Demam Emas Witwatersrand

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Demam emas
Cekungan Witwatersrand dan tempat-tempat dengan kandungan emas yang besar
Tanggal1886
LokasiCekungan Witwatersrand, Johannesburg, Afrika Selatan
HasilDemam emas terbesar di dunia yang berujung pada pendirian kota Johannesburg

Demam emas Witwatersrand adalah demam emas pada tahun 1886 yang berujung pada pendirian kota Johannesburg, Afrika Selatan. Peristiwa ini merupakan peristiwa yang penting selama terjadinya Revolusi Mineral di kawasan Afrika selatan.

Sebelumnya, terdapat desas-desus mengenai keberadaan "El Dorado" di dalam cerita rakyat penduduk asli Afrika bagian selatan. Maka dari itu, para penambang emas datang dari berbagai penjuru dunia ke tambang aluvial di Barberton dan Pilgrim's Rest di wilayah yang kini menjadi bagian dari provinsi Mpumalanga. Namun, kandungan emas dalam jumlah besar di Witwatersrand baru ditemukan pada tahun 1886. Akibatnya, banyak orang yang berduyun-duyun datang ke kawasan ini, dan dalam waktu sepuluh tahun kota Johannesburg yang didirikan setelah terjadinya demam emas ini menjadi kota terbesar di Afrika Selatan.

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa "lengkungan emas" yang terbentang dari Johannesburg hingga Welkom sebelumnya merupakan danau besar, sehingga silt dan kandungan emas dari emas aluvial menumpuk di daerah ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]