Danau-danau Toshka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lokasi Danau-Danau Toshka dan Danau Nasser di Mesir.

Danau-danau Toshka adalah nama yang diberikan kepada danau-danau endorheik yang baru terbentuk di Gurun Sahara, Mesir.

Bendungan Tinggi Aswan yang dibangun oleh Mesir pada tahun 1964-1968, menghasilkan Danau Nasser dengan ketinggian air maksimal 183 meter di atas permukaan laut. Pada tahun 1978 Mesir membangun kanal Sadat barat laut dari danau Nasser melalui Wadi Toshka guna membiarkan ketinggian air di atas 178 meter untuk dialirkan ke sebuah dataran rendah di sebelah selatan dataran tinggi batu karang Eosen.

Pada akhir dasawarsa 1990, air mulai mengalir melalui kanal Sadat masuk ke gurun barat. Para astronaut mulai melihat danau-danau pertama di sebelah timur yang timbul pada bulan November 1998. Pada akhir 1999, tiga danau tambahan terbentuk kemudian di sebelah barat dan danau yang terletak paling barat mulai muncul kira-kira antara bulan September 2000 dan Maret 2001. Danau-danau ini belum memiliki nama masing-masing.

Secara total danau-danau Toshka meliputi luas sebesar 1.300 kilometer persegi. Pada tahun 2006, ketinggian danau ini lebih rendah daripada tahun 2001, dan beberapa wilayah rawa dan bukit pasir sudah terbentuk antara tepi danau yang dahulu dan sekarang. Sebuah danau kecil di daerah hilir ketiga danau besar sudah kering sama sekali. Ketinggiannya bervariasi antara 176 meter sampai 144 meter untuk danau yang paling jauh.

Pemerintahan Mesir berusaha mengembangkan daerah ini yang juga dikenal dengan istilah "Proyek Lembah Baru". Rencananya ialah untuk memperluas daerah perairan ini dengan kanal sampai ke oasis Kharga.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]