D37D (komputer penerbangan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Komputer penerbangan D37D Minuteman III awalnya dilengkapi dengan rudal LGM-30G, sebagai bagian dari sistem navigasi NS-20. Komputer penerbangan NS-20 D37D adalah komputer digital miniatur untuk keperluan umum (transmisi serial). Komputer pemandu rudal (MGC) NS-50 yang baru dibangun dengan set chip mikroprosesor berkecepatan tinggi 16-bit. Keduanya dirancang untuk memecahkan masalah kesalahan posisi secara real-time dalam kondisi buruk yang dihadapi dalam sistem senjata lintas udara. Mereka menerima dan memproses data serta menghasilkan sinyal kemudi dengan akurasi dan kecepatan yang cukup untuk memenuhi persyaratan sistem panduan inersia dan kontrol penerbangan ICBM Minuteman.

Pengoperasian komputer dikendalikan oleh program yang disimpan secara internal yang dimuat dari kartrid pita magnetik di fasilitas peluncuran (LF). Baik komputer D37D dan MGC dirancang dan diprogram untuk mengendalikan rudal Minuteman III di seluruh bagian penerbangan bertenaga. Setelah penghentian daya dorong, mereka juga mengontrol PBV untuk fase penerapan kendaraan masuk kembali (RV). Selain itu, mereka mengontrol penyelarasan platform inersia dan menguji/memantau sistem panduan & kontrol (G&C) dan komponen lainnya untuk menentukan kesiapan lanjutan saat rudal berada dalam status waspada. Komputer D37D mulai digantikan oleh MGC pada tahun 2000 sebagai bagian dari Program Penggantian Panduan (GRP), dengan rencana penggunaan hingga tahun 2008. MGC menggabungkan fungsi perakitan amplifier.

Ketika peluncuran diperintahkan, pengujian ulang sistem G&C dilakukan sebelum memasuki program penerbangan. Selama penerbangan, komputer menggunakan sikap rudal, laju perubahan sikap, dan masukan sinyal kecepatan untuk menyelesaikan serangkaian persamaan panduan, kemudi, dan kontrol. Ini juga menghasilkan perintah kemudi rudal dan mengontrol pementasan dan penghentian dorong. Terakhir, komputer menentukan apakah akan memberikan sinyal awal ke hulu ledak atau tidak. Keputusan awal didasarkan pada pemeriksaan keselamatan penerbangan yang dilakukan selama penerbangan bertenaga.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ICBM Prime Team, TRW Systems. Minuteman weapon system history and description. July 2001. Prepared for: Intercontinental Ballistic Missile (ICBM) System Program Office (SPO), Hill AFB, Utah 84056.
  2. R Tura. Aerospace computers in the 1980s. Proceedings of the IEEE 1998 National Aerospace and Electronics Conference, NAECON 1998, 13-17 Jul 1998, Page(s): 26 - 31.
  3. Stewart B. Larsen. History of Minuteman system update. 33rd AIAA/ASME/SAE/ASEE Joint Conference & Exhibit, July 6–9, 1998.