Dinamika (mekanika)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dinamika adalah cabang dari ilmu fisika yang mempelajari gaya dan torsi dan efeknya pada gerak. Pembahasan utama dalam dinamika ialah mekanika klasik yang berkaitan dengan hukum gerak Newton terutama pada sistem partikel. Konsep-konsep dasar dalam dinamika disusun oleh Isaac Newton. Konsep dinamika berperan dalam menyelesaikan persoalan fisika yang berkaitan dengan gaya.[1] Dinamika merupakan kebalikan dari kinematika, yang mempelajari gerak suatu objek tanpa memperhatikan apa penyebabnya. Secara umum, para peneliti yang menekuni dinamika akan mendalami bagaimana sistem fisika mengalami perubahan dan penyebab mereka berubah. Isaac Newton menciptakan hukum-hukum fisika yang menjadi panduan dalam fisika dinamika. Secara umum, dinamika sangat berkaitan erat dengan Hukum kedua newton tentang gerak. Namun, ketiga hukumnya tetap saling berkaitan satu sama lain.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Putra, V. G. V. (2017). Pengantar Fisika Dasar (PDF). Sleman: CV. Mulia Jaya Publisher. hlm. 10. ISBN 978-602-72713-6-4. 
  2. ^ Goc, Roman (2004-2005 copyright date). "Dynamics". Diarsipkan dari versi asli (Physics tutorial) tanggal 2010-04-13. Diakses tanggal 2010-02-18. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]