Diablo (seri)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Diablo series
AliranPermainan peran aksi
Pengembang
Penerbit
  • Blizzard Entertainment
  • Sierra Entertainment
PembuatDavid Brevik[1]
PelantarMicrosoft Windows, Classic Mac OS, macOS, PlayStation, PlayStation 3, PlayStation 4, Xbox 360, Xbox One, Nintendo Switch, PlayStation 5, Xbox Series X/S
Terbitan pertamaDiablo
Januari 3, 1997
Terbitan terakhirDiablo II: Resurrected
September 23, 2021

Diablo adalah seri video game permainan peran aksi yang dikembangkan oleh Blizzard North dan dilanjutkan oleh Blizzard Entertainment setelah studio blizzard north ditutup pada tahun 2005. Seri ini terdiri dari tiga game inti: Diablo, Diablo II, dan Diablo III. Ekspansi termasuk spin off yang diterbitkan Hellfire, yang mengikuti game pertama, Lord of Destruction, diterbitkan oleh Blizzard dan dirilis setelah game kedua, dan Reaper of Souls, yang mengikuti game ketiga. Konten tambahan disediakan melalui elemen cerita yang dieksplorasi dalam bentuk media lain. Diablo IV diumumkan di BlizzCon 2019.

Reaper of Souls, yang mengikuti game ketiga. Konten tambahan disediakan melalui elemen cerita yang dieksplorasi dalam bentuk media lain. Diablo IV diumumkan di BlizzCon 2019.

Serial ini berlatar di dunia dark fantasy Sanctuary, dan karakter utamanya adalah manusia, malaikat, dan berbagai kelas iblis dan monster. Tiga pertandingan pertama dalam seri berlangsung di wilayah geografis yang sama, dengan beberapa wilayah umum termasuk kota Tristram dan wilayah sekitar Gunung Arreat. Pengaturan penting lainnya termasuk High Heavens dan Burning Hells, dua alam terpisah yang terkait dengan Sanctuary. Seri ini terutama berfokus pada konflik yang sedang berlangsung antara manusia yang tinggal di Sanctuary dan gerombolan iblis yang dipimpin oleh Diablo, antagonis utama seri tersebut. Manusia kadang-kadang dibantu oleh malaikat, terutama Malaikat Tertinggi Tyrael. Popularitas dan kesuksesan seri video game telah menghasilkan penerbitan beberapa buku yang relevan dengan latar Diablo, yang mencakup berbagai garis waktu alam semesta.[2] Ada juga komik yang mengeksplorasi berbagai cerita dalam dunia Sanctuary. serial ini telah terjual lebih dari 24,8 juta kopi di seluruh dunia.[3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Grossman, Austin (2013). Postmortems from Game Developer: Insights from the Developers of Unreal Tournament, Black & White, Age of Empire, and Other Top-Selling Games (dalam bahasa Inggris). CRC Press. hlm. 80. ISBN 9781136064623. 
  2. ^ "baca novel Diablo secara kronologis". Amazon.com. Diakses tanggal November 4, 2013. 
  3. ^ gb/perusahaan/pers%20/siaran pers.html?id=9984073 "Diablo III Unveiled" Periksa nilai |url= (bantuan) (Siaran pers). Blizzard Entertainment. 28 Juni 2008. Diakses tanggal 25 April 2018. 
  4. ^ "Blizzard Entertainment". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-04-26. Diakses tanggal 2022-02-08.