Dao

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Artikel ini memuat teks berbahasa Tionghoa. Tanpa dukungan multibahasa, Anda mungkin akan melihat tanda tanya, tanda kotak, atau simbol lain, selain karakter yang dimaksud.
Dao, pedang atau golok Cina (versi dekoratif atau akrobatik).

Dao (Tionghoa: ; pinyin: dāo; Wade–Giles: tao1) adalah kelompok pedang bermata satu(golok) yang pada umumnya digunakan untuk menebas dan memotong seperti saber. Di Cina, dao dikenal sebagai satu dari empat senjata utama bersama dengan tombak, tongkat, dan jian, dan disebut sebagai "Keberanian Semua Prajurit."

Dao sebenarnya kata umum yang merujuk pada pedang bermata satu(golok), alat pemotong berbilah lebar, tetapi pada penggunaan sehari-hari berarti pisau. Oleh karenanya dao mungkin merupakan pengembangan dari pisau yang sering digunakan sehari-hari. Kata Dao juga muncul di tombak yang memiliki kepala serupa seperti pudao dan guandao. Karakter 刀 juga digunakan di Jepang namun merujuk pada dan dibaca katana.

Bentuk umum[sunting | sunting sumber]

Meski bentuk dao bervariasi selama berabad-abad, kebanyakan dao dari periode Ming dan sesudahnya, termasuk dari masa kini memiliki karakteristik yang hampir sama. Bilah pedangnya umumnya tidak terlalu melengkung, bermata satu, meski kadang beberapa inci ujung sisi lainnya juga ditajamkan. Lengkungan yang tidak terlalu ekstrem mengefektifkan tusukan. Pegangannya memiliki lengkingan yang arahnya berkebalikan dengan bilahnya. Umumnya memiliki penahan bulat, meski penahan seperti jian ada.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Graff, David A. (2002). Medieval Chinese Warfare, 300-900. London: Routledge. ISBN 0-415-23955-9. 
  • Grancsay, Stephen (1930). "Two Chinese Swords". The Metropolitan Museum of Art Bulletin, Vol. 25, No. 9, pp. 194-196
  • Hanson, Chris. "The Mongol Siege of Xiangyang". Diakses 6 September 2009. 
  • Tom, Philip M. W. (2001). "Some Notable Sabers of the Qing Dynasty at the Metropolitan Museum of Art". Metropolitan Museum Journal, Vol. 36, pp. 11 + 207-222
  • Tom, Philip with Scott M. Rodell (February 2005). "An Introduction to Chinese Single-Edged Hilt Weapons (Dao) and Their Use in the Ming and Qing Dynasties". Kung Fu Tai Chi, pp. 76-85
  • Werner, E. T. C. (1989). Chinese Weapons. Singapore: Graham Brash. ISBN 9971-4-9116-8.