Despicable Me 4

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Despicable Me 4
Logo resmi
SutradaraChris Renaud
Produser
Ditulis oleh
Pemeran
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 03 Juli 2024 (2024-07-03)
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris Amerika

Despicable Me 4 adalah film komedi animasi Amerika yang akan datang diproduksi oleh Illumination dan didistribusikan oleh Universal Pictures. Film ini akan bertindak sebagai sekuel bagi film Despicable Me 3 (2017), film utama keempat, dan film keenam secara keseluruhan di waralaba Despicable Me. Film ini disutradarai oleh Chris Renaud, juga disutradarai oleh Patrick Delage (pada debut sutradaranya), diproduksi oleh Chris Meledandri dan Brett Hoffman, dan ditulis cerita oleh Mike White dan Ken Daurio. Dibintangi oleh pengisi suara Steve Carell, Kristen Wiig, Will Ferrell, Miranda Cosgrove, Dana Gaier, Madison Polan, Sofia Vergara, Joey King, Stephen Colbert, Chloe Fineman, Pierre Coffin, dan Steve Coogan.

Pengembangan film keempat Despicable Me dimulai pada September 2017. Secara resmi dikonfirmasi pada February 2022, dengan Renaud, Delage, dan White bertindak sebagai sutradata, sutradara bersama, dan penulis cerita. Produksi telah berlangsung per bulan Juni 2022. Kebanyakan pengisi suara karakter utama diumumkan pada Januari 2024, dengan Hoffman dan Daurio diumumkan sebagai produser bersama dan penulis cerita bersama.

Despicable Me 4 dijadwalkan dirilis di Bioskop Amerika Serikat pada 3 Juli 2024.

Premis[sunting | sunting sumber]

Gru (Carell), agen Anti Villain League bekas penjahata super favorit dunia, kembali untuk era baru kekacauan Minion yang menyenangkan, bersama dengan istrinya dan sesama agen Anti-Villain League Lucy (Wiig), ketiga anak angkatnya —Margo (Cosgrove), Edith (Gaier) dan Agnes (Polan)— dan anggota baru dari keluarga Gru, Gru Jr., yang berniat menyiksa ayahnya. Keluarga ini terpaksa untuk kabur ketika mereka menjadi target oleh kriminal yang kabur Maxime Le Mal (Ferrell) dan pacarnya Valentina (Vergara).

— Universal Pictures dan Illumination[1]

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

  • Steve Carell sebagai Felonious Gru, seorang bekas penjahat super yang berubah menjadi agen Anti-Villain League; ayah angkat dari Margo, Edith, dan Agnes dan juga suami dari Lucy
  • Kristen Wiig sebagai Lucy Wilde, seorang agen Anti-Villain League, istri Gru dan ibu angkat dari para anak asuh
  • Will Ferrell sebagai Maxime Le Mal, seorang penjahat super yang ingin balas dendam terhadap Gru dan keluarganya
  • Joey King sebagai Poppy,[2]
  • Sofia Vergara sebagai Valentina, pacar Le Mal
  • Miranda Cosgrove sebagai Margo, anak asuh Gru and Lucy's paling tua
  • Steve Coogan sebagai Silas Ramsbottom, mantan direktur Anti-Villain League, sebelumnya mengundurkan diri di film sebelumnya
  • Pierre Coffin sebagai Minions, antek-antek Gru berwarna kuning
  • Dana Gaier sebagai Edith, anak asuh Gru and Lucy's paling tengah
  • Madison Polan sebagai Agnes, anak asuh Gru dan Lucy termuda. Polan menggantikan Nev Scharrel dari film ketiga

Sebagai tambahan, Stephen Colbert, Chloe Fineman, dan Chris Renaud telah dipilih untuk mengisi suara karakter yang belum diumumkan.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan Despicable Me 4 dimulai di September 2017.[3] Film ini dikonfirmasi secara resmi pada Februari 2022, dengan sutradara veteran Despicable Me Chris Renaud, Patrick Delage, dan Mike White bertindak sebagai sutradara, sutradara bersama dan penulis cerita, dan diumumkan akan dirilis pada Juli 2024.[4][5] Produksi telah berlangsung pada Juni 2022, dengan Steve Carell memulai perekaman suaranya setelah "beberapa sesi".[6] Pada Januari 2024, diumumkan bahwa Will Ferrell, Joey King, Sofia Vergara, Stephen Colbert, Chloe Fineman, dan Madison Polan akan bergabung dengan pengisi suara, dengan Ferrell, King, Vergara, and Polan (menggantikan Nev Scharrel) mengisi suara Maxime Le Mal, Poppy, Valentina, dan Agnes.[7][2] Diumumkan juga bahwa produser eksekutif The Super Mario Bros. Movie Brett Hoffman dan penulis lama Despicable Me dan Illumination Ken Daurio telah ditambahkan sebagai produser bersama dan penulis naskah bersama.[1]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Cuokikan pertama dari film dirilis pada 28 Januari 2024, selama pertandingan 2023–24 NFL playoffs.[8] Cuplikannya menampilkan lagu "Sweet Child O' Mine" oleh Guns N' Roses dan "Maneater" oleh Hall & Oates. Cuplikan ini mendapatkan lebih dari 3 juta tampilan dalam 24 jam pertama setelah dirilis di kanal YouTube Illumination.[butuh rujukan]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Despicable Me 4 dijadwalkan dirilis di Amerika Serikat pada 3 Juli 2024.[4]

Sebagai bagian dari kesepakatan antara Universal dengan Netflix, film ini akan di stream di layanan Peacock untuk empat bulan pertama jendela pay-TV, sebelum berpindah ke Netflix untuk sepuluh bulan berikutnya, dan kembali ke Peacock untuk sisa empat bulan berikutnya.[9][10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Despicable Me 4". Universal Pictures (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 28 January 2024. 
  2. ^ a b @joeyking (January 28, 2024). "Say hello to Poppy. You do not wanna get on her bad side…she can be pretty…Despicable. #DM4 coming to theaters July 3rd. Trailer out now" – via Instagram. 
  3. ^ Sakoui, Anousha; Palmeri, Christopher (September 12, 2017). "In Dismal Summer, Despicable Me 3 Producer Delivers $1 Billion". Bloomberg Businessweek. Diarsipkan dari versi asliPerlu langganan berbayar tanggal September 29, 2017. Diakses tanggal January 4, 2021. 
  4. ^ a b Grobar, Matt (February 18, 2022). "Illumination & Universal Set Dates For Animated Films Migration & Despicable Me 4". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 18, 2022. Diakses tanggal February 14, 2023. 
  5. ^ Moreau, Jordan (February 18, 2022). "Despicable Me 4 Set for Summer 2024 by Illumination, Universal". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 18, 2022. Diakses tanggal February 18, 2022. 
  6. ^ Seddon, Dan; Sandwell, Ian (June 27, 2022). "Steve Carell gives exciting Despicable Me 4 update as he teases plot". Digital Spy. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 27, 2022. Diakses tanggal May 12, 2023. 
  7. ^ Dick, Jeremy (28 January 2024). "Gru Faces a New Nemesis in First Despicable Me 4 Trailer". CBR (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 28 January 2024. 
  8. ^ Lovett, Jamie (January 28, 2024). "Despicable Me 4 Trailer Released". ComicBook.com. 
  9. ^ Hayes, Dade (December 9, 2021). "NBCUniversal's New Theatrical Window Scheme To Bring Films To Peacock After As Few As 45 Days Of Release". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 9, 2021. Diakses tanggal December 10, 2021. 
  10. ^ Moon, Mariella (2021-07-14). "Netflix extends exclusive rights to Universal's animated films in the US". Engadget (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal July 10, 2022. Diakses tanggal 2021-07-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]