Daftar karakter dalam Code Lyoko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Code Lyoko adalah sebuah kartun animasi yang diciptakan oleh Thomas Romain dan Tania Palumbo dari Prancis. Menceritakan tentang kehidupan siswa pada sebuah sekolah asrama bernama Jeremie, Ulrich, Yumi, dan Odd yang melakukan perjalanan ke dunia maya dari Lyoko untuk melawan multi-agen program komputer XANA dengan Aelita, seorang anak yang awalnya terjebak dalam Lyoko. Code Lyoko menggunakan kedua jenis Animasi dua dimensi dan CGI.

Serial ini mulai awal 96 episode mulai pada tanggal 3 September 2003 yang ditayangkan pada France 3, dan berakhir pada tanggal 10 November 2007. Di Amerika Serikat, serial ini pertama kali disiarkan pada tanggal 19 April 2004 di Turner, dan Cartoon Network. Pada tanggal 31 Mei 2011, perusahaan produksi MoonScoop mengungkapkan di Facebook bahwa acara ini kembali lagi dengan musim kelima, menjadi Code Lyoko: Evolution, yang mengudara pada akhir 2012. Musim kelima ini akan menjadi 26 episode dan mengandung campuran live-action dan CGI.

Code Lyoko memiliki lima karakter utama bernama Jeremie, Aelita, Ulrich, Yumi, dan Odd yang bersekolah di sekolah asrama bernama Junior High School Kadic Academy yang berada di Prancis. Kelima siswa ini berusaha melawan program komputer bernama X.A.N.A yang bertekad menguasai dunia.

Daftar Karakter Utama Code Lyoko[sunting | sunting sumber]

Aelita Schaeffer[sunting | sunting sumber]

Aelita Schaeffer (juga dikenal sebagai Aelita Hopper, Aelita Stones, dan Maya ) adalah anggota Prajurit Lyoko, dan deuteragonist Code Lyoko. Dia adalah seorang gadis manusia yang divirtualisasikan ke Lyoko oleh ayahnya Franz Hopper (bernama asli Waldo Franz Schaeffer), sebelum dibangunkan dan berteman bertahun-tahun kemudian oleh Jeremie dan anggota kelompok lainnya. Aelita akhirnya muncul kembali ke Bumi, di mana dia menjadi murid di Akademi Kadic bersama teman-temannya yang lain. Dia adalah kekasih Jeremie. Dalam Season 2 Episode 52; The Key, masa lalu Aelita terungkap. Aelita lahir di Amerika dari pasangan Waldo dan Anthea Schaeffer sekitar dua dekade sebelum peristiwa serial tersebut. Dia hidup bahagia bersama orang tuanya di chalet yang berada di Pegunungan Alpen Swiss tempat ayahnya mengajarinya cara bermain piano. Tak lama setelah orang tuanya menghadiahkannya boneka peri kecil bernama "Mister Pück" untuk Natal, tak lama kemudian ibunya diculik oleh Men in Black. Waldo Schaeffer dan Aelita kemudian melarikan diri ke pinggiran kota Paris di Perancis, di mana mereka pindah ke sebuah rumah bernama Hermitage. Waldo juga mengubah nama depannya menjadi Franz, dan nama belakangnya menjadi Hopper. Saat Aelita bersekolah di rumah, dia sama sekali tidak menyadari bahwa ayahnya menciptakan laboratorium yang terdapat superkomputer dan XANA.

Pada tanggal 6 Juni 1994, dua Men in Black datang Hermitage, memaksa Franz Hopper dan Aelita melarikan diri melalui pintu rahasia dibelakang rumah yang terhubung ke lorong saluran air yang mengarah ke pabrik bekas, tempat Aelita menemukan laboratorium rahasia ayahnya. Franz memvirtualisasikan Aelita dan dirinya sendiri untuk menjaga keamanan mereka dan hal berikutnya yang diketahui Aelita. Saat tiba di Lyoko dia berada di Sektor Hutan Lyoko. Di sana, Kankrelat menyerang dia dan ayahnya, memaksa mereka bersembunyi di menara terdekat. Franz Hopper menjelaskan bahwa dia harus pergi dan berdamai dengan XANA, kecerdasan buatan yang ingin menghancurkan mereka berdua. Aelita harus menunggu di menara. Namun, dia tidak bisa menunggu lebih lama lagi dan pergi keluar, tempat Hornets menyerang ayahnya. Franz Hopper menjelaskan bahwa XANA tidak bisa dihentikan. Setelah meminta Aelita berjanji bahwa dia tidak akan pernah melupakannya, Franz mematikan superkomputer untuk mencegah XANA menyerang Bumi, meninggalkan Aelita di dalamnya selama hampir satu dekade.

Tujuh tahun kemudian pada tahun 2001, Aelita kembali muncul ketika siswa bernama Jeremie Belpois yang saat itu sedang mencari suku cadang buat robotnya, menemukan Supercomputer dan menyalakannya kembali. Kemudian Jeremie mengajak tiga temannya Odd Dellarobbia, Ulrich Stern, dan Yumi Ishiyama untuk bergabung dengannya menghadapi XANA.

Pada musim pertama, Aelita masih berada di sektor Lyoko. Dia pun hanya bisa berkomunikasi dengan teman-temannya melalui Supercomputer, Laptop, dan Komputer milik Jeremie. Pada musim ini Jeremie berusaha memvirtualisasikan Aelita kembali ke Bumi, walaupun banyak sekali tantang seperti XANA menyerang bumi. Pada Episode 25; Code Earth, Jeremie akhirnya berhasil memvirtualisasikan Aelita kembali ke Bumi.

Pada musim kedua, Aelita masih mulai kembali berinteraksi dengan kehidupan di dunia nyata sembari menunggu Jeremie menemukan anit-virus yang bisa membebaskan Aelita dari XANA.