Denny's

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Denny's
Jenis Perusahaan publik (NASDAQ: DENN)
Industri/jasa rumah makan keluarga
Didirikan 1953
Kantor pusat Spartanburg, South Carolina, Amerika Serikat
Tokoh penting Harold Butler, pendiri
Situs web www.dennys.com

Denny's adalah rumah makan berantai asal Amerika Serikat yang menyajikan makanan dengan konsep restoran keluarga. Selain di Amerika Serikat, rumah makan Denny's terdapat di Puerto Riko, Kanada, Kuraçao, Kosta Rika, El Salvador, Jepang, Meksiko, dan Selandia Baru. Denny's mengoperasikan lebih dari 2.500 gerai di seluruh dunia yang buka sepanjang tahun (365 hari dalam setahun, 7 hari seminggu, 24 jam). Makanan yang disajikan mulai dari makan pagi, makan siang, makan malam, dan hidangan penutup.

Di Amerika Serikat, rumah makan Denny's sebagian besar berada di dekat pintu keluar dan tempat peristirahatan jalan bebas hambatan, kota-kota kecil, daerah permukiman, dan wilayah terpencil. Tidak seperti rumah makan berantai yang lain, Denny's terus buka pada hari raya dan selepas tengah malam selama diizinkan hukum setempat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Rumah makan Denny's di Tokyo, Jepang
Kue pancake Halloween di Denny's

Denny's didirikan sebagai toko donat dengan nama Danny's Donuts pada tahun 1953 oleh Harold Butler di Lakewood, California. Menu yang disajikan berkembang karena pengunjung menginginkan lebih dari sekadar donat dan kopi. Pada tahun 1954, nama Danny's Donuts diganti menjadi Danny's Coffee Shops.[1]

Pada tahun 1959, ketika usahanya sudah berkembang menjadi 20 rumah makan, Harold Butler merasa perlu mengganti restorannya nama menjadi Denny's agar konsumen tidak keliru dengan "Doughnut Dan's". Bisnisnya terus berkembang, dan hingga tahun 1981 telah ada 1.000 rumah makan Denny's di 50 negara bagian Amerika Serikat. Pada tahun 1977, Denny's memperkenalkan menu makan pagi "Original Grand Slam Breakfast" yang masih populer hingga sekarang.

Sebelum pindah Spartanburg, South Carolina, kantor pusat Denny's berada di Irvine, California hingga tahun 1991. Kantor pusat Denny's berada di Spartanburg bersama-sama dengan perusahaan induknya, Trans World Corporation yang membeli Denny's pada tahun 1987. Bisnis rumah makan Denny's akhirnya menjadi bisnis utama Trans World Corporation yang setelah mengalami beberapa kali perubahan nama, sekarang disebut Denny's Corporation. Denny's sekarang mengelola sekitar 1.600 restoran di 49 negara bagian di Amerika Serikat (Wyoming adalah satu-satunya negara bagian di AS tanpa Denny's), Kanada, dan Meksiko. Di Jepang ada sekitar 578 restoran Denny's yang dikelola anak perusahaan Seven & I Holdings dengan lisensi dari Denny's.

Sepanjang sejarahnya, Denny's diingat sebagai rumah makan yang menyajikan makanan gratis bagi pengunjung yang sedang berulang tahun, walaupun dibatasi dari makanan menu ulang tahun. Tradisi ini tidak lagi dilakukan sejak tahun 1993, walaupun beberapa rumah makan yang dikelola secara waralaba kadang-kadang masih melakukannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Denny's Franchise Information". Diakses 1 Desember.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]