Curug Silawe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Curug Silawe
Air terjun Silawe di musim hujan
LokasiDesa Kajoran, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia
TipePlunge
Tinggi total60 meter (197 ft)
Anak sungaiSungai Tangsi

Curug Silawe merupakan salah satu air terjun setinggi sekira 60 meter yang berada di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Terletak di Dusun Kopeng, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran. Air terjun Silawe terletak di lereng tenggara Gunung Sumbing pada ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan air laut. Air terjun Silawe terletak sekitar 20 km di sebelah barat Kota Magelang.[1]

Panorama[sunting | sunting sumber]

Dinamakan Silawe karena air terjun ini seperti Lawe (Sarang laba-laba dalam Bahasa Jawa), ada pula yang menyebut berasal dari kata Selawe (dua puluh lima dalam bahasa jawa). Di sekitarnya terdapat air terjun lain yaitu air terjun Sigong karena pada malam-malam tertentu sering kali mengeluarkan bunyi seperti bunyi gong. Air terjun ini berada di aliran anak Sungai Tangsi dengan debit air yang cukup deras. Namun pancaran uap airnya bisa dirasakan dari jarak 100 meter terutama saat musim penghujan. Dibawah guyuran airnya terdapat kolam kecil yang dibatasi bebatuan besar. Suasananya rindang dikelilingi pohon terutama pohon bambu.

Akses[sunting | sunting sumber]

Untuk mencapai objek wisata air terjun Silawe terdapat dua jalur yaitu Kota Magelang-Bandongan-Kaliangkrik-Kajoran dan Kota Magelang-Salaman-Kajoran. Akses jalan sudah beraspal hingga sesaat masuk Dusun Kopeng dan untuk menuju air terjun. Selanjutnya hanya bisa dilalui kendaraan roda dua atau satu lajur roda empat dengan medan cukup menanjak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]