Dr. Watson (Windows)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dr. Watson, adalah sebuah utilitas dalam sistem operasi Microsoft Windows yang mengintersepsi semua kesalahan (dan kegagalan) di dalam beberapa perangkat lunak dan memberikan informasi kepada pengguna, tentang perangkat lunak mana yang mengalami kegagalan dan apa sebabnya.

Dalam sistem operasi Windows terdahulu (sebelum Windows 98 dirilis), informasi mengenai kesalahan perangkat lunak sangatlah rumit untuk dipahami, dan Windows pun sering mengalami kerusakan akibat kesalahan perangkat lunak yang tidak dapat di-recovery. Saat Windows 98 dirilis, yang di dalamnya terdapat Dr. Watson, perangkat tersebut lebih mempermudah pengguna (khususnya para programmer dan software debugger) dalam melacak kerusakan perangkat lunak dan mencari bug di dalamnya. Sebuah perangkat lunak yang sering membuat "bangun" Dr. Watson, dapat dianggap sebagai perangkat lunak yang memiliki bug, dan kesalahan tersebut harus dikoreksi agar kestabilan sistem terjaga.

Nama Dr. Watson diambil dari nama tokoh sahabat dan asisten Sherlock Holmes dalam cerita karangan Arthur Conan Doyle, Dr. Watson.