Daftar karakter Scarface

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ini adalah daftar karakter yang muncul dalam film tahun 1932, Scarface, dan film remakenya tahun 1983, Scarface, termasuk permainan video pseudo-sekuel dari film tahun 1983, Scarface: The World Is Yours.

Film tahun 1932[sunting | sunting sumber]

Tony Camonte[sunting | sunting sumber]

Antonio "Tony" Camonte adalah karakter utama dalam Scarface dan novel dengan judul serupa, yang ditulis oleh Armitage Trail. Diperankan oleh Paul Muni, Tony secara longgar terinspirasi dari gangster era-Pelarangan, Al Capone.

Film tahun 1983 dan The World Is Yours[sunting | sunting sumber]

Tony Montana[sunting | sunting sumber]

Antonio "Tony" Montana adalah karakter utama dalam Scarface dan permainan video Scarface: The World Is Yours, diperankan Al Pacino dalam film dan disuarakan oleh André Sogliuzzo dalam permainan video. Oliver Stone menciptakan nama karakter ini dengan menggabungkan nama belakang pemain football favoritnya (Joe Montana) dengan nama karakter utama dalam versi film tahun 1932, Tony Camonte, diperankan Paul Muni.

Di akhir film rumah besar Tony Montana diserang oleh gang Alex Sosa (Alejandro Sosa) akibat Tony tidak jadi membunuh jurnalis anti-narkoba Bolivia beserta istri dan anak-anaknya, Tony tewas dalam serangan tersebut, namun dalam permainan video Tony Montana berhasil melarikan diri, membangun lagi kerajaan narkobanya dan membalaskan dendam pada Sosa.[1][2] Dalam permainan dan film, Tony menggunakan senapan M16 dengan magasin jungle style, dan pelontar granat M203 diikat di laras.

Alejandro Sosa[sunting | sunting sumber]

Alejandro "Alex" Sosa adalah gembong narkoba asal Bolivia. Sosa adalah ketua kartel narkoba yang sangat kuat di Bolivia. Ia mempunyai koneksi yang luas dengan pemerintah Bolivia dan pemerintah Amerika Serikat. Yang memungkinkan ia beroperasi dan bebas dari hukuman. Ia dan Tony awalnya berteman namun pada akhirnya bermusuhan. Ia diperankan oleh Paul Shenar dalam film.[3] Ia didasarkan dari pengedar narkoba Bolivia, Roberto Suárez Goméz.[4]

Dalam permainan video Sosa berperan sebagai musuh utama Tony. Ia mengambil alih teritori Tony di Miami dan membaginya di antara Nacho Contreras, Diaz Bersaudara dan Gaspar Gomez. Ia disuarakan oleh Robert Davi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mohamed, Hamza (August 29, 2013). "Why I love … the confident evil of Tony Montana". Theguardian.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 1, 2018. Diakses tanggal March 11, 2016. 
  2. ^ Haines, Lester (November 6, 2015). "Scarface's explosive 'Little Friend' goes under the hammer". The Register. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 1, 2018. Diakses tanggal March 11, 2016. 
  3. ^ Kasper, Eric; Kozma, Troy (2015). Machiavelli Goes to the Movies: Understanding The Prince through Television and Film. Lexington Books. hlm. 106. ISBN 978-0-7391-9595-6. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-27. Diakses tanggal 2017-04-23. 
  4. ^ "El Rey Blanco" [The White King] (dalam bahasa Spanish). Pagina 12. March 10, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 24, 2015. Diakses tanggal September 7, 2015. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]