Delhi Suburban Railway

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Delhi Suburban Railway
Info
PemilikIndian Railways
WilayahKawasan Ibukota Negara, India
JenisKereta api komuter
Jumlah stasiun46
Operasi
OperatorNorthern Railway
Teknis
Lebar sepur5 ft 6 in (1.676 mm) Indian gauge
Peta rute

Delhi Suburban Railway adalah layanan kereta api komuter yang dioperasikan oleh Northern Railway untuk wilayah National Capital Region (NCR). Layanan kereta api ini mencakup beberapa daerah seperti kota Delhi, beberapa distrik seperti Gurgaon, Faridabad, Ghaziabad, Sonipat dan tempat lain di Haryana dan Uttar Pradesh. Layanan ini sebagian besar dijalankan menggunakan EMU (Electric multiple unit) dan MEMU (Mainline Electric Multiple Unit). Delhi Suburban Railway ini juga termasuk kereta penumpang dan layanan DMU (Diesel multiple unit) hingga Rewari di Haryana. Saat ini ada 46 stasiun kereta api di sistem kereta Delhi.

Menurut kementerian perkeretaapian, rencana sedang dilakukan untuk merenovasi dan mengintegrasikan jaringan dengan Metro Delhi melalui pembangunan stasiun penghubung dengan stasiun metro. Proyek ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan di kota.[1]

Layanan[sunting | sunting sumber]

Delhi Suburban Railway menggunakan jalur yang sama yang juga digunakan untuk kereta jarak jauh. Pada tahun 2009 kereta Khusus Wanita diperkenalkan antara New Delhi dan Palwal dan dari New Delhi ke Ghaziabad dan Panipat.[2]

Saat ini, KRL di Delhi beroperasi dengan 12 gerbong, sepuluh di antaranya adalah kompartemen umum dan dua kompartemen wanita. Sesuai perkiraan Northern Railway, ada lebih dari 110 kereta suburban ini.

Rencana Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Perkembangan Delhi Metro yang tumbuh dengan pesat, sehingga perbaikan kondisi Kereta Api Suburban ini tidak dilakukan. Ada laporan tentang penguatan layanan sehingga lebih banyak komuter dapat memanfaatkan fasilitas tersebut. Studi kelayakan juga telah dilakukan, dan untuk menghormati permintaan komuter, ada juga rencana untuk memulai layanan KRL dari Gurgaon[butuh rujukan]. Sistem transit bus rel terpadu (IRBT) yaitu integrasi bis dan kereta untuk menghubungkan Delhi dengan kota satelit Gurgaon, Ghaziabad, dan Sahibabad sedang dipromosikan oleh pemerintah.[3] Sebuah studi kelayakan telah diselesaikan, dan komite pengarah telah ditunjuk untuk memantau proyek tersebut. Rencananya IRBT akan memiliki dua jalur khusus.

Galeri armada[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Delhi's mega plan to link capital ring rail metro network". Hindustan Times. 
  2. ^ "Delhiites can ride a new train to Bengal this puja". 31 August 2009. Diakses tanggal 1 September 2014. 
  3. ^ "IRBT system to connect the Indian capital, Delhi". International Railway Journal. 2004. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]