Daftar Gubernur Jenderal Kepulauan Solomon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gubernur Jenderal Solomon Islands
Raja Muda
[[Berkas:|100px]]

Menjabat:
Sir Frank Kabui

Gelar:
His Excellency
Ditunjuk oleh:
Queen Elizabeth II
as Ratu Solomon Islands
Raja muda pertama:
Sir Baddeley Devesi
Dibentuk:
7 Juli 1978

Gubernur-Jenderal Kepulauan Solomon adalah wakil dari Ratu Kepulauan Solomon, Elizabeth II. Ratu tidak berada di pulau-pulau, sehingga Gubernur Jenderal berfungsi sebagai kepala negara de facto dalam dia tidak ada.

Kepulauan Solomon adalah Commonwealth alam yang telah mempertahankan monarki kekuasaan mantan kolonial bangsa, Britania Raya, sebagai monarki sendiri yang berbeda. Para Gubernur-Jendral dari sebagian lainnya Persemakmuran alam ditunjuk atas saran Perdana Menteri wilayah masing-masing. Namun, di Kepulauan Solomon, Gubernur-Jenderal ditunjuk oleh monarki pada saran dari Parlemen Nasional untuk masa jabatan lima-tahun. Dalam prakteknya, ini berarti bahwa Gubernur Jenderal dipilih oleh parlemen.

Meskipun kantor yang cukup memegang kekuatan cadangan, sebagian besar simbolis tokoh posisi dengan sedikit sehari-hari terlibat dalam pemerintahan.

Arus Gubernur Jenderal Frank Kabui, seorang mantan hakim Pengadilan Tinggi,[1] yang terpilih pada tanggal 15 Juni 2009 setelah empat putaran pemungutan suara. Mr Kabui disurvei 30 suara, Andresen Edmund delapan suara dan Gubernur Jenderal keluar, Sir Nathaniel Waena tujuh suara.[2] Masa jabatannya akan berakhir pada 7 Juli 2014.

Sebelum kemerdekaan negara dan pembentukan kantor ini, pulau-pulau diperintah oleh seorang Gubernur dan Dewan Eksekutif.

Gubernur-Jenderal Kepulauan Solomon[sunting | sunting sumber]

Syarat awal dan akhir pada 7 Juli.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Templat:Solomons-stub