Danau Kyoga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Danau Kyoga
Danau Kyoga - Posisi Danau Kyoga dilihat dari Satelit NASA MODIS.(foto diambil pada tahun 2002)Bagian berwarna putih menunjukkan awan.
Posisi Danau Kyoga dilihat dari Satelit NASA MODIS.
(foto diambil pada tahun 2002)
Bagian berwarna putih menunjukkan awan.
Koordinat 1°30′LU 33°0′BT / 1,5°LU 33°BT / 1.500; 33.000Koordinat: 1°30′LU 33°0′BT / 1,5°LU 33°BT / 1.500; 33.000
Jenis danau Polymitic
Danau-danau Lembah Celah Besar
Aliran masuk utama Nil Victoria
Gunung Elgon
Aliran keluar utama Air Terjun Murchison
Daerah pengumpulan air 75.000 km²
Terletak di negara Uganda
Panjang maks. ~ 200 km
Luas permukaan 1.720 km²
Kedalaman rata-rata 5,7 m
Ketinggian permukaan 914 m
Pemukiman Soroti

Danau Kyoga (juga dieja Kioga) adalah sebuah danau dangkal besar seluas sekitar 1.720 km² dan berada pada ketinggian 914 meter. Sungai Nil Victoria mengalir melalui danau ini dalam perjalanannya dari Danau Victoria menuju Danau Albert. Air yang mengalir dari Danau Victoria diatur menggunakan Pembangkit Listrik Nalubaale di Jinja. Sumber air lainnya adalah kawasan Gunung Elgon di perbatasan Uganda dan Kenya. Meskipun Danau Kyoga merupakan bagian dari sistem Danau-Danau Besar, danau tersebut bukanlah salah satu dari Danau Besar. Danau Kwania, sebuah danau yang lebih kecil tapi lebih dalam, terletak dekat Danau Kyoga.

Kedalaman danau ini mencapai 5,7 meter, namun sebagian besar danau ini memiliki kedalaman kurang dari 4 meter. Bagian sedalam kurang dari 3 meter dipenuhi seluruhnya oleh teratai-terataian, sementara sebagian besar dari garis pantainya dipenuhi papirus dan eceng gondok. Papirus di danau tersebut juga membentuk pulau terapung yang terhanyut dari satu pulau permanen ke pulau permanen lainnya. Lahan basah luas yang terbentuk dari sistem arus dan sungai yang rumit mengelilingi danau tersebut.

46 spesies ikan telah ditemukan di Danau Kyoga, dan buaya juga banyak hidup di danau tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • DWD (2002) El Niño preparedness for Lake Kyoga and other flood prone areas of Uganda. Directorate of Water Development. Ministry of Water, Lands and Environment, Entebbe, Uganda.
  • ILM (2004) Support to the Management of Sudd Blockage on Lake Kyoga. Produced for the Integrated Lake Management Project by Environmental Impact Assessment Centre of Finland, EIA Ltd. (online PDF version)
  • Twongo, T. (2001) The Fisheries and environment of Kyoga Lakes. Fisheries Resources Research Institute (FIRRI), Jinja, Uganda.
  • World Lake Database entry for Lake Kyoga

Pranala luar[sunting | sunting sumber]