Dalca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalca atau Dalica atau juga Dalicha adalah makanan tipe kuah yang berbahan utama daging sapi dengan sayuran seperti kentang, wortel, terong ungu dan kacang panjang yang berasal dari Aceh. Makanan ini memiliki aroma dan rasa yang kuat, dikarenakan penggunaan rempah-rempah pada bumbunya dan minyak untuk menumisnya yang menggunakan minyak samin. Bumbu rempah yang digunakan untuk Dalca adalah kayu manis, adas, daun pandan, kapulaga dan jintan.[1] Dalca juga memiliki cita rasa sedikit asam karena menggunakan buah seperti mangga putik, pisang, kedondong dan buah rumbia, terfantung selera si pembuat.

Dalca sering disajikan saat acara pernikahan, saat berbuka puasa dan saat acara pelantikan pejabat dan makanan ini hanya populer di Aceh bagian utara, sehingga tidak semua mengetahui adanya masakan ini.[2]

Dalca dipengaruhi oleh masakan dari India bagian selatan, namun dikarenakan banyak orang Aceh yang sering membuatnya, maka makanan ini pun menjadi makanan keseharian di Aceh. Diperkirakan, pengaruh India pada makanan ini akibat adanya letak geografis yang berdekatan dan migrasi orang India ke Indonesia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ resepsimbok (2018-01-09). "Resep dan Cara membuat Masakan Khas Aceh Dalca". ResepSimbok. Diakses tanggal 2022-07-02. 
  2. ^ iskundarti, etik. "Resep Dalca Khas Aceh" (dalam bahasa indonesian). Diakses tanggal 2022-07-02.