Daerah aliran sungai di Iran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sungai-sungai Iran merupakan air permukaan dan aliran yang saling terhubung dan arusnya menuju ke laut, rawa (tawar/payau/asin) dengan mengikuti iklim, topografi, dan jenis tanah di enam aliran sungai Iran. Beberapa sumber sungai di Iran berasal dari dalam dan sebagiannya di luar perbatasan negara ini.

Dalam sistem drainase, DAS (Daerah Aliran Sungai) utama Iran dibagi menjadi beberapa bagian, sebagai berikut:

DAS Laut Kaspia[sunting | sunting sumber]

Daerah Aliran Sungai (DAS) air Laut Kaspia dengan sungai Aras, Sefidrud, Atrak dan Gorganrud merupakan elemen terpenting di bagian ini dengan lebih dari 350 sungai kecil dan besar lainnya dengan lebar 174 hingga 200 meter dari utara Azerbaijan Barat ke utara Khorasan dan sebagian besar wilayahnya meliputi Provinsi Gilan, Mazandaran, Zanjan, Ardabil, Kurdistan dan termasuk sebagian kecil dari provinsi Qazvin, Teheran, Semnan dan Khorasan Razavi.

Laut Kaspia

Wilayah Kaspia memiliki tujuh sub-wilayah yang masing-masing memiliki kumpulan sungai dan perairan mikro. Aras dan Atrak adalah dua sungai perbatasan di barat dan timur laut Iran yang merupakan bagian dari perbatasan bersama Iran dengan Azerbaijan dan Armenia dan yang kedua merupakan bagian dari perbatasan Iran dengan Turkmenistan. Sumber dan pintu masuk kedua sungai ini ke Laut Kaspia terletak di luar perbatasan Iran. Sefidrud dengan 11 cabang utama dan 10 cabang pembantu dengan panjang 800 km dan luas 57.000 km adalah 2 anak sungai terbesar dari wilayah Laut Kaspia di Iran. Qarahsu (di Azerbaijan Timur dan Ardabil), Sungai Taleghan (di Teheran dan Qazvin), Sungai Zanjan (di Zanjan), Tajan, Haraz dan Talar (di Mazandaran) adalah sungai terpenting di wilayah Kaspia.

Teluk Persia

DAS Teluk Persia dan Laut Oman[sunting | sunting sumber]

DAS kedua Iran, di mana beberapa sungai termasuk satu-satunya sungai yang dapat dilayari di Iran, Karun mengalir adalah Teluk Persia dan Laut Oman dengan luas 425.100 km2. Di wilayah ini terdapat sembilan sub-wilayah yang calupan wilayahnya dimulai dari selatan Azerbaijan Barat (perbatasan Turki) dan mencakup semua provinsi perbatasan barat dan provinsi pesisir selatan hingga selatan provinsi Sistan dan Baluchestan (perbatasan Pakistan). Untuk lebih rinci cakupan daerah ini ialah Hormozgan, Bushehr, Khuzestan, Ilam, Lorestan, Chaharmahal, Bakhtiari, Kohkiluyeh, Boyer-Ahmad provinsi Kerman, Fars, Isfahan, Hamedan dan Kurdistan tercakup oleh wilayah ini. DAS Teluk Persia dan Laut Oman, sebagai DAS terbesar di Iran dan memiliki perbatasan air terbesar adalah dasar sungai yang terletak di barat dan barat daya Zagros, serta sungai di dataran tinggi yang terletak di selatan provinsi Fars.

Sungai-sungai terpenting di Teluk Persia dan Laut Oman adalah Sirvan, Karkheh, Karun, Dez, Jarahi, Zohreh, Haleh, Mond, Kol, Minab, dan Sarbaz. Sungai-sungai ini dan anak-anak sungainya yang jumlahnya lebih dari 700, semuanya mengalir ke Teluk Persia dan Laut Oman yang terhubung dengan perairan terbuka dunia. Hanya Sungai Zab kecil di titik paling utara wilayah yang memasuki wilayah Irak dan mengarah ke Danau Dukan. Karun sebagai sungai terpenting dari wilayah ini dengan panjang lebih dari 950 km dan wilayah 60.000 km2 adalah sungai terpanjang dan memiliki volume air terbanyak dari wilayah ini yang berasal dari Pegunungan Zagros dan setelah bergabung dengan Sungai Dez akhirnya ke Sungai Arvand Dan Teluk Persia.

DAS Danau Urmia[sunting | sunting sumber]

Danau Urmia

DAS Danau Urmia dengan 50850 km2 dan dengan delapan sub-wilayah di sekitar Danau Urmia merupakan dasar dari beberapa sungai yaitu Sungai Zarrineh dan Sungai Simineh (di Kurdistan utara), Lilan Chay, Sufi Chay dan Sungai Talkheh (di Azerbaijan Timur ), sungai Godar, Baranduz Chai, Shahr Chai, Nazluchay dan Zolachi (di Azerbaijan Barat). Semua sungai ini mengarah ke Danau Urmia yang merupakan perbatasan antara Azerbaijan Barat dan Timur. Talkheh Rud atau Ajichai berasal dari ketinggian Sabalan dan Sahand dan setelah melewati utara Tabriz dengan debit lebih dari Zarrineh Rud yang memasuki danau dari selatan, bergabung dengan Danau Urmia dari timur.

DAS Internal[sunting | sunting sumber]

Dataran tinggi tengah Iran dengan luas 841.400 km2 dan delapan sub-wilayah dari semua wilayah gurun Iran termasuk semua atau sebagian besar Yazd, Qom, Semnan, Kerman, Sistan, Baluchestan, Fars, Teheran, Qazvin, Markazi, Khorasan Razavi, provinsi selatan Dan semua arus permukaannya dibuang ke danau pedalaman, gurun, dan titik pusat. Sungai Jajroud, Karaj, Shoor, Qarachai dan Qom (di bawah wilayah danau asin), sungai Zayandeh (di bawah rawa Gavkhoni), sungai Kor (di bawah wilayah danau Bakhtegan), sungai Halil (di DAS Jazmourian), Hableh Rud, Garmsar, Sungai Neishabour dan Abbakhsha di Kerman dan Kal-e-Khartouran adalah sungai terpenting di bawah gurun Namak, dataran Lut, dan gurun tengah Iran.

DAS Timur dan Tenggara[sunting | sunting sumber]

DAS Iran Timur dengan tiga sub-wilayah mencakup sebagian besar wilayah perbatasan timur negara itu dari Khorasan Razavi hingga Sistan dan Baluchestan merupakan salah satu daerah terkering dan paling jarang terkena hujan di Iran. Sungai Helmand yang relatif kaya air berasal dari dataran tinggi Afghanistan (Helmand) membentuk bagian dari perbatasan tenggara Iran dengan Afghanistan yang memasuki provinsi utara Sistan dan Baluchestan dan akhirnya dibuang setelah mengairi dataran Sistan di Danau Hamoon di kota Zabul. Sungai-sungai terpenting di wilayah ini dengan luas yang setara dengan 106312 km2 adalah: Sianjan, Gozo, Tehlab, Simsh Rud, Ladiz, Tamab, Jaleq, Sib Soran dan Saravan. Sungai-sungai ini termasuk sungai musiman dan sungai sepanjang tahun. Mashkil dan Kal-e-Shor juga merupakan sungai penting di wilayah ini. Mashkil dibuang di Pakistan dan Kal-e-shor di Afghanistan.

DAS Timur laut Iran[sunting | sunting sumber]

DAS Iran Timur Laut dengan sub-wilayah yang disebut DAS Qarahqum dengan luas 4.4502 km2 terletak di dalam provinsi Khorasan Razavi dan Khorasan Utara serta berbatasan dengan Turkmenistan dan Afganistan. Sungai Dungar, Sungai Jam, Sungai Kashf dan Sungai Rus adalah sungai terpenting dari daerah tangkapan ini yang masuk ke gurun Qarahqum di Turkmenistan secara langsung. Sungai Kashf adalah sungai terpenting di wilayah ini, yang berasal dari ketinggian Binalood dan Masjid Hezar serta melewati utara Masyhad, ia bergabung dengan sungai perbatasan Harirod.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  1. Atlas of Geology (National Atlas of Iran). Edisi 2. Tehran: Badan Pemetaan Nasional. 2003. Hal.8,9.10,11.
  2. Ja’fari, Abbas. Iranian Geology. Jilid II. Sungai-sungai Iran. Edisi 2. Tehran: Geologi. 2000. Hal.24-29,37,38,64-67.
  3. Geographical Culture of the Country's Rivers. Jilid IV: DAS Teluk Persia dan Laut Oman. Edisi 1. Tehran: Badan Geografis Angkatan Bersenjata. 2005. Hal. 1.
  4. Klinsley, Daniel. Deserts of Iran. Doktor Abbas Pashaei (ed). Edisi 1. Tehran: Badan Geografis Angkatan Bersenjata. 2002. Hal.27.
  5. Organisasi Penelitian dan Perencanaan Pendidikan. Geography of Sistan and Baluchestan Province. Edisi 1. Tehran: Penerbit buku pelajaran bahasa Iran. 2002. Hal.26,62.
  6. Geographical Culture of the Country's Rivers. Jilid V: Iran Timur dan DAS Qarahqom. Edisi 1. Tehran: Badan Geografis Angkatan Bersenjata. 2005. Hal.1,73.
  7. Badan Penelitian dan Perencanaan Pendidikan. Geography of Khorasan Razavi province. Edisi 1. Tehran: Penerbit buku pelajaran bahasa Iran. 2005. Hal.22-24.