Cosette

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ilustrasi Cosette di losmen Thénardiers di Montfermeil, dilukis oleh Émile Bayard (1837-1891).

Euphrasie "Cosette" Fauchelevant (lahir 1815), juga dikenal dengan "Ursule", "Lark" dan "Mademoiselle Lanoire", adalah karakter fiksi dalam novel Les Misérables karangan Victor Hugo.

Cosette merupakan putri dari Fantine dan kemudian menjadi anak angkat Jean Valjean. Setelah ibunya meninggalkannya, ia dirawat oleh Thénardiers. Di rumah Thénardiers, ia disiksa dan dieksploitasi. Setelah di adopsi oleh Valjean, Cosette tumbuh menjadi gadis yang cantik jelita dan anggun. Ia jatuh cinta pada seorang pelajar bernama Marius Pontmercy. Perlindungan dan cinta Cosette menjadi motivasi dasar bagi tindakan karakter protagonis utama dalam novel.

Deskripsi tokoh[sunting | sunting sumber]

Cosette adalah anak tidak sah Fantine. Setelah kelahirannya, ibunya menempatkannya di bawah perwalian Thénardiers. Di sana, ia hidup menderita: ia disiksa, dipukuli, dibiarkan kelaparan, dan dipaksa untuk bekerja di losmen mereka. Di bawah asuhan Thénardiers, Cosette tumbuh menjadi anak yang "kurus dan pucat," mengenakan kain kumal sebagai pakaian, dan ia mengidap kaligata di tangannya, dengan kulit yang memar dan memerah. Narator juga mengungkapkan bahwa "ketakutan menyebar di seluruh tubuhnya."

Setelah diadopsi dan dirawat oleh Jean Valjean, penampilan Cosette berubah drastis. Ia tumbuh menjadi gadis yang sangat cantik, sehat, berpakaian layak, dan berpendidikan. Cosette kemudian jatuh cinta kepada Marius Pontmercy. Cosette digambarkan memiliki rambut coklat, mata yang indah, pipi yang kemerahan, berkulit pucat, dan senyum yang berseri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]