Cromboloni

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Cromboloni atau New York Roll merupakan dua gabungan pastri, yaitu kroisan dan bomboloni.[1] Kroisan, pastri yang berlapis-lapis terbuat dari mentega dan lemak. Bomboloni, donat asal Italia tanpa lubang. Populer di media sosial, ratusan ribu tayangan bisa ditemukan di TikTok. Terbuat dari adonan kroisan berbentuk lingkaran, diisi dengan krim pastri, bagian atas diberi aneka toping.

Tekstur cromboloni mirip dengan pastri pada umumnya, garing dan renyah dengan isian pasta aneka rasa, seperti cokelat, vanila, teh hijau, dan lainnya. Penggabungan dua teknik, yakni pastri dan bomboloni, membuat kue ini disebut cromboloni.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Diciptakan oleh Scott Cioe yang menjual di toko kuenya Lafayette Grand Cafe and Bakery[3], Amerika Serikat, sejak tahun 2022 dengan nama The Supreme atau New York Roll. Pembuatan pastri ini terhitung rumit. Dibutuhkan tiga hari untuk prosesnya, mulai dari membuat adonan, proses laminasi, hingga pembakaran.[4]

Cromboloni sudah bisa ditemukan di banyak kota di Prancis, seperti Paris, Nantes, Amiens, Strasbroug. Ada di Montreal, Kanada. Akhir tahun 2023, cromboloni viral di Indonesia. Sejumlah toko roti terkenal di Jakarta, Bandung, hingga Solo menjual cromboloni dengan harga bervariasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chahyanti, Dhina. "Asal Usul Cromboloni, Kue Pastry yang Tengah Viral - TIMES Indonesia". timesindonesia.co.id. Diakses tanggal 2024-02-16. 
  2. ^ Media, Kompas Cyber (2023-12-03). "Cromboloni, Pastry Viral Perpaduan Kroisan dan Bomboloni". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2024-02-19. 
  3. ^ Correspondents, B. N. N. "Cromboloni: Indonesia's Viral Pastry Sensation". bnnbreaking.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-16. 
  4. ^ "Apa Itu Cromboloni, Makanan yang Lagi Viral di TikTok". Nibble. Diakses tanggal 2024-02-16.