Diamonds

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Diamonds"
Singel oleh Princess Princess
Sisi-B "M"
"Sekai de Ichiban Atsui Natsu ('92 mix) (khusus edisi cetak ulang)
Dirilis 21 April 1989
21 Oktober 1993 (edisi cetak ulang)
Genre J-pop
Panjang 9.34
13.46 (edisi cetak ulang 1993)
Label CBS Sony
Sony Records (cetak ulang)
Pencipta Kanako Nakayama, Kaori Okui
Produser Princess Princess
Kronologi singel Princess Princess
Get Crazy!
(1988)
Diamonds"
(1989)
Sekai de Ichiban Atsui Natsu"
(1989)

"Diamonds" (ダイアモンド?) adalah singel ke-7 dari Princess Princess. Singel ini dirilis 21 April 1989 oleh CBS Sony.

Sejarah rilis[sunting | sunting sumber]

Singel ini dirilis tepat enam bulan setelah "Get Crazy!" yang dijadikan lagu tema drama televisi dan membuat Princess Princess mulai dikenal publik Jepang. Berbeda dari singel sebelumnya yang gagal masuk Top 10 Oricon (urutan ke-13), singel "Diamonds" sukses sebagai singel nomor satu dan menjadi hit besar. Edisi cetak ulang berisi versi rekaman ulang "Sekai de Ichiban Atsui Natsu" dirilis 21 Oktober 1993.

Lagu "Diamonds" dipakai sebagai lagu iklan pita kaset audio Sony, sehingga langsung tampak sebagai lagu hit besar, padahal hanya sampai di urutan kedua Oricon. Setelah berulang kali langkahnya terhalang oleh singel dari artis-artis lain, "Diamonds" akhirnya berhasil menduduki urutan nomor satu pada minggu ke-7 dan bertahan sebagai lagu hit di Jepang.

Singel berikutnya yang dirilis 1 Juli 1989 (singel ke-8), "Sekai de Ichiban Atsui Natsu" adalah rilis ulang dari singel kedua. Berbeda dari "Diamonds", singel ke-8 Princess Princess langsung masuk di urutan nomor satu di Oricon berkat adanya tie-in dengan pihak lain.

Pada minggu kedua bulan Juni 1989, kira-kira tiga bulan setelah dirilis, "Diamonds" berada di urutan ketiga tangga singel mingguan Oricon sementara "Sekai de Ichiban Atsui Natsu" di urutan nomor satu. Pada akhirnya "Diamonds" terjual lebih dari satu juta kopi (million seller).

Princess Princess mendominasi urutan pertama dan kedua tangga singel tahunan Oricon 1989, masing-masing ditempati "Diamonds" dan "Sekai de Ichiban Atsui Natsu". Pada tahun itu, Wink dan Shizuka Kudō juga masing-masing menempatkan tiga singel di urutan Top 10 tangga tahunan Oricon. Pada tahun sebelumnya (tahun 1988), Hikaru Genji mendominasi tangga singel tahunan Oricon di urutan nomor 1, 2, dan 3, mengulangi prestasi yang pernah dicapai Pink Lady 10 tahun sebelumnya (1978).[1]

Daftar lagu (singel orisinal)[sunting | sunting sumber]

  1. "Diamonds" (Diamonds (ダイアモンド)?)
    Lagu iklan pita kaset audio Sony. Dua belas tahun sesudah dirilis, lagu ini kembali dipakai sebagai lagu iklan mobil Suzuki Kei Sports pada tahun 2001. Singel sisi A ganda "Sekai de Ichiban Atsui Natsu/Diamonds" dirilis ulang pada 8 Agusyus 2001.
  1. "M"
    Lagu ini diambil dari album "Let's Get Crazy" yang dirilis tahun sebelumnya (1988). Meskipun dikenal sebagai lagu hit yang mewakili Princess Princess, lagu ini tidak memiliki tie-in dengan pihak lain, dan tetap sebagai lagu sisi B. Lirik lagu ini menceritakan kesedihan Tomita setelah putus dari pacarnya, seorang musisi berinisial "M", musiknya diciptakan oleh Okui.

Daftar lagu (edisi tahun 1993)[sunting | sunting sumber]

  1. "Diamonds" (Diamonds (ダイアモンド)?)
  2. "M"
  3. "Sekai de Ichiban Atsui Natsu ('92 mix)" (世界でいちばん熱い夏 ('92 mix)?)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]