Colgate-Palmolive

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Colgate-Palmolive Company
Jenis publik (NYSE: CL)
Industri/jasa produk konsumen
Kantor pusat New York City, New York, Amerika Serikat
Daerah layanan Seluruh dunia
Tokoh penting Ian M. Cook
(CEO)
Pendapatan $17.420 juta
Jumlah aset $13.876 juta
Situs web www.colgatepalmolive.com

Colgate-Palmolive Company (NYSE: CL) adalah sebuah perusahaan publik asal Amerika Serikat yang bergerak di industri produk konsumen.[1] Saat ini, markas pusat Colgate-Palmolive Company terletak di 300 Park Ave., New York City, New York, dan dipimpin oleh CEO Ian M. Cook.[1]

Pada tahun 2013, Colgate-Palmolive Company masuk dalam daftar Fortune 500, sebuah daftar peringkat perusahaan berdasarkan pendapatan kotornya yang dibuat oleh majalah Fortune setiap tahun.[1] Colgate-Palmolive Company berada dalam peringkat 167 (sebelumnya peringkat 165) dengan pendapatan sekitar $17.420 juta, keuntungan sebesar $2.241 juta, dan total aset sebesar $13.876 juta.[1]

Colgate-Palmolive Company fokus pada penyediaan produk-produk konsumen dengan dua segmen utama, yaitu Oral, Personal, and Home Care serta Pet Nutrition[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 1806, Henry W. Colgate membuka sebuah pabrik tepung kanji, sabun, dan lilin di Dutch Street di New York City dengan nama " William Colgate & Company." Pada 1840-an perusahaan ini mulai menjual produknya dalam ukuran individual dengan berat yang seragam. Pada 1857, William Colgate meninggal dunia dan perusahaannya berganti nama menjadi "Colgate & Company" di bawah pengelolaan Samuel Colgate, anaknya. Pada 1872, Colgate memperkenalkan Cashmere Bouquet, sabun wangi. Pada 1873, perusahaan itu memperkenalkan pasta giginya yang pertama, yaitu pasta gigi beraroma yang dijual dalam stoples kecil. Pada 1908 mereka mulai menjual pasta gigi dalam bentuk tube.

Di Milwaukee, WI, perusahaan B.J. Johnson Company membuat sabun yang dibuat sama sekali dari bahan dasar minyak kelapa dan minyak zaitun. Sabun ini cukup populer hingga perusahaannya kemudian berganti nama sesuai dengan bahan sabun ini, yaitu Palmolive[1].

Sebuah pabrik sabun di Kansas yang dikenal sebagai Peet Brothers bergabung dengan Palmolive dan berganti namanya menjadi Palmolive-Peet. Pada 1928, Palmolive-Peet bergabung dengan Colgate Company dan menciptakan Colgate-Palmolive-Peet Company. Pada 1953 nama "Peet" dibuang sehingga namanya berubah menjadi "Colgate-Palmolive Company" saja.

Pada permulaan era televisi, Colgate-Palmolive ingin bersaing dengan Procter & Gamble sebagai sponsor opera sabun. Meskipun perusahaan itu banyak mensponsori acara-acara TV, mereka paling terkenal sebagai sponsor penuh seri The Doctors.

George Henry Lesch menjadi presiden, CEO, dan ketua dewan pengurus Colgate-Palmolive pada 1960-an dan 1970-an.

Pada 2006, Colgate-Palmolive mengumumkan rencananya untuk mengakuisisi Tom's of Maine, sebuah perusahaan terkemuka pembuat pasta gigi alamiah, seharga AS$100 juta. Tom's of Maine didirikan oleh Tom Chappell pada 1970. Pengumuman ini banyak dipuji dan dikritik, dengan banyak pihak mempertanyakan mengapa perusahaan dengan kebijakan 'Pengujian tanpa menggunakan binatang' mau menjual dirinya kepada perusahaan lain yang melakukan pengujian pada binatang, meskipun hal itu tidak diharuskan oleh hukum. Namun, karena Colgate terfokus pada riset dan peningkatan mutu, pengujian mungkin hanya perlu unutk pengembangan inovatif, karena hal itu menjamin bahwa produk-produk yang dihasilkannya aman untuk manusia.


Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]