Distrik Yongsan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Distrik Yongsan
용산구
Distrik
용산구 · 龍山區
Yongsan
Yongsan
Lokasi Yongsan-gu di Seoul
Lokasi Yongsan-gu di Seoul
Negara Korea Selatan
Region Sudogwon
Kota Istimewa Seoul
Dong 19
Area
 • Total 21,87 km2 (844 mil²)
Populasi (2010[1])
 • Total 227.400
 • Kepadatan Bad rounding here0.10/km2 (Bad rounding here0.27/sq mi)
Zona waktu Waktu Standar Korea (UTC+9)
Situs web Yongsan-gu official website

Distrik Yongsan (Yongsan-gu) adalah satu dari 25 distrik (gu) di Seoul, Korea Selatan. Namanya berarti "Bukit Naga", berasal dari karakter hanja untuk naga (龍 yong) dan bukit/gunung (山 san). Kota ini terletak di utara dari Sungai Han di bawah bayangan Menara Seoul. Secara geografis, distrik ini terletak tepat di pusat kota Seoul. Distrik ini adalah rumah bagi sekitar 250.000 orang, dan dibagi menjadi 20 dong, atau lingkungan. Lokasi Terkemuka di Distrik Yongsan meliputi Stasiun Yongsan, Pasar Elektronik Yongsan yang luas, kawasan komersial Haebangchon dan Itaewon. Itaewon secara luas dikenal sebagai salah satu daerah yang paling beragam etnis di Korea. Banyak orang asing tertarik pada pusat perbelanjaan dan kehidupan malam.

Distrik Yongsan juga merupakan situs dari Garnisun Yongsan,pangkalan militer besar Amerika Serikat di jantung kota Seoul. Karena kelangkaan tanah di pusat kota Seoul, serta konsolidasi Pasukan AS di seluruh Semenanjung Korea, pemerintah AS dan Korea Selatan telah sepakat untuk merelokasi fasilitas keluar dari Seoul ke Pyeongtaek pada 2017. Setelah relokasi, 243 ha tanah yang direncanakan untuk dikembangkan menjadi sebuah taman besar.

Universitas Wanita Sookmyung terletak di bagian barat distrik ini. Di dekatnya, bar legendaris "Doors" telah menjadi pusat kehidupan sosial Sookmyung selama bertahun-tahun. Ada juga komunitas Muslim dan lainnya dari Timur Tengah tumbuh yang disebabkan oleh adanya masjid satu-satunya di Seoul, Masjid Pusat Seoul di Itaewon. Tren imigrasi telah menyebabkan sejumlah restoran dan toko-toko halal dibuka di daerah ini.

N Seoul Tower telah dibuka kembali. Menara ini terletak di bagian atas Namsan. Menara ini dibangun sebagai pemancar televisi.

Yongsan dilayani oleh Seoul Subway Jalur 1, Jalur 4, Jalur 6, dan Jalur Jungang.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Perusahaan KOSPI 200 yang berbasis di Yongsan meliputi Amore Pacific, Orion Confectionery, Cheil Worldwide dan Hyundai Development Company. Yongsan International Business District, sebuah proyek yang didorong oleh Pemerintah Metropolitan Seoul untuk meningkatkan daya saing internasional, merupakan salah satu kompleks komposit terbesar di dunia dengan total luas lantai adalah 5,6 kali dari Roppongi Hills di Jepang dan lebih dari dua kali lipat dari Canary Wharf di Inggris. [2] Hal ini diharapkan akan dibuka pada tahun 2016.

Pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Tempat menarik[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]