Departemen Kundinamarka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Letak Departemen Kundinamarka di Kolombia

Departemen Kundinamarka merupakan sebuah departemen di Kolombia yang memiliki luas wilayah 22.623 km² dan populasi 2.349.578 jiwa (2003). Ibu kotanya ialah Bogotá.

Asal Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Kundinamarka (dalam bahasa Kolombia disebut 'Cundinamarca') berasal dari kata "Kundur marqa", dari bahasa zaman dahulu Quechua, yang digunakan zaman dahulu oleh penduduk asli di Lembah Magdalena yang merujuk pada dataran tinggi didekatnya, yang berarti Sarang burung Kondor.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar Kundinamarka terletak di sisi Timur Kordillera (Cordillera Oriental), persis di selatan Boyacá, yang dibatasi Sungai Magdalena di barat, mengalir sampai ke basin Sungai Orinoco di timur, dan membatasi Tolima di selatan. Distrik kapital Bogotá hampir seluruhnya dikelilingi area Kundinamarka dan tentu saja dibentuk dengan menggali Kundinamarka; dibandingkan dengan divisi lain, provinsi Kundinamarka saat ini lebih kecil dibandingkan keadaan sebelumnya.

Ibukota Kundinamarka adalah Bogotá. Ini merupakan kasus spesial di antara provinsi Kolombia, karena Bogotá sendiri secara legal bukan merupakan bagian dari Kundinamarka, dan satu-satunya provinsi yang ibukotanya ditentukan oleh konstitusi (yang berarti bila ibukota ini dipindahkan, maka memerlukan perubahan konstitusi karena keputusan tingkat provinsi tidak berlaku). Dalam perhitungan sensus, populasi Bogotá dan Kundinamarka dihitung secara terpisah; karena kalau tidak populasi di Kundinamarka akan berjumlah 9,5 juta penduduk.

Jumlah Populasi Area (km²) Kepadatan
Kundinamarka (tidak termasuk D.C.) 2.349.578 22.623 104
Bogotá D.C. 7.117.984 1.587 4.485
Kundinamarka + Bogotá 9.467.562 24.210 391

Provinsi[sunting | sunting sumber]

Provinsi di Kundinamarka berjumlah 15 dengan satu Distrik Kapital, yang secara bersamaan berfungsi sebagai ibukota Republik, ibukota dari Negara Bagian dan juga Distrik.

  1. Almeidas
  2. Upper Magdalena (Alto Magdalena)
  3. Lower Magdalena (Bajo Magdalena)
  4. Gualivá
  5. Guavio
  6. Central Magdalena (Magdalena Centro)
  7. Medina
  8. Eastern (Oriente)
  9. Rionegro
  10. Central Savanna (Sabana Centro)
  11. Western Savanna (Sabana Occidente)
  12. Soacha
  13. Sumapaz
  14. Tequendama
  15. Ubaté