Dora (film 2017)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dora
SutradaraDoss Ramasamy
ProduserA. Sarkunam
Hitesh Jhabak
PemeranNayanthara
Penata musikVivek–Mervin
SinematograferDinesh Krishnan
PenyuntingGopi Krishna
Perusahaan
produksi
DistributorAuraa Cinemas
Tanggal rilis
  • 31 Maret 2017 (2017-03-31)
Durasi137 menit
NegaraIndia
BahasaTamil

Dora adalah film horor aksi berbahasa Tamil India tahun 2017 yang disutradarai oleh Doss Ramasamy dan diproduksi oleh A. Sarkunam . Ini dibintangi Nayanthara bersama dengan Thambi Ramaiah, Harish Uthaman dan Sulile Kumar.[1] Produksi film dimulai pada Maret 2016 dan fotografi utama dimulai pada Juni 2016, dengan Dinesh Krishnan bekerja sebagai sinematografer.[2][3] Film ini dirilis pada 31 Maret 2017.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film dibuka dengan Pavalakkodi (Nayanthara) di rumah sakit, dan ayahnya Vairakannu (Thambi Ramaiah) menangis atas kemalangannya. Kemudian, adegan itu dipotong hingga saat ini.

Pavalakkodi dan Wisnu tinggal di sebuah rumah kecil. Wisnu adalah seorang ayah tunggal pekerja keras yang membesarkan Pavalakkodi, putri satu-satunya. Pavalakkodi merawat ayahnya di masa tuanya dan tidak ingin menikah. Mereka menjalani hidup bahagia. Di dekatnya di sebuah apartemen, tiga pencuri, terbukti sebagai pembangun dan penjual jalanan, mengganggu dan merampok semua perhiasan, sebelum memperkosa dan membunuh ibu rumah tangga. Untuk menyelidiki kasus ini, seorang petugas polisi (Harish Uthaman) tiba di lokasi tetapi tidak menemukan petunjuk tentang pria tersebut, selain selimut Rajasthani di dalam rumah. Setelah bertanya, pemilik rumah dan pelayan tidak mengatakan apa-apa, hanya memberikan sedikit petunjuk. Petugas polisi menggunakan selimut Rajasthani untuk mencoba melacak para penjahat.

Ceritanya beralih ke Wisnu, yang ingin pergi ke kuil Kuladevi di kota untuk mencoba mengatur pernikahan untuk Pavalakkodi. Mereka meminta saudara perempuan Wisnu untuk membawa mobil ke sana, tetapi bibinya menolak, dan suaminya mencoba untuk memukul Wisnu. Pavalakkodi dengan marah membela ayahnya, mencaci bibinya karena lupa bahwa pengorbanan dan cinta Wisnu-lah yang memberi mereka kehidupan yang kaya. Dia menantang bibi dan pamannya, berjanji untuk memulai bisnis taksinya sendiri dan mengungguli mereka dalam kesuksesan.

Wisnu dan Pavalakkodi mengumpulkan semua tabungan mereka dan pergi membeli mobil. Mereka tiba di sebuah toko mobil, di mana untuk sesaat, jantung Pavalakkodi mulai berdetak lebih cepat dan dia secara naluriah merasakan sesuatu yang meresahkan, tetapi memilih untuk mengabaikan perasaan itu. Setelah melihat banyak mobil dan model modern, Pavalakkodi secara misterius tertarik pada mobil vintage tertentu, tidak merasakan kehadiran supernatural di dalamnya. Pavalakkodi memutuskan untuk membeli mobil tersebut dan membawanya pulang.

Malam itu, Pavalakkodi terbangun karena mendengar suara-suara aneh dari dalam mobil, tetapi tidak menemukan sesuatu yang aneh. Insiden misterius mulai terjadi dengan mobil, banyak ketidaktahuan Pavalakkodi dan Wisnu (seperti hanya berfungsi ketika Pavalakkodi menyentuh mobil, secara misterius berhenti di kuburan, dan memindahkan bagian kendaraannya sendiri). Wisnu pulang ke rumah suatu hari, mengkhawatirkan kesehatan putrinya saat dia pergi. Pavalakkodi, dalam keadaan bersalah dan simpati yang singkat, akhirnya setuju untuk menikah dengan seseorang, selama pria itu akan tinggal di rumah mereka dan menjaga ayahnya. Lamaran pernikahan segera setelah itu ternyata berasal dari keluarga petugas polisi yang sama yang menyelidiki pembunuhan sebelumnya. Meski orang tua mempelai pria menyukai Pavalakkodi, polisi tersebut menolak untuk menikahinya, terlalu sibuk berinvestasi dalam kasus pembunuhannya. Pavalakkodi merasa tersinggung dan marah. Sementara itu, ketiga pembunuh tersebut menyerang korban lainnya, mencekiknya di jalan yang ditinggalkan untuk mencuri uang kopernya.

Nanti, Pavalakkodi mendapat pesanan trip Tirupati selama 20 hari. Kali ini, dia menyewa sopir untuk menggantikan ayahnya. Saat pengemudi membawa klien dalam perjalanan, dia mulai kehilangan kendali atas mobil, yang mulai mengemudi sendiri. Itu akhirnya mengikuti seorang pria dengan sepeda, yang ternyata adalah salah satu dari tiga penjahat di balik dua pembunuhan tersebut. Ini dengan tergesa-gesa mengejar pria sederhana itu, membuat ngeri pengemudi dan klien, yang akhirnya melarikan diri ketika mobil kehilangan pandangan penjahat dan akhirnya berhenti. Pengemudi yang dilanda teror memanggil Pavalakkodi untuk mengambil mobil, memperingatkannya tentang kemampuan paranormal mobil. Pavalakkodi yang bingung keluar di malam hari untuk mengendarai mobil kembali, hanya untuk menghadapi hal yang sama ketika mobil melihat penjahat bersepeda lagi. Ngeri, Pavalakkodi akhirnya diikat ke kursi di luar keinginannya, tanpa daya menyaksikan mobil mengejar penjahat, yang akhirnya memperhatikan dan mencoba melarikan diri. Tapi mobil itu menangkap pria itu di bawah terowongan yang terisolasi, dan saat ia menganiaya penjahat dengan kejam, bayangannya di dinding berbentuk seekor anjing raksasa. Pavalakkodi lolos dari TKP, hanya untuk mobil mengikutinya dan memarkir dirinya sendiri di halaman belakang rumahnya.

Pavalakkodi dan Wisnu pergi mengunjungi seorang pendeta wanita di kuil Kuladevi, yang memberi tahu mereka bahwa mobil itu dirasuki oleh roh seekor anjing, yang karena suatu alasan terhubung dengan Pavalakkodi dan tidak akan pergi sampai mobil itu mencapai tujuannya. Pendeta wanita memberi duo koin yang diberkati, menyuruh mereka menempelkannya ke mobil, dan dengan cara itu roh pasti akan pergi ketika menyelesaikan misinya. Kemudian, Pavalakkodi yang lelah memohon agar mobil tersebut memberitahukan tujuannya dan mengapa itu ada di sini. Mobil itu akhirnya mengantarnya ke sebuah vila, di mana dia bertemu dengan seorang pria tua, yang sepertinya mengenalinya dan mobilnya. Di sana, dia menceritakan kepadanya kisah tentang anjing, Dora.

Dora adalah seekor anjing tersesat, ditemukan sebagai anak anjing di jalanan oleh cucu yatim piatu pria tua Aarthi, yang sangat mencintai Dora. Keduanya tumbuh bersama sebagai sahabat dan sebagai keluarga. Suatu hari, Dora, Aarthi, dan kakeknya, sedang mengendarai mobil vintage mereka. Saat itu, mereka dihentikan oleh tiga pria yang sama yang bertanggung jawab atas pembunuhan di awal film. Setelah merampok emas dan permata mereka, mereka menyerang kakek dan menyeretnya dan Dora keluar dari mobil, sementara salah satu pria menangkap Aarthi dan mulai menyerangnya secara seksual. Dua lainnya membajak mobil dan pergi bersama Aarthi muda, memperkosanya secara brutal. Dora berhasil mengejar mobil itu, tetapi orang-orang itu melarikan diri, meninggalkan Aarthi dalam keterkejutan dan cedera. Aarthi dibawa ke rumah sakit, tetapi serangan terhadapnya sangat parah dan traumatis sehingga membuat otaknya mati, tanpa harapan untuk sembuh. Kakek yang berduka setuju untuk mendonasikan jantung Aarthi kepada pasien lain yang membutuhkan transplantasi jantung segera. Pasien tersebut ternyata adalah Pavalakkodi, yang telah mencegat ketiga penjahat saat mereka melarikan diri dan mencurigai para pria tersebut, meraih salah satu dari mereka, hanya untuk dipalu di dada dan dibawa ke rumah sakit yang sama. Pavalakkodi dan Wisnu tidak mengetahui siapa donor anonim itu, dan kakek memutuskan untuk tidak melaporkan serangan tersebut. Dora menghabiskan sisa hari-harinya di dalam mobil, akhirnya sekarat dan menyebabkan semangatnya memasuki mobil antik. Kakek menjual mobil itu, ingin membuang kenangan itu. Semangat Dora percaya bahwa karena Pavalakkodi memiliki hati Aarthi, gadis itu sekarang hidup sebagai Pavalakkodi. Roh sekarang hanya memiliki satu tujuan; untuk membalas dendam dan membunuh penjahat yang bertanggung jawab atas kematian Aarthi tepat di depan Pavalakkodi.

Pavalakkodi, yang marah dengan apa yang terjadi pada Aarthi, setuju untuk membantu Dora membalas dendam. Dia ingat jantungnya berdetak kencang pada satu titik ketika dia akan membeli mobil, dan menyimpulkan bahwa itu berarti salah satu penjahat telah dekat saat itu. Dengan menggunakan informasi ini, dia dan Dora melacak pria lain, mengatur rencana balas dendam. Sementara itu, tubuh penjahat pertama ditemukan oleh petugas polisi yang sama yang ditugaskan untuk kasus pembunuhan, yang mengenali pria tersebut dan berhasil melacak mobil, akhirnya mencurigai Pavalakkodi sebagai pelakunya. Tetapi Pavalakkodi berhasil menghindari petunjuk dan tuduhan petugas, membunuh penjahat kedua dari tiga penjahat tanpa tertangkap. Orang terakhir, Mukesh Yadav ( Sulile Kumar ), mengetahui bahwa Pavalakkodi adalah orang di balik pembunuhan teman-temannya, dan menculik Wisnu untuk digunakan sebagai umpan. Dia memikat Pavalakkodi ke lokasi konstruksi kosong, memaksanya untuk mematikan mobil dan membuang kuncinya (artinya Dora tidak dapat melakukan apa pun karena mesinnya perlu dihidupkan) dan kemudian menyerangnya. Dia mengolok-olok kerentanannya dan klaimnya bahwa mobil itu berhantu, mengejek Pavalakkodi dengan memecahkan jendela dan merusak mobil. Pavalakkodi mencoba untuk menghubungkan mobil dengan menggunakan koin yang diberkati yang dia masukkan ke dalam mobil sebelumnya, tetapi dihentikan oleh Mukesh Yadav, yang terus menyerangnya. Koin tersebut meninggalkan tangan Pavalakkodi dan secara ajaib memasuki mesin mobil melalui intervensi ilahi, menyalakan mobil dan memungkinkan Dora untuk menyerang Yadav sebelum dia dapat menyerang Pavalakkodi secara seksual. Yadav dibunuh dengan kejam oleh Dora, dengan Pavalakkodi mengawasi, akhirnya mendapatkan keadilan untuk Aarthi dan korban lainnya dan melukai korban.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Nayanthara sebagai Pavalakkodi
  • Thambi Ramaiah sebagai Vairakannu (ayah Pavalakkodi)
  • Harish Uthaman sebagai Petugas Polisi
  • Sulile Kumar sebagai Mukesh Yadav
  • Shan sebagai Pawan Sharma
  • Baby Yuktha sebagai Aarthi Durga

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada Desember 2015, A. Sarkunam mengumumkan akan memproduksi film horor yang dibintangi oleh Nayanthara, yang akan disutradarai oleh mantan asistennya Dass Ramasamy.[4] Film ini mulai diproduksi pada Maret 2016, dengan adegan yang melibatkan pengambilan gambar Nayanthara dan Harish Uthaman di seluruh Chennai.[5] Setelah itu, Thambi Ramaiah dikontrak sebagai ayah Nayanthara dalam film tersebut.[6]

Film ini mulai diproduksi tanpa judul dan dikembangkan sebentar dengan judul Tik Tik Tik, sebelum diberi judul Dora pada Juli 2016.[7] Dewan Pusat Sertifikasi Film India (CBFC) memberi film tersebut sertifikat A, sebuah pembatasan peringkat khusus dewasa, berdasarkan konten horor dan kekerasan film tersebut. Pembuat film memotong film tersebut dan berusaha agar film tersebut disertifikasi ulang, tetapi dewan sensor tidak mengubah peringkatnya.[8]

Pada pertengahan Maret 2017, Sridhar, seorang penulis skenario televisi, menuduh Doss Ramasamy menjiplak naskahnya Alibabavum Arputha Carum, dan mengancam akan mengambil tindakan hukum terhadap pembuat film tersebut. Doss kemudian mengajukan pengaduan ke Asosiasi Penulis Film India Selatan. Setelah membaca kedua naskah tersebut, asosiasi menyatakan bahwa Dora adalah naskah asli dan bukan jiplakan.[9]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Hak satelit dari film tersebut dijual kepada Zee Tamizh.[10]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Dora
Album lagu tema karya Vivek–Mervin
Dirilis8 Februari 2017 (2017-02-08)
GenreFilm soundtrack
LabelSony Music
ProduserVivek–Mervin
Kronologi Vivek–Mervin
Pugazh
(2016)
Dora
(2017)
Gulaebaghavali
(2018)

Musik film ini disusun oleh duo Vivek – Mervin, dalam usaha film ketiga mereka setelah Vadacurry (2014) dan Pugazh (2016). Soundtrack tersebut dirilis pada 8 Februari 2017 melalui Sony Music. Belakangan, soundtrack untuk versi dubbing Telugu juga dirilis pada Maret 2017 lalu.

Track listing (Original)
No.JudulLirikSinger(s)Durasi
1."Enga Pora Dora"Mohan RajanMervin Solomon4:29
2."Vaazhavudu[11]"Vignesh ShivanMervin Solomon4:39
3."Ra Ra Ra"Ku. KarthikAnirudh3:36
4."Break Loose Theme" Instrumental 
5."Run Baby Run Theme"Mc Akram, Mc RudeMc Akram, Mc Rude 
6."The Evil Within Theme" Instrumental 
7."Search For The Truth Theme" Instrumental 
8."This Is It Theme" Instrumental 
Track listing (Telugu dubbed)
No.JudulSinger(s)Durasi
1."Gundello Nindave"Saicharan4:29
2."Batuku Lankanala Bandira"Anurag Kulkarni4:39
3."Ra Ra Ra"Sweekar Agasthi3:36
4."Break Loose Theme"Instrumental 
5."Run Baby Run Theme"Sweekar Agasthi 
6."The Evil Within Theme"Instrumental 
7."Search For The Truth Theme"Instrumental 
8."This Is It Theme"Instrumental 

Penerimaan kritis[sunting | sunting sumber]

Indiaglitz menyebutnya "film thriller balas dendam semangat yang layak" yang "melakukannya dengan benar di beberapa bagian" dan memberinya peringkat 2.5/5.[12] Thinkal Menon dari The Times of India memberikan 2.5/5 yang mengatakan bahwa "dikecewakan oleh skenario yang dapat diprediksi dan adegan lemah yang memiliki cukup celah".[13] Anupama Subramanian dari Deccan Chronicle memberikan 2.5/5 dan mengatakan bahwa "Kehadiran layar Nayanthara yang luar biasa mengatur film", "hanya ada sedikit momen menyeramkan".[14] Behindwoods mengklaim bahwa "Nayanthara dan mobilnya berhasil menyelamatkan saga balas dendam horor yang klise, sampai batas tertentu!" dan memberi peringkat 2,25/5.[15] Srivastan dari India Today memberikannya 2/5 dan mengatakan bahwa "tidak ada momen yang berkesan untuk direnungkan setelah menonton yang membosankan".[16] Karthik Kumar dari Hindustan Times mengatakan bahwa "film Nayanthara ini tenggelam dalam keadaan biasa-biasa saja" dan memberi peringkat 1/5.[17]

Sebaliknya, kritikus Baradwaj Rangan dari Film Companion memberi peringkat 3,5/5, menyebutnya "sebuah film horor yang ditulis dengan sangat baik (dan secara emosional solid) yang pahlawannya benar-benar hebat".[18]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""Nayanthara's next is 'Dora' "". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-07-10. Diakses tanggal 2021-01-18. 
  2. ^ "Nayanthara is Dora now"
  3. ^ "‘Dora’ first look: Nayanthara’s new horror film"
  4. ^ "Nayanthara to Act in Director Sargunam's Next Production". Diakses tanggal 25 December 2016. 
  5. ^ "Harish Uthaman talks about his film with Nayanthara". 7 March 2016. Diakses tanggal 25 December 2016. 
  6. ^ http://www.indiaglitz.com/thambi-ramaiah-plays-nayanthara-dad-in-new-horror-movie-tamil-news-149268.html
  7. ^ "Nayanthara's next film has been titled Tik Tik". 20 April 2016. Diakses tanggal 25 December 2016. 
  8. ^ "Nayanthara's Dora gets an 'A'". Deccan Chronicle (dalam bahasa Inggris). 2017-03-23. Diakses tanggal 2017-03-29. 
  9. ^ "Nayanthara's Dora cleared of plagiarism charges, to release on March 31". The Indian Express. 16 March 2017. Diakses tanggal 30 March 2017. 
  10. ^ http://cinema.dinamalar.com/tamil-tv-serials/62493/Chinna-thirai-Television-News/Dora-movie-in-Zee-Tamil.htm
  11. ^ "Dora - Vaazhavudu Tamil Lyric Video Song". 
  12. ^ http://www.indiaglitz.com/dora-tamil-movie-review-21030.html
  13. ^ http://www.timesofindia.com/entertainment/tamil/movie-reviews/dora/movie-review/57940852.cms
  14. ^ http://www.deccanchronicle.com/entertainment/movie-reviews/010417/dora-movie-review-nayantharas-terrific-screen-presence-rules-the-film.html
  15. ^ http://www.behindwoods.com/tamil-movies/dora/dora-review.html
  16. ^ http://www.indiatoday.in/story/dora-movie-review-nayanthara-thambi-ramaiah/1/917992.html
  17. ^ http://www.hindustantimes.com/movie-reviews/dora-movie-review-this-nayanthara-film-drowns-in-its-own-mediocrity/story-gKcgNQH4Hd5qnGZUPnMVOP.html
  18. ^ http://www.filmcompanion.in/article/dora-movie-review

Pranala luar[sunting | sunting sumber]