Der Judenstaat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Halaman muka Der Judenstaat (1896)

Der Judenstaat (Jerman, Negara Yahudi) adalah sebuah buku yang ditulis oleh Theodor Herzl dan diterbitkan pada tahun 1896 di Leipzig dan Wina. Buku ini memiliki subjudul "Versuch einer modernen Lösung der Judenfrage", "Proposal untuk sebuah solusi modern mengenai masalah Yahudi", dan aslinya ditujukan kepada dinasti perbankan Rotschild yang sangat berperan dalam merealisasikan sebuah negara Zionis di Palestina.[1]

Buki ini dianggap salah satu teks terpenting dalam fenomena Zionisme awal. Seperti tertulis dalam buku ini, Herzl memiliki visi mendirikan negara Yahudi dalam abad ke-20. Ia menyatakan bahwa cara terbaik untuk menghindari anti-Semitisme di Eropa ialah dengan mendirikan sebuah negara Yahudi yang merdeka. Herzl yang selama hidupnya adalah seorang sekuler dan bisa dikatakan adalah seorang Yahudi yang telah terasimilasi, tidak fasih berbahasa Yiddish maupun Ibrani. Herzl kurang bergaul dengan orang-orang Yahudi yang masih belum begitu berbaur dan kurang berhadapan dengan budaya Yahudi pula sebelum meluncurkan gagasan kembali orang Yahudi ke Zion. Hal ini membuatnya berpikir bahwa dukungan luas Yahudi untuk sebuah negara Yahudi selain di Palestina adalah riil. Dalam Der Judenstaat, Herzl menulis kemungkinan berdirinya sebuah negara Yahudi di Argentina.

Herzl memopulerkan istilah "Zionisme", yang diciptakan oleh Nathan Birnbaum. Gerakan nasionalis ini membidani kelahirannya Negara Israel pada tahun 1948, meski istilah Zionisme kemudian dihubungkan dengan dukungan politik untuk negara ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]