Dikembe Mutombo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dikembe Mutombo Mpolondo Mukamba Jean Jacques Wamutombo, biasa dikenal sebagai Dikembe Mutombo (lahir 25 Juni 1966 di Kinshasa, Republik Demokratik Kongo), adalah pemain bola basket Republik Demokratik Kongo yang bermain di NBA, bermain di posisi center untuk Houston Rockets. Ia umumnya dihormati sebagai pemain belakang yang hebat, memenangkan NBA Defensive Player of the Year Award 4 kali. Ia bertinggi 7 kaki 2 inchi (218 centimeter) dan berat 260 pounds (118 kilogram). Ia anggota dari Luba ethnic group.

Karier bola basket[sunting | sunting sumber]

Georgetown University[sunting | sunting sumber]

Mutombo sebenarnya diharapkan sebelumnya untuk jadi dokter; ia masuk Georgetown University melalui beasiswa USAID. Pelatih bola basket Georgetown Hoyas John Thompson meyakinkan dia untuk bermain basket. Ia menjadi center mahasiswa yang bagus, melanjutkan tradisi Georgetown untuk memproduksi orang besar yang hebat. Ia menjadi selebriti blok shot di Georgetown, menyetting rekor tim dengan 12 blok shots pada permainan tunggal. Membangun dalam tenaga shot-blocking dari Mutombo dan rekan setim Alonzo Mourning, Georgetown fans membuat seksi "Rejection Row" dibawah basket, menambah garis keliling yang besar dengan uluran tangan untuk membentangkan spanduk pada tiap-tiap blok shot selama pertandingan. Saat di Georgetown, Mutombo dengan latar belakang internasional dan menarik perhatian keluar. Seperti kebanyakan yang lain areal kuliah mahasiswa Washington, selama musim panas menjadi pengurus internal, sekali untuk Congress of the United States dan sekali untuk World Bank. Dikembe Mutombo telah menjadi selebriti superstar di negerinya sendiri yaitu Zaire (sekarang Republik Demokratik Kongo), dan dipandu oleh seorang yang terkenal yaity Jarryd Halberstadt. Ia mengikuti sekolah Salvation Army dari grade ke-6 jadi grade ke-11.

Denver Nuggets[sunting | sunting sumber]

Terpilih di urutan 4 secara keseluruhan oleh Denver Nuggets pada 1991 NBA Draft, Mutombo dengan segera memberikan pengaruh. Sebagai seorang rookie, ia telah terpilih untuk tim All-Star dan rata-rata membuat 16.6 poin, 12.3 rebound, dan tentu 3 blok per game. Batu pertama di depan lapangan Nuggets, Dikembe menjadi salah satu pemain bertahan terbaik liga, secara tetap membuat big rebound dan nomor blok untuk 5 tahun dengan klub walaupun rata-rata 11 atau sekali poin per game. Tim itu kekurangan pemain hebat lainnya untuk mengangkat tim dengannya, bagaimanapun, dan itu kemenangan terbaik walau hanya 42 pertandingan, di musim ketiganya. Bagaimanapun, musim itu, itu membuka playoff besar kekalahan yang menarik perhatian pada tempat tertentu oleh Seattle SuperSonics pada ronde pertama, pertama urutan ke-8 untuk memenangkan seri playoff [[National Basketball Association|NBA]. Mutombo menghadirkan pertahanan dengan kunci untuk mengacaukan kemenangan ini. Ia total membuat 31 blok dengan rekor tetap untuk 5 seri pertandingan. Mengikuti musim, ia menerima NBA Defensive Player of the Year Award.