DASA

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Luftwaffe Tornado ECR

DaimlerChrysler Aerospace AG (disingkat DASA) adalah sebuah perusahan dirgantara Jerman. Sejak tahun 2000 perusahaan ini telah bergabung dengan Aerospatiale-Matra Prancis dan Construcciones Aeronáuticas SA (CASA) Spanyol untuk membentuk European Aeronautic Defence and Space Company (EADS.)

Didirikan pada 19 Mei 1989 sebagai Deutsche Aerospace AG, bundelan dari elemen angkasa dan aeronatik Daimler-Benz (termasuk Dornier Luftfahrt), Messerschmitt-Bölkow-Blohm (MBB), MTU München, and Telefunken Systemtechnik (TST)

Pada 1992, divisi helikopter bergabung ke divisi helikopter Aerospatiale untuk membentuk Grup Eurocopter.

Pada 1993 Mig Aircraft Support GmbH didirikan dengan DASA memegang 50% saham. Perusahaan ini menjalani peningkatan 24 Mig-29 ke standar NATO. Pesawat ini merupakan warisan dari bekas Jerman Timur setelah penyatuan negara tersebut.

Sebagai bagian dari konsorsium Eurofighter, DASA memproduksi seksi "fuselage" tengah dari seluruh pengembangan pesawat (DA) mulai dari DA1 yang memulai penerbangan pertamanya dari fasilitas DASA di Manching pada Maret 1994. DASA bertanggung jawab untuk peningkatan hidup tengah (MLU) dari armada Jerman Panavia Tornado, mirip dengan peningkatan Angkatan Udara Britania Raya GR4.

Memiliki keahlian dalam pesawat Jerman dan NATO DASA menjadi ahli dalam peningkatan banyak pesawat sekutu, termasuk F-4 Phantom dan E-3 Sentry.

Diubah namanya pada 1 Januari 1995 menjadi Daimler-Benz Aerospace AG, pada 7 November 1998 menjadi DaimlerChrysler Aerospace AG. Siemens Sicherungstechnik bergabung pada 1997.

Pada 10 Juli 2000 DASA bergabung dengan Aerospatiale-Matra Prancis dan Construcciones Aeronáuticas SA (CASA) Spanyol untuk membentuk European Aeronautic Defence and Space Company (EADS). DASA kini beroperasi sebagai EADS Jerman.