuhkannya si anak setelah pengakuan si anak bahwa ia telah dihantui oleh suara-suara selama 3 hari. Dalam ritual menyembuhkan si anak, mereka berempat diserang oleh sesuatu yang tidak terlihat, menarik si anak ke lantai dasar, dan disana, ia ditarik ke neraka dalam retakan api yang besar.

Tahun 2009. Seorang pegawai bank bernama Christine Brown (Alison Lohman) nyaris mendapatkan kesempurnaan dalam hidupnya, pekerjaannya sebagai pengurus peminjaman dengan gaji tetap dan kesempatan besar untuk mendapat posisi asisten manajer, kekasihnya Clay Dalton(Justin Long) yang mencintainya kendati suami-istri Dalton kurang menyetujui hubungan mereka, dan kesibukannya menggapai kehidupan yang bagus di rumah yang ia beli sendiri bersama kucing peliharaannya.

Suatu hari Christine didatangi oleh Mrs. Ganush (Lorna Raver) yang ingin memperpanjang pinjamannya. Christine yang ingin mengesankan bosnya (yang belakangan ini kesan bosnya, Mr. Jack terhadap salah satu kandidat asisten manajer, Stu semakin bertambah) akhirnya memutuskan untuk menolak permintaaan Mrs. Ganush. Ketika akan pulang, Christine diserang oleh Mrs. Ganush di tempat parkir, yang ternyata hanya untuk diambil kancing jaket Christine. Kancing jaket itu menjadi media kutukan oleh Mrs. Ganush, dan saat Christine yang kala itu diambang bawah sadar, menemukan Mrs. Ganush telah menghilang.

Setelah berkonsultasi kepada Rham Jas (Dileep Rao) seorang paranormal, Christine yang tahu bahwa kini ia dihantui oleh sebuah roh. Malamnya, Christine dihantui mimpi buruk tentang Mrs. Ganush. Esok harinya, Christine mendapat mimisan yang menyemprotkan darah berjumlah besar kepada Mr. Jacks, ia mendatangi rumah Mrs. Ganush untuk meminta maaf, namun hanya mendapat fakta bahwa Mrs. Ganush meninggal akibat kelelahan setelah perkelahian semalam. Christine yang diserang oleh sebuah setan, mendatangi Rham Jas yang menyatakan bahwa Christine tengah dihantui oleh Lamia. Setan yang hanya bisa dipanggil Kaum Gypsi ketika salah satu dari mereka menaruh dendam kepada seseorang, lewat mengutuki barang orang tersebut, selama 3 hari, Lamia akan menghantui orang tersebut hingga akhirnya, diseret ke neraka. Untuk menghilangkannya, 10,000 dolar harus dibayar Christine untuk bisa mengambil kutukan dari dirinya. Setelah stress di hari itu dan hancurnya imej Christine saat makan malam bersama keluarga Clay, esoknya Lamia menghantui Christine kembali dan Clay menyanggupi untuk membayar Rham Jas.

Malam itu juga, Christine bersama Rham Jas masuk ke rumah Shaun San Dena yang kendati kesehatannya rapuh, semangat untuk mengalahkan Lamia. Mereka berusaha untuk mengundang Lamia masuk ke tubuh San Dena, dan ketika itu, Christine harus meletakkan tangan San Dena ke kepala kambing, lalu Milos, asisten San Dena, membunuh kambing tersebut. Tapi, saat Milos berusaha memotong kepala kambing, tali pengikat kambing yang kerasukan itu terpotong dan menggigit Milos, merasuki dirinya. San Dena yang baru siuman, segera menghentikan Lamia yang berada dalam tubuh Milos dan mengeluarkannya walau nyawa San Dena hilang karena tekanan-tekanan itu. Rham Jas, kini mengungkapkan, bahwa kancing yang dimasukkan kedalam amplop, bisa diberikan kepada seseorang dengan cara formal untuk menggantikan pihak yang dikutuk. Ketika ingin memberikan kepada Stu, Christine kembali menemui Rham Jas, yang berkata bahwa objek yang dikutuk itu bisa diberikan kepada orang mati.

Jadilah Christine mendatangi kuburan Mrs. Ganush untuk memberikan amplop itu kepadanya. Setelah diberikan kepada Mrs. Ganush, keesokan harinya ia mendatangi stasiun kereta untuk mengadakan perjalanan bersama Clay. Disana, Clay mengatakan bahwa ia menemukan kancing jaket Christine yang dimasukkan kedalam amplop. Barulah Christine menyadari, ketika ia berada di mobil Clay sepulang dari rumah San Dena, amplop berisi kancingnya terjatuh dan tertukar dengan amplop Clay yang berisi koin. Christine yang shock atas kejadian itu, berjalan mundur dan terjatuh di rel kereta. Kereta lalu datang, namun sebelum menabraknya, tiba-tiba tangan-tangan muncul dibawah Christine dan membuat sebuah lubang api yang besar dan memaksa Christine masuk dalam retakan api. Saat Clay melihatnya dengan tatapan ngeri, air matanya terjatuh melihat kekasihnya baru saja diseret...ke neraka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]