Douglas Corrigan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Douglas Corrigan di halaman depan otobiografinya yang diterbitkan tahun 1938.

Douglas "Wrong Way" Corrigan (lahir 22 Januari 1907 – meninggal 9 Desember 1995 pada umur 88 tahun) adalah seorang pilot Amerika Serikat yang lahir di Galveston, Texas. Pada tahun 1938, setelah melakukan sebuah penerbangan antarbenua dari Long Beach, California ke New York, ia terbang dari Floyd Bennett Field di Brooklyn, New York dan mendarat di Irlandia, meskipun seharusnya ia dijadwalkan terbang kembali ke Long Beach. Ia mengklaim bahwa "kesalahan" pendaratan itu terjadi karena sebuah kesalahan navigasi yang disebabkan adanya awan yang menghalangi pandangannya dan gelapnya kondisi saat itu sehingga ia salah melihat arah kompasnya.

Antara tahun 1935 dan 1937, Corrigan mengajukan permohonan untuk melakukan penerbangan nonstop dari New York ke Irlandia, namun ditolak. Sehingga muncul dugaan bahwa "kesalahan navigasi" tersebut hanyalah karangan Corrigan sebagai bentuk protes kepada pemerintah.

Dalam sejarah, ia diingat sebagai seorang pemberani yang pernah melakukan penerbangan antarsamudera. Setelah kematiannya, Corrigan dimakamkan di Fairhaven Memorial Park di Santa Ana.

Referensi[sunting | sunting sumber]