Cosima Wagner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cosima Wagner
Cosima Wagner pada tahun 1879, dilukis oleh
Franz von Lenbach
Bayreuth Festival director
Nama lahir Francesca Gaetana Cosima Liszt
Lahir 24 Desember 1837
Meninggal Templat:Death-date and age

Cosima Wagner, lahir Francesca Gaetana Cosima Liszt (lahir 24 Desember 1837 – meninggal 1 April 1930 pada umur 92 tahun)adalah putri dari pianis dan komposer asal Hungaria, Franz Liszt. Dia menjadi istri kedua dari komposer asal Jerman, Richard Wagner, dan dengan suaminya ia mendirikan Festival Bayreuth sebagai sebuah karya untuk karya panggung, setelah kematiannya ia mengabdikan sisa hidupnya untuk mempromosikan musiknya dan filosofinya. Pengamat telah mengakui Cosima sebagai inspirasi utama untuk karya terakhir Wagner, terutama Parsifal.

Pada tahun 1857, setelah masa kanak-kanak sebagian besar dihabiskan di bawah asuhan neneknya dan dengan seorang pengasuh, Cosima menikah dengan konduktor Hans von Bülow. Meskipun pernikahan menghasilkan dua anak, itu sebagian besar merupakan hubungan tanpa cinta, dan pada tahun 1863 Cosima mulai menjalin hubungan dengan Wagner, yang 24 tahun lebih tua. Dia menikah pada tahun 1870, setelah kematiannya pada tahun 1883 dia mengarahkan Festival Bayreuth selama lebih dari 20 tahun, meningkatkan repertoar untuk membentuk kanon Bayreuth dari sepuluh opera dan mendirikan festival sebagai peristiwa besar dalam dunia teater musikal.

Selama kepemimpinannya, Cosima menentang inovasi teater dan menaati secara erat terhadap produksi asli dari karya-karya Wagner, pendekatan yang dilanjutkan oleh penerusnya jauh setelah ia pensiun pada tahun 1907. Dia membagikan keyakinan Wagner terhadap superioritas budaya dan ras Jerman, dan di bawah pengaruhnya, Bayreuth menjadi semakin diidentifikasi dengan antisemitisme. Ini adalah salah satu ciri dari Bayreuth selama beberapa dekade, memasuki era Nazi yang diikuti kematiannya pada tahun 1930. Dengan demikian, meskipun dia secara luas dianggap sebagai penyelamat festival, warisannya masih dianggap kontroversial.

Latar belakang keluargan dan masa kanak-kanak[sunting | sunting sumber]

Masa sekolah dan remaja[sunting | sunting sumber]

Pernikahan dengan Hans von Bülow[sunting | sunting sumber]

Dengan Wagner[sunting | sunting sumber]

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan

Kutipan

Bibliografi