Divergent

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Divergent
Divergent (book) by Veronica Roth US Hardcover 2011.jpg
Sampul novel
Pengarang Veronica Roth
Bahasa Inggris
Seri Trilogi The Divergent
Genre Fiksi ilmiah
Distopia
Penerbit Katherine Tegen Books
HarperCollins
Tanggal rilis 25 April 2011
Jenis media Cetak (sampul keras)
Buku elektronik
Halaman 487
ISBN 0-06-202402-7
Diikuti Insurgent (2012)
Edisi Indonesia
Judul Divergent
Penerjemah Anggun Prameswari
Penerbit Mizan Fantasi
Tanggal terbit Juli 2012
Halaman 543
ISBN 979-433-697-1

Divergent adalah novel fiksi ilmiah karya penulis Amerika Serikat Veronica Roth. Berlatar tempat di Chicago masa depan, novel ini merupakan seri pertama dalam trilogi Divergent. Divergent kerap dibanding-bandingkan dengan novel remaja sejenis seperti The Hunger Games dan The Maze Runner karena kesamaan tema dan target pembacanya. Roth berkata bahwa ide cerita Divergent muncul saat ia masih berkuliah. Plot utama novel ini adalah mengenai pembagian masyarakat ke dalam berbagai jenis faksi menurut kepribadian, mirip dengan novel Clans of the Alphane Moon (1964) karya Philip K. Dick.

Summit Entertainment membeli hak pengadaptasian novel menjadi film dan mulai memproduksi film adaptasinya pada tahun 2013, yang juga berjudul Divergent.[1] Novel kedua dalam trilogi ini adalah Insurgent, yang diterbitkan pada 1 Mei 2012, dan novel ketika sekaligus terakhir, Allegiant, pada 22 Oktober 2013.

Plot[sunting | sunting sumber]

Kisah novel ini berlangsung di kota Chicago masa depan usai perang nuklir yang menghancurkan dunia. Penduduk kota dibagi menjadi 5 faksi: Abnegation untuk orang-orang yang tidak mementingkan diri sendiri dan tanpa pamrih; Amity untuk orang-orang yang cinta perdamaian; Candor untuk orang-orang jujur; Dauntless untuk orang-orang pemberani; dan Erudite untuk orang-orang cerdas. Setiap tahunnya, semua penduduk yang berusia enam belas tahun harus mengikuti tes bakat yang akan menentukan faksi yang paling cocok bagi mereka. Setelah menerima hasil tes, mereka harus memutuskan apakah akan tetap tinggal bersama keluarga atau bergabung dengan faksi baru.

Seorang gadis enam belas tahun bernama Beatrice Prior terlahir dari keluarga Abnegation yang sederhana dan tanpa pamrih. Namun, ia memilih meninggalkan faksi ini untuk bergabung dengan para pemberani di Faksi Dauntless. Meninggalkan orang tuanya, membuang namanya untuk hidup bersama faksi yang baru, Beatrice menjadi Tris, berharap menemukan jati dirinya bersama para Dauntless. Namun, Tris harus lulus tes inisiasi terlebih dulu agar bisa diterima. Tak ada jalan kembali. Tak lulus inisiasi berarti Tris akan bergabung dengan orang-orang yang terbuang dan hidup menggelandang. Para calon Dauntless diharuskan bertarung untuk benar-benar menjadi anggota dari Faksi Dauntless, mulai dari bertarung fisik sampai mental, dan pada akhirnya, hanya sepuluh orang saja yang akan diterima sebagai anggota.

Tema[sunting | sunting sumber]

Divergent dikritik karena kemiripan temanya dengan novel sejenis lainnya. Nolan dari American Prospect menyatakan bahwa Divergent mengikuti pola yang sama dengan The Hunger Games dan Blood Red Road.[2] Seperti novel distopia sejenis lainnya, Divergent berfokus pada tema-tema seperti fiksi ilmiah, petualangan, dan aksi, dengan sasaran pembaca kelompok usia remaja lanjut.[3]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Terlepas dari kemiripan temanya dengan novel sejenis, Divergent dipuji secara luas. James Dashner, penulis novel The Maze Runner, menyatakan bahwa Divergent adalah buku yang memikat dan mengagumkan". Melissa Marr, penulis Wicked Lovely, berpendapat Divergent adalah "bacaan yang menarik dan mendebarkan". Sedangkan Kirkus Reviews memuji alur cerita yang kencang dan membuat kecanduan, dengan adegan kekerasan yang menyentak dan kisah cinta yang membuai.[4][5][6] Dalam ulasan di Entertainment Weekly, Breia Brissey menyatakan Divergent "lebih lemah dan kurang bernuansa" jika dibandingkan dengan The Hunger Games, dan memberi novel ini nilai B+.[7]

Buku ini menempati posisi 6 dalam daftar buku berseri terlaris The New York Times pada tanggal 22 Mei 2011,[8] dan tetap menempati posisi tersebut selama 11 minggu.[9] Divergent juga bertengger selama 39 minggu di posisi puncak daftar buku anak-anak terlaris tahun 2012.[10][11]

Divergent juga telah meraih sejumlah penghargaan, termasuk Buku Favorit Tahun 2012 dari Goodreads, Best Book of The Year DI Barnes & Noble, Publisher Weekly, Amazon.com, dan NPR.[12][13][14]

Adaptasi film[sunting | sunting sumber]

Summit Entertainment membeli hak pengadaptasian novel menjadi film dan menunjuk Neil Burger sebagai sutradara. Film ini diperankan oleh Shailene Woodley sebagai Beatrice "Tris" Prior. Sedangkan karakter Tobias "Four" Eaton diperankan oleh Theo James; aktor lainnya yang sebelumnya juga dipertimbangkan untuk memerankan Tobias adalah Alex Pettyfer, Alexander Ludwig, Lucas Till, Jeremy Irvine, Luke Bracey, Brenton Thwaites, dan Jack Reynor.[15] Pemeran lainnya yang juga terlibat dalam film ini adalah Kate Winslet sebagai Jeanine Matthews, Maggie Q sebagai Tori, Zoe Kravitz sebagai Christina, Ansel Elgort sebagai Caleb, Miles Teller sebagai Peter, Ashley Judd sebagai Natalie Prior, Tony Goldwyn sebagai Andrew Prior, dan Jai Courtney sebagai Eric.[16] Skenario film ditulis oleh Evan Daugherty dan dijadwalkan akan dirilis pada tanggal 21 Maret 2014.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "News". Divergent Lexicon. 31 May 2012. Diakses 7 June 2012. 
  2. ^ Nolan, Abby (March 2012). "The American Prospect". The American Prospect. Diakses 16 May 2013. 
  3. ^ Burrit, Devin (August 2011). "Roth, Veronica. Divergent". Voice of Youth Advocates. Diakses 16 May 2013. 
  4. ^ Dominus, Susan. "In This Dystopia, Teens Must Choose Wisely". New York Times. Diakses 28 December 2012. 
  5. ^ Brissey, Breia. "Divergent". Entertainment Weekly. Diakses 28 December 2012. 
  6. ^ "Divergent". Kirkus Reviews. Diakses 28 December 2012. 
  7. ^ Angulo Chen, Sandie. "Divergent". Common Sense Media. Diakses 28 December 2012. 
  8. ^ Best Sellers - The New York Times
  9. ^ Best Sellers - The New York Times
  10. ^ Best Sellers - The New York Times
  11. ^ Best Sellers - The New York Times
  12. ^ ""Divergent," 1Q84" and "The Geeks Shell Inherit the Earth" Among Winners of 2011". Goodreads.com. Diakses 16 May 2013. 
  13. ^ "Goodreads Choice Awards Announced; Divergent Voted Favorite Book of 2011". Diakses 3 September 2013. 
  14. ^ "Divergent leads list of teens' Top Ten". American Library Association Magazine. Diakses 14 May 2013. 
  15. ^ Siegel, Tatiana; Kit, Borys (March 15, 2013). "'Downton Abbey's' Theo James Nabs Male Lead in Summit's 'Divergent'". The Hollywood Reporter. Diakses June 28, 2013. 
  16. ^ Kit, Borys; Siegel, Tatiana (March 11, 2013). "Maggie Q, Zoe Kravitz and Ansel Elgort Join 'Divergent' (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diakses March 11, 2013. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]