Cross Fire

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Cross-fire adalah sebuah game FPS atau First-Person Shooter yang dibuat oleh satu perusahaan game di Korea,yaitu Neowiz dan Smile Gate lalu disambungkan ke sebuah server di Indonesia sehingga saat ini Cross-fire ini atau yang disingkat CF bisa dimainkan di Indonesia. Penggunanya sudah cukup banyak dan dapat bermain dengan orang lain yang berada di luar negeri.

Cerita Cross Fire[sunting | sunting sumber]

Black List[sunting | sunting sumber]

Black List adalah organisasi tentara bayaran yang mendukung dan menjalankan aksi perusakan. Pendirinya tidak diketahui dan organisasi ini sangat rahasia. Walaupun begitu, mereka adalah organisasi yang bebas dari peraturan dari suatu Negara. Black List dibiayai oleh Hedge Fund, sebuah perusahaan penjual berlian di suatu Negara Eropa. Klien mereka umumnya adalah negara-negara tertindas dan miskin.

Global Risk[sunting | sunting sumber]

Global Risk adalah organisasi militer tanpa identitas nasional dan beranggotakan mantan prajurit dari Special Forces. Didirikan oleh Sir Alex Roid, seorang anggota pensiunan SAS milik Angkatan Udara Inggris. Kemudian seorang pebisnis dari Amerika berkebangsaan Australia, Michael Norman, ikut membentuk organisasi ini menjadi organisasi bisnis. Dengan dasar prinsip pribadinya yaitu perdamaian dan kerjasama di dunia, Global Risk mengimplementasikan pembasmian terorisme dengan operasi rahasia.

Mode Game[sunting | sunting sumber]

Search & Destroy[sunting | sunting sumber]

Tim dinyatakan menang dengan membunuh semua anggota lawan atau menyelesaikan misi (seperti meledakkan C4 dan menjinakkan C4).

Dari 5 sampai 27, tim yang pertama mencapai angka tersebut adalah pemenang pertandingan. Mode ini membutuhkan strategi dan taktik tim yang baik.

Team Death Match[sunting | sunting sumber]

Tim yang telah mencapai batas poin yang telah ditentukan terlebih dahulu dinyatakan sebagai pemenang. Atau tim yang mempunyai jumlah poin membunuhnya lebih besar di akhir batas waktu yang telah ditentukan adalah pemenangnya.

Setiap beberapa saat kamu dapat langsung bangkit (respawn) di markasmu tanpa harus menunggu.

Elimination[sunting | sunting sumber]

Hampir sama dengan Team Death Match, disini setiap tim harus mengalahkan semua anggota lawan. Bedanya dengan Team Death Match adalah kedua tim tidak dapat langsung bangkit (respawn) dan harus menunggu ronde berakhir, sampai orang terakhir dari salah satu tim tersisa.

Dari 5 sampai 13 ronde, tim yang mencapai batas poin yang telah ditentukan dinyatakan sebagai pemenang.

Ghost Mode[sunting | sunting sumber]

Mode paling baru dan unik. Tim Black List hanya memiliki pisau, tapi keistimewaannya adalah mereka dapat menghilang dan dapat menyerang lawan sambil menghilang,dan dapat menggunakan sebuah teknik,yaitu "Bunny Hop". Mereka mempunyai misi menghancurkan target dengan C4. Tim Global Risk dapat menggunakan semua senjata yang tersedia untuk mencegah penghancuran oleh Black List.

Letak ketegangan adalah Tim Global Risk hanya dapat melacak jejak anggota Black List dengan bayang-bayang semu karakter Black List, suara langkah, suara napas, atau percikan genangan air.

Free for All[sunting | sunting sumber]

Mode terbaru yang dibuat berdasarkan sistem "One Man Army", dimana setiap prajurit dituntut untuk menjadi yang terbaik dengan cara mengeliminasi seluruh rivalnya hingga mencapai batas tertentu.

Tanpa kawan, tanpa tim, hanya musuh yang ada di sekelilingmu. Setiap beberapa saat kamu dapat langsung bangkit (respawn) di tempat yang berbeda (random) tanpa harus menunggu.

Zombie Mode, Hero Mode, dan Hero-X (Zombie Terminator)[sunting | sunting sumber]

Mode Zombie adalah update mode terbaru di Cross Fire Indonesia. Tidak ada pembagian tim Black List dan Global Risk. Saat seluruh prajurit terjun ke medan perang Zombie Mode, di setiap ronde 1 atau 2 pemain (tergantung dari jumlah maksimal pemain di room) akan dipilih secara random menjadi Zombie Master.

Selain itu juga akan dipilih 1 player yang akan menjadi hero yang bersenjata Automatic Rifles dan Granade Launcher yang berdamage lumayan besar.

Mereka yang terpilih menjadi Zombie Master harus berusaha memenangkan ronde dengan memutasi seluruh prajurit lain yang ada menjadi Zombie, sementara para prajurit harus tetap bertahan hidup sampai akhir ronde, atau mengalahkan seluruh Zombie dan Zombie Master yang ada.

Tidak mudah bagi prajurit, karena para Zombie walau hanya dipersenjatai cakar Nanoknife, Zombie hanya perlu menyerang dengan 1 kali serangan untuk memutasi prajurit (kecuali Hero dan prajurit yang memakai zombie armor yang hanya dapat di mutasi dengan 2 kali serangan) akan menjadi Zombie, dan para zombie memiliki HP yang sangat banyak.

Dalam game, box suplai berisi senjata dan amunisi akan muncul dan dapat diambil hanya oleh prajurit untuk mempersenjatai diri melawan Zombie. Isinya biasanya berupa Zombie grenade atau Submachine gun.

Dalam mode Hero-X (Zombie Terminator), 1 pemain akan di pilih menjadi Zombie Terminator, dan ketika para prajurit yang belum termutasi tersisa sedikit maka akan terpilih secara otomatis pasukan lainnya akan menjadi Hero-X (Sentinel) untuk membantu prajurit melawan zombie. Tidak seperti Hero Mode yang menggunakan senjata Assault, Hero dalam mode ini menggunakan senjata melee. Hero akan K.O. jika di serang Zombie Terminator atau Zombie lain sebanyak 3 kali.

Zombie Land[sunting | sunting sumber]

Di mode ini prajurit harus berusaha bertahan hidup dari serangan zombie yang variatif.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah karakter-karakter yang terdapat pada game Crossfire:

OMOH[sunting | sunting sumber]

OMOH juga dikenal sebagai “Baret Hitam” atau juga “Pembunuh Mafia”. Mereka beroperasi sebagai Polisi Satuan Khusus di Rusia. OMOH didirikan pada tahun 1987 dengan bertujuan untuk menahan aksi teroris dan gangster yang merajalela di Rusia.Tugas utama mereka adalah menghentikan penyelundupan obat-obatan terlarang dan kejahatan yang kejam. Pada Oktober 2002, Pemberontak Czech melakukan penyanderaan warga sipil di sebuah teater di Moskow. OMOH pada waktu itu bertugas untuk mengambil alih keamanan dan menyelamatkan para sandera.

SAS[sunting | sunting sumber]

Special Air Service (SAS) adalah sebuah unit pasukan khusus di dalam Angakatan Darat Inggris Raya yang telah menjadi model dan inspirasi bagi berbagai pasukan khusus di negara-negara lain. SAS juga sangat terkenal di dunia karena keterampilan mereka dalam menundukan lawan dan kesanggupannya turun ke berbagai macam operasi. SAS terkenal dengan proses penyeleksian dan penerimaan anggota yang super ketat. SAS bertanggung jawab untuk mengatasi konflik internasional yang berhubungan dengan Inggris.

S.W.A.T[sunting | sunting sumber]

Di awal tahun 1960, LAPD ( Los Angeles Police Department) dan FBI memulai organisasi sistem militer gabungan untuk mengatasi angka kejahatan yang meningkat di Los Angeles. Hasilnya adalah terbentuknya S.W.A.T (Special Weapon And Tactics). Daryl F. Gates, Komandan LAPD dianugerahi penghargaan dengan terbentuknya S.W.A.T. dan selanjutnya terus berkembang. Pada 1971, S.W.A.T menjadi organisasi dengan struktur permanen: kesatuan kecil beranggotakan 6 prajurit, dan kesatuan menengah beranggotakan 60 prajurit. Kontribusi besar mereka mengundang daya tarik dan rasa kagum di saat Olimpiade 1984 di Los Angeles.

SPOP[sunting | sunting sumber]

SPOP adalah kesatuan spesial yang didirikan untuk memerangi aktivitas terorisme dan ancaman-ancaman serius. Mereka dikenal dengan bayarannya yang tinggi sebagai imbalan jasanya.

GSG9[sunting | sunting sumber]

GSG9 adalah kesatuan Spesial Polisi Jerman, dibentuk atas reaksi serangan teroris Olimpiade Munich pada tahun 1972.Spesialisasi GSG9 mencakup operasi penyelamatan sandera, terorisme dalam negeri, dan penegak hukum

SOV[sunting | sunting sumber]

SOV (Secret Officer Valkyrie) adalah kode nama, yang diberikan untuk wanita misterius terbaik pada misi yang sangat rahasia, khususnya dalam bidang pembunuhan tersembunyi.

SPOP-X[sunting | sunting sumber]

SPOP memiliki sejarah cemerlang dalam tentara bayaran. Ada beberapa grup di kesatuan ini, yang disebut "X" Mereka adalah tentara bayaran terbaik karena diperkirakan sebagai elit tertinggi di unit mereka.

Black RAVEN[sunting | sunting sumber]

Black Raven dibentuk sebagai tentara bayaran anti teror universal dengan tentara spesial terbaik pilihan.

S.W.A.T. Venus (Squad Venus)[sunting | sunting sumber]

Squad Venus adalah bagian khusus dari Tim SWAT yang seluruh anggotanya adalah wanita - wanita terlatih untuk operasi penyelamatan sandra.

Karakter Zombie[sunting | sunting sumber]

Normal Zombie[sunting | sunting sumber]

Normal Zombie adalah zombie default yang memakai senjata cakar logam. Zombie ini memiliki skill menambah kecepatan lari.

Smoke Zombie[sunting | sunting sumber]

Smoke Zombie adalah zombie terbesar. Serangan zombie ini yang paling lambat di bandingkan Nurse Zombie , menggunakan lengan kanannya sebagai serangan primer dan bor pada lengan kirinya sebagai serangan sekunder. Zombie ini memiliki skill mengeluarkan asap hitam.

Nurse Zombie[sunting | sunting sumber]

Nurse zombie adalah zombie satu satunya yang bergender perempuan dan ia memiliki kecepatan gerakan lebih cepat dan dapat melompat lebih tinggi dari zombie yang normal, yang memungkinkan dirinya untuk mencapai platform (tempat) yang lebih tinggi dengan mudah. Zombie ini memiliki skill menghilang.

Hulk Zombie[sunting | sunting sumber]

Hulk Zombie adalah zombie default,(hanya di Cross Fire Canada) yang memakai tangan sebagai senjata dengan meninju.Memiliki skill seperti Normal Zombie.

Assasin Zombie[sunting | sunting sumber]

Assasin adalah zombie terkecil, yang menggunakan senjata melee yang berbentuk seperti lambang Batman. Memiliki skill melempar granat gravitasi yang membuat orang di atas tempat akan jatuh.

Terminator Zombie[sunting | sunting sumber]

Terminator Zombie adalah zombie dalam map zombie terminator secara default terpilih pada map tersebut. Skill pada zombie ini adalah bisa mengeluarkan semacam aliran listrik, jika terkena aliran listrik tersebut maka prajurit akan berubah menjadi zombie, selian itu skillnya adalah seperti penghalang bulat di sekitar zombie terminator tersebut berguna agar bisa meredam senjata para prajurit yang GIGOLO

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]