Daftar karakter Aikatsu Stars!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut adalah daftar karakter dari waralaba anime dan permainan arkade Bandai, Aikatsu Stars!.

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

Four Star Academy[sunting | sunting sumber]

Yume Nijino (虹野ゆめ, Nijino Yume)
Pengisi suara: Miyu Tomita (pengisi suara),[1] Sena from AIKATSU☆STARS! (penyanyi)
Protagonis utama, Yume adalah siswi SMP tahun pertama yang baru-baru ini masuk Four Star Academy dengan sahabatnya Koharu Nanakura dengan tujuan menjadi bagian dari unit top idol, S4, tujuan yang berbuah setelah menghadiri konser S4 Hime Shiratori, yang mana Yume adalah penggemar beratnya. Meskipun nyanyian dan tarian Yume masih kurang, energi dan kerja kerasnya lebih dari itu. Yume juga memiliki kekuatan tersembunyi bahwa kesempatan spesial memungkinkannya untuk tampil di atas batasnya, yang mana mendapat perhatian dari kepala sekolah akademi. Pada Episode 3, terungkap bahwa sebelum sebelum mentransfer ke Four Star, dia adalah anggota klub bola voli, dan pada Episode 12, bahwa orangtuanya mempunyai toko makanan manis. Yume mempunyai hubungan yang rumit dengan ketua M4, Subaru Yuuki. Meskipun Yume awalnya tidak menyukainya karena menggodanya, seperti memanggilnya "gurita rebus" karena wajahnya yang merah, dia dengan cepat berteman dengannya. Idol tipe cute, warna temanya adalah merah muda.
Setelah menjadi bagian dari S4 generasi ke-26 di Episode 50, dia membuat brand busananya sendiri "Berry Parfait". Dia bagian dari Song Class. Pada Episode 73, dia dan Koharu membuat brand busana baru, "Rainbow Berry Parfait", yang mana evolusi dari brand sebelumnya. Dia idol kejutuh yang mendapat star wings. Wings of the planet miliknya adalah bumi. Dia kemudian menduduki posisi kedua di Aikatsu Ranking. Setelah dia mendapatkan Sun Dress milikinya pada episode 96 dan kemudian menjadi World Top Idol setelah menang di Final Tournament.
Rola Sakuraba (桜庭ローラ, Sakuraba Rōra)
Pengisi suara: Ayaka Asai (pengisi suara),[1] Rie from AIKATSU☆STARS! (penyanyi)
Rola adalah teman sekelas Yume, sekaligus saingannya dan teman pertama di Four Stars selain Koharu. Rola berasal dari keturunan musisi, dengan ayahnya yang menjadi violinis dan ibunya yang menjadi pianis. Dengan mempertaruhkan kebanggaan keluarganya, Rola bertekad menjadi siswi top Flower Song dan mendapatkan tempat di S4. Dia peduli dan memiliki rasa keadilan yang kuat, tetapi benci kehilangan dan terkadang bisa bertindak sebelum berpikir. Idol tipe cool, warna temanya biru, dan dia adalah siswi Flower Song Class.
Pada musim ke-2, Rola dipilih Yume menjadi admin Flower Song Class. Dia juga menjadi wakil ketua OSIS. Dia menjadi muse dari "Spice Chord" setelah Tsubasa memutuskan untuk pergi ke Hollywood- terbukti dengan penghargaan yang diraih dengan baik setelah melewati ujian pada Episode 62. Dia idol kelima yang mendapatkan sayapnya. Wings of the planet miliknya adalah Mars.
Koharu Nanakura (七倉小春, Nanakura Koharu)
Pengisi suara: Megumi Yamaguchi (pengisi suara),[1] Nanase from AIKATSU☆STARS! (penyanyi)
Teman kecil dan teman sekamar Yume. Dia tenang, lembut, dan pendiam, tetapi selalu bersedia untuk membantu mereka yang membutuhkan. Koharu adalah penggemar berat Yozora Kasumi, yang berkembang setelah Yozora membantunya dengan kacamatanya dan memuji kulit Koharu, tidak seperti Yume yang mengagumi Hime. Dia juga menyukai permen, membawa permen dalam jumlah besar setiap saat dan menawarkannya kepada orang lain. Idol tipe sexy, warna temanya ungu, dan dia siswi Moon Beauty Class di Four Star Academy sampai keberangkatannya ke Italia di Episode 30 (karena pekerjaan ayahnya).
Pada Episode 51, dia ditunjuk untuk masuk Venus Ark. Dia dihormati oleh Elza karena keahliannya yang luar biasa dalam desain, hasrat yang dia miliki untuk waktu yang sangat lama. Dia kembali ke Four Star Academy pada Episode 71. Dia mendirikan brand "Rainbow Berry Parfait" bersama Yume, yang debut pada Episode 73.
Ako Saotome (早乙女あこ, Saotome Ako)
Pengisi suara: Natsumi Murakami (pengisi suara),[1] Miki from AIKATSU☆STARS! (penyanyi)
Debuts pada episode 6 dari anime. Ako adalah siswi dari Bird Drama Class. Dia sangat percaya diri dengan kemampuannya sebagai aktris dan pada pertemuan pertama tampak tenang dan dapat menguasai diri, tetapi sebenarnya mudah gugup, temperamental, dan memiliki kecenderungan untuk bertindak seperti kucing dan menyerang orang ketika marah. Dia tampaknya naksir Subaru Yuki, anggota dari unit idola pria M4, dan menjadi cemburu terhadap gadis lain yang berinteraksi dengannya (yaitu, Yume). Idol tipe pop, warna temanya hijau limau, dan dia siswi Bird Theatre Class.
Ako menjadi salah satu dari S4 generasi ke-26 pada Episode 50.
Brand pilihannya di musim ke-1 adalah Shiny Smile, tapi pada Episode 51 terungkap bahwa dia melamar untuk menjadi muse fari FuwaFuwa Dream, namun kalah dengan Kirara Hanazono dari Venus Ark. Pada Episode 74 Kirara mengusulkan kepada Ako gagasan untuk menjadi "muse dobel" brand, yang ia terima. Kemudian para gadis membuat sebuah unit (pada Aikatsu Friends! bernama FuwaFuwa Dreamer).
Hime Shiratori (白鳥ひめ, Shiratori Hime)
Pengisi suara: Minami Tsuda (pengisi suara),[1] Ruka from AIKATSU☆STARS! (penyanyi)
Salah satu dari anggota S4 ke-25 pada musim ke-1. Dia dua tahun di atas Yume, dan idol favorit Yume. Baik dan elegan, Hime telah berkecimpung di industri hiburan sejak dia masih muda, mendapatkan pengalaman di berbagai bidang seperti modeling, menari, dan akting, tetapi bakat aslinya terletak pada menyanyi, di mana dia digambarkan memiliki suara malaikat. Terungkap dalam Episode 11 bahwa dia sensitif terhadap tekanan rendah saat hujan, menyebabkan dia menjadi sangat lesu. Dia menyadari kemampuan spesial Yume, yang sering membuatnya berkonfrontasi dengan kepala sekolah karena khawatir. Idol tipe cute, warna temanya biru pastel, dan dia siswi Flower Song Class.
Dia pendiri brand busananya sendiri "My Little Heart".
Tsubasa Kisaragi (如月ツバサ, Kisaragi Tsubasa)
Pengisi suara: Sumire Morohoshi (pengisi suara),[1] Nanase from AIKATSU☆STARS! (penyanyi)
Salah satu dari anggota S4 ke-25 pada musim ke-1, dan ketua OSIS. Dia memiliki personaliti yang keren, tapi penyayang dan dapat diandalkan, sehingga membuatnya populer di kalangan adik kelas. Dalam Episode 3, dia mengungkapkan bahwa dia awalnya mengikuti audisi untuk menjadi siswi Flower Song namun beralih ke Bird Theatre Class setelah bertemu Hime. Dia awalnya percaya bahwa idol tidak perlu bergantung pada orang lain, dan berteman dengan burung hantu liar untuk mengatasi kesepiannya sebelum sekolah melarangnya untuk melihatnya, namun setelah itu belajar pentingnya persahabatan setelah menemukan bahwa burung hantu itu sekarang memiliki keluarga. Idol tipe cool, warna temanya merah, dan dia siswi Bird Theatre Class.
Dia adalah muse perwakilan dari brand busananya sendiri "Spice Chord" sampai dia pergi ke Hollywood pada Episode 62. Dia memilih Rola untuk menjadi muse baru, setelah melewati ujian.
Yuzu Nikaidō (二階堂ゆず, Nikaidō Yuzu)
Pengisi suara: Azusa Tadokoro (pengisi suara),[1] Kana from AIKATSU☆STARS! (penyanyi)
Salah satu dari anggota S4 ke-25 pada musim ke-1, tapi satu tahun lebih muda dari Hime, Tsubasa, dan Yozora. Dia tidak dapat diprediksi dan berjiwa bebas dan digambarkan sebagai jenius penari. Idol tipe pop, warna temanya kuning jeruk, brand pilihannya Shiny Smile, dan dia siswi Wind Dance Class. Dia tipikal yang sangat aktif dan mudah bosan, dan sering kabur sehingga adminnya harus menemukan cara untuk menangkapnya dan membawanya tepat waktu untuk pertunjukan. Pada Episode 98 dia membuat unit dengan Lily, bernama "Yuzutto Lily"
Dia adalah muse perwakilan dari brand busananya sendiri "Shiny Smile". Yuzu juga satu-satunya S4 generasi ke-25 yang kembali menjadi bagian dari generasi ke-26, menjadi ketua baru dari unit. Dia idol keenam yang mendapatkan sayapnya. Wings of the planet miliknya adalah Saturnus.
Yozora Kasumi (香澄夜空, Kasumi Yozora)
Pengisi suara: Ayaka Ōhashi (pengisi suara),[1] Miho from AIKATSU☆STARS! (penyanyi)
Salah satu dari anggota S4 ke-25 pada musim ke-1. Seorang top model, Yozora seorang karismatik, tipe kakak perempuan yang aktif merawat juniornya. Idol tipe sexy, warna temanya violet, brand pilihannya Romance Kiss, dan dia siswi Moon Beauty Class.
Dia adalah muse perwakilan dari brand busananya sendiri "Romance Kiss", namun dia meninggalkan perannya untuk adiknya setelah memutuskan untuk meninggalkan Four Star Academy dan belajar di luar negeri pada Episode 50.
Mahiru Kasumi (香澄真昼, Kasumi Mahiru)
Pengisi suara: Yume Miyamoto (speaking voice),[1] Kana from AIKATSU☆STARS! (singing voice)
Debut pada permainan DCD 2016 seri ke-2 dan episode 8 dalam anime. Mahiru adalah adik Yozora, dan memiliki bakat serupa untuk pemodelan. Dia memiliki aura dewasa yang membuatnya sulit untuk didekati, tetapi terbukti dengan cepat berteman dengan Koharu setelah dia memberikan obat batuk kepada Mahiru untuk membantu batuknya. Tujuannya adalah untuk melampaui kakaknya, yang pada awalnya dia memiliki ketidaksukaan yang kuat terhadapnya. Idol tipe sexy, warna temanya ros merah muda, dan dia siswi Moon Beauty Class.
Setelah menjadi bagian dari S4 generasi ke-26 pada Episode 50, dia mewarisi peran brand muse "Romance Kiss" dari kakaknya. Dia idol keempat yang meraih sayapnya. Wings of the planet miliknya adalah Neptunus.
Lily Shirogane (白銀リリィ, Shirogane Ririi)
Pengisi suara: Reina Ueda (pengisi suara), Nanase from AIKATSU☆STARS! (penyanyi)
Debuts pada permainan DCD 2016 seri ke-3 dan episode 23 dalam anime. Seorang admin senior dari Song Class, Lily adalah gadis yang kuat dan mandiri yang tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain. Dia adalah teman masa kecil Yuzu, yang merupakan satu-satunya orang yang diizinkan memanggilnya "Lilyenne" (リリエンヌ, Ririennu). Idol tipe cool, warna temanya viridian, dan siswi dan admin Flower Song Class. Pada Episode 98 dia membuat unit dengan Yuzu, bernama "Yuzutto Lily"
Dia membuat brand busananya sendiri "Gothic Victoria" pada Episode 39. Dia idol kedua yang meraih sayapnya. Wings of the planet miliknya adalah Pluto.

Venus Ark[sunting | sunting sumber]

Elza Forte (エルザ フォルテ, Eruza Forute)
Pengisi suara: Yōko Hikasa (pengisi suara),[2] Risa Aizawa (penyanyi)
Debut pada permainan DCD 2017 seri ke-1 dan episode 51 dalam anime. Pendiri Venus Ark and dan pewaris negara yang jauh. Dia telah menjadi perfeksionis sejak dia masih kecil, tetapi tampak jauh dari idola lain. Idol tipe sexy, warna temanya emas dan dia pendiri brandnya sendiri, "Perfect Queen". Pendiri Venus Ark dan Perfect Queen berbagi tujuan yang sama: untuk menjadi top dan terbaik di dunia di antara semua brand, semua sekolah, dan semua idol. Demi mengumpulkan semua idol dan brand unggulan, Elza memiliki pengetahuan luas tentang topik tersebut.
Elza bertujuan mendapati Hime bergabung Venus Ark, mengincar Yume sebagai iming-iming untuk melakukannya. Elza juga idol pertama yang dikenali oleh Aikatsu system dan meraih Wings of Stars- sayapnya merepresentasikan planet Venus. Dia telah menjarah banyak idol dari seluruh dunia hanya untuk mendapatkan sun dress.
Kirara Hanazono (花園きらら, Hanazono Kirara)
Pengisi suara: Nako Eguchi (pengisi suara),[2] Miho from AIKATSU☆STARS! (penyanyi)
Debut pada permainan DCD 2017 seri ke-1 dan tampil sebagai cameo di episode 51 dalam anime. Kirara adalah siswi Venus Ark yang lahir di New Zealand. Kirara memiliki karakter lembut dan hidup bebas tanpa batasan. Dia cenderung mengejutkan orang-orang di sekitarnya dengan perilakunya yang tidak terduga. Meskipun Kirara sering kesepian dan dimanjakan, ia mengembangkan warna dan desain yang bagus dari ibunya, seorang pelukis. Kirara diketahui sebagai idol lahir ke dalam hidup orang yang berbakat. Idol tipe pop, warna temanya ungu pastel dan brand pilihannya "FuwaFuwa Dream", berbagi posisi brand muse dengan Ako.
Dia idol ketiga yang mendapatkan sayapnya setelah Elza dan Lily. Wings of the planet miliknya adalah Merkurius.
Rei Kizaki (騎咲 レイ, Kizaki Rei)
Pengisi suara: Natsumi Fujiwara (pengisi suara), Rie from AIKATSU☆STARS! (penyanyi)
Debut pada permainan DCD 2017 seri ke-1 dan episode 51 dalam anime. Berasal dari AS, dia adalah sekretaris Elza dan ikut menjalankan Venus Ark dengannya. Dukungannya untuk Elza berasal dari inspirasi yang dia terima dari mengetahui mimpi Elza. Rei dikenal memiliki watak yang tenang setiap saat dan memiliki perilaku yang sempurna seperti kepala pelayan. Dia juga suka mengoleksi barang-barang lucu. Dia dispekulasikan pernah menjadi idol terkenal, Shooting Star. Dia idol tipe cool, warna temanya silver dan brandnya Royal Sword. Dia idol kesembilan yang meraih sayapnya. Wings of stars miliknya adalah Uranus.
Aria Futaba (双葉アリア, Futaba Aria)
Pengisi suara: Kaori Maeda (pengisi suara), Ruka from AIKATSU☆STARS! (penyanyi)
Debut pada permainan DCD 2017 seri ke-4 dan episode 72 dalam anime. Seorang murid Venus Ark, dia dikenal sebagai anak yang berbakat dan dianggap oleh Hime sebagai "anak yang dikirim dari surga Aikatsu". Setelah membawa banyak perhatian ke luar negeri, dia diundang oleh Hime untuk datang ke Jepang. Dia menjadi muse dari brand Hime, "My Little Heart". Dia idol tipe cute dan warna temanya merah muda terang. Dia idol kedelapan yang meraih star wings. Wings of the planet miliknya adalah Jupiter.

Karakter Pendukung[sunting | sunting sumber]

M4[sunting | sunting sumber]

Subaru Yūki (結城すばる, Yūki Subaru)
Pengisi suara: Taku Yashiro
Siswa di visi pria Four Star Academy dan anggota unit idol pria top, M4. Dia sering bertemu dengan Yume secara tidak sengaja, dan menjadi terbiasa menggodanya, tetapi ditunjukkan untuk memberinya nasihat yang kuat. Dia suka mengganggu Yume dengan memanggilnya "Tomat" atau "Gurita rebus". Dia dispekulasikan memiliki ketertarikan pada Yume.
Nozomu Igarashi (五十嵐望, Igarashi Nozomu)
Pengisi suara: Yūto Uemura
Anggota M4 dan Moon Beauty Class. Dia menyadari bahwa Subaru jatuh cinta dengan Yume, sejauh ini bertanya-tanya jika Subaru cemburu padanya dan Yume. Nozomu menjadi yakin ketika dia menyangkal ini, karena dia benci harus melawan "saingan sekuat Subaru".
Asahi Kasumi (香澄朝陽, Kasumi Asahi)
Pengisi suara: Shun Horie
Anggota M4 dan the Bird Theatre Class. Dia saudara laki-laki Yozora dan Mahiru, dia memiliki kepribadian yang ceria dan menyenangkan. Dia dispekulasikan memiliki semacam ketertarikan pada Koharu.
Kanata Kira (吉良かなた, Kira Kanata)
Pengisi suara: Arthur Lounsbery
Anggota M4 dan Wind Dance Class. Ia memiliki ketertarikan pada Ako dan sering menggodanya setelah mengetahui bahwa Ako menyukai Subaru.

Murid Four Star Academy[sunting | sunting sumber]

Yuri Ashida (芦田有莉, Ashida Yuri)
Pengisi suara: Aoi Koga
Kakak kelas Yume yang bertanggung jawab atas Dress Make Room, di mana idol bisa menyesuaikan dan membuat koordinasinya sendiri. Dia idol tipe cool dan dia manager senior Flower Song Class bersama Lily Shirogane.
Haruka☆Ruka (ハルカ☆ルカ)
Pengisi suara: Sayaka Nakaya
Seorang gadis bersemangat yang merupakan siswi top dari Wind Dance Class kelas pertama. Dia pergi ke Hollywood setelah Yuzu memenangkan kompetisi tari.

Staff Four Star Academy[sunting | sunting sumber]

Hikaru Moroboshi (諸星ヒカル, Moroboshi Hikaru)
Pengisi suara: Daisuke Hirakawa
Kepala sekolah misterius di Four Star Academy. Dia memiliki kepribadian ketidakbelaskasihanan dan manipulatif secara halus, sering membuat percobaan untuk menguji kemampuan Yume dan menyatakan bahwa jika Yume tampil pada tingkat yang sama, dia akan mengeluarkannya dari sekolah, dan hidupnya sebagai idol akan berakhir jika dia tidak belajar untuk mengontrol kekuatannya. Terungkap bahwa dia bertindak seperti itu karena dia tidak ingin murid-muridnya berakhir seperti saudara perempuannya, Hotaru, yang kehilangan kemampuannya untuk menyanyi karena terlalu mengandalkan kekuatan misterius, mirip dengan yang dimiliki Hime dan Yume.
Anna Hibiki (響アンナ, Hibiki Anna)
Pengisi suara: Akemi Kanda
Wali kelas Flower Song class. Kepribadian, tingkah laku, dan penampilannya adalah arketipikal bintang rock. Terungkap dalam Episode 27, bahwa Anna adalah siswi Four Star Academy dan anggota S4.
Momoko Yachigusa (八千草桃子, Yachigusa Momoko)
Pengisi suara: Emi Okada
Instruktur Bird Theatre class. Terungkap dalam Episode 27, bahwa Momoko adalah siswi Four Star Academy dan anggota S4.
Dave Sato (デーブ 佐東, Dēbu Satō)
Pengisi suara: Kenta Matsumoto
Instruktur Wind Dance class.
Tamagoro Miwa (美羽玉五郎, Miwa Tamagorō)
Pengisi suara: Kazuyuki Okitsu
Instruktur Moon Beauty class. Terungkap dalam Episode 27, bahwa Tamagoro adalah siswi Four Star Academy dan anggota S4.

Pejabat Entertainment[sunting | sunting sumber]

Yamaguchi (山口, Yamaguchi)
Pengisi suara: Atsushi Kakehashi
Sutradara program spesial S4. Dia kemudian menghadiri konser solo pertama Yume.
Jiro Okamoto (岡本二郎, Okamoto Jirō)
Pengisi suara: Mitsuru Okata
Sutradara Aikatsu! TV drama. Dia kemudian menghadiri konser solo pertama Yume.
Kaoru Komoto (幸本薫, Kōmoto Kaoru)
Pengisi suara: Mei Shimoda
Presiden toko makanan manis yang dikenal sebagai Saiwai Hanando dan teman lama Kepala Sekolah Morohoshi's. Dia kemudian menghadiri konser solo pertama Yume.

Anggota Keluarga[sunting | sunting sumber]

Masaru Nijino (虹野 大, Nijino Masaru) dan Kyoko Nijino (虹野 景子, Nijno Kyōko)
Pengisi suara: Fuminori Komatsu (Masaru) dan Aya Hisakawa (Kyoko)
Orang tua Yume.
Hotaru Yukino (雪乃ホタル, Yukino Hotaru) / Hotaru Morohoshi (諸星ホタル, Morohoshi Hotaru)
Pengisi suara: Yukana
Kakak perempuan Hikaru. Seorang mantan siswi Four Star Academy student dan mantan S4 representatif Flower Song Class dulu. Hotaru adalah orang pertama yang mengalami kekuatan misterius, sebelum Hime dan Yume. Tetapi karena terlalu mengandalkan kekuatan itu, dia kehilangan kemampuannya untuk bernyanyi. Suaranya dikenal sebagai "The Fleeting Shooting Star". Sekarang, Hotaru adalah seorang tukang kebun.

Serba-serbi[sunting | sunting sumber]

Ayumi Naruse (鳴瀬あゆみ, Naruse Ayumi) dan Naho Aoyama (青山ナホ, Aoyama Naho)
Pengisi suara: Hina Kino (Ayumi) Yūki Kuwahara (Naho)
Dua gadis dari Shiny Academy yang mengikuti audisi untuk menjadi gadis kampanye Saiwai Hanando. Mereka awalnya meremehkan Yume, mengatakan dia tidak cocok untuk Four Star Academy, tetapi kemudian dibantu oleh Yume menyeberangi jembatan tali yang ketat. Mereka kemudian terlihat menyaksikan festival musim panas Four Star Academy. Empat. Mereka muncul kembali di audisi gadis kampanye berikutnya, tetapi kalah lagi.
Nico (ニコ, Niko) and Coco (ココ, Koko)
Pengisi suara: Yū Wakui (Nico) and Yūki Kuwahara (Coco)
Dua saudara perempuan SD yang merupakan penggemar berat Yume dan kemudian menghadiri konser solo pertama Yume.

Referensi[sunting | sunting sumber]