Cobra Kai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Cobra Kai
Tampilan judul dari episode pertama
Genre
Pembuat
  • Josh Heald
  • Jon Hurwitz
  • Hayden Schlossberg
BerdasarkanThe Karate Kid
oleh Robert Mark Kamen
Pemeran
Penata musik
  • Leo Birenberg
  • Zach Robinson
Negara asalAmerika Serikat
Bahasa asliInggris
Jmlh. musim5
Jmlh. episode50 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutif
  • William Zabka
  • Will Smith
  • James Lassiter
  • Caleeb Pinkett
  • Susan Ekins
  • Josh Heald
  • Jon Hurwitz
  • Hayden Schlossberg
  • Ralph Macchio
Produser
  • Katrin L. Goodson
  • Bob Wilson
SinematografiCameron Duncan
Penyunting
  • Nicholas Monsour
  • Jeff Seibenick
  • Ivan Victor
Pengaturan kameraKamera tunggal
Durasi22–48 Menit
Rumah produksi
DistributorSony Pictures Television
Rilis asli
Jaringan
Format gambar4K (UHDTV)
Format audio
Rilis2 Mei 2018 (2018-05-02) –
sekarang (sekarang)

Cobra Kai adalah serial televisi streaming bergenre drama-komedi seni bela diri asal Amerika Serikat dan merupakan sekuel dari film The Karate Kid oleh Robert Mark Kamen.[2] Serial ini dibuat oleh Josh Heald, Jon Hurwitz dan Hayden Schlossberg, dan dibintangi oleh Ralph Macchio dan William Zabka, yang mengulangi peran mereka sebagai Daniel LaRusso dan Johnny Lawrence dari film 1984 The Karate Kid. Menceritakan 34 tahun kemudian, Cobra Kai menampilkan kembali "Dunia Miyagi dari sudut pandang Johnny, keputusannya untuk membuka kembali dojo karate Cobra Kai, dan menyalakan kembali persaingan lamanya dengan Daniel.[3] Cobra Kai juga dibintangi oleh Courtney Henggeler, Xolo Maridueña, Tanner Buchanan, Mary Mouser, Jacob Bertrand, Gianni DeCenzo, Martin Kove, Peyton List, Vanessa Rubio dan Thomas Ian Griffith.

Serial ini memiliki penayangan yang tinggi di YouTube dan Netflix, dan telah mendapat pujian dari kritikus. Musim ketiga juga menerima nominasi untuk 'Outstanding Comedy Series' di Primetime Emmy Awards ke-73. Musim pertama ditayangkan di YouTube Red pada tahun 2018, dengan musim kedua menyusul pada tahun 2019. Setelah produksi musim ketiga selesai, YouTube memutuskan untuk berhenti memproduksi seri ini. Netflix mengakuisisi serial ini pada Juni 2020, dan merilis musim ketiga pada 1 Januari 2021.[4] Netflix memperbarui serial ini untuk musim keempat, yang dirilis pada 31 Desember 2021.[5][6] Pada Agustus 2021, sebelum pemutaran perdana musim keempat, seri ini diperbarui untuk musim kelima. Pada Januari 2023, serial ini diperbarui untuk musim keenam dan terakhir.[7]

Plot[sunting | sunting sumber]

Tiga puluh empat tahun setelah dikalahkan oleh Daniel LaRusso di Turnamen Karate All-Valley tahun 1984, Johnny Lawrence, sekarang berusia 50-an, bekerja sebagai tukang paruh waktu dan tinggal di sebuah apartemen di Reseda, Los Angeles, meninggalkan gaya hidup kaya di Encino. Dia memiliki seorang putra bernama Robby dari hubungan sebelumnya yang dia tinggalkan setelah kelahirannya. Setelah kehilangan pekerjaannya karena pertengkaran dengan salah satu kliennya, Johnny yang putus asa menggunakan karate untuk membela tetangga barunya yang masih remaja, Miguel Diaz, dari sekelompok pengganggu. Awalnya enggan, Johnny setuju untuk melatih karate Miguel dan memutuskan untuk membuka kembali dojo karate Cobra Kai sebagai kesempatan untuk mengenang kembali masa lalunya; Namun, tindakan ini membangkitkan kembali persaingannya dengan Daniel, yang sekarang menjadi pemilik dealer mobil yang sangat sukses, menikah dengan Amanda, dan memiliki dua anak: Samantha dan Anthony. Daniel menjalani gaya hidup kaya yang dia iri sejak kecil ketika dia tinggal di Reseda. Namun, setelah teman dan mentornya, Mr. Miyagi meninggal, perjuangan Daniel untuk terhubung secara bermakna dengan anak-anaknya telah mengganggu keseimbangan dalam hidupnya. Sementara itu, ibunya Lucille, menjadi sumber dukungannya yang lain.

Dojo Johnny menarik sekelompok orang yang diintimidasi yang menemukan persahabatan dan kepercayaan diri di bawah pengawasannya. Johnny mengembangkan ikatan dengan Miguel dengan cara yang menyerupai hubungan antara Daniel dan Tuan Miyagi. Filosofi Cobra Kai, sebagian besar tetap tidak berubah, meskipun Johnny mencoba menanamkannya dengan lebih terhormat daripada yang dilakukan John Kreese. Sebagai balas dendam terhadap ayahnya yang pergi, Robby meyakinkan Amanda untuk mempekerjakannya di dealer LaRusso dan mulai dekat dengan Daniel, yang awalnya tidak mengetahui asal usul Robby. Dia bahkan mempelajari jenis Karate Mr. Miyagi dengan Daniel dan akhirnya mulai berkencan dengan Samantha setelah dia putus dengan Miguel. Samantha akhirnya bergabung dengan dojo ayahnya, bersama dengan beberapa pembelot dari Cobra Kai. Miguel kemudian mulai berkencan dengan siswa Cobra Kai baru, Tory, yang menjadi saingan berat Sam. Upaya Johnny untuk mereformasi Cobra Kai terancam oleh kemunculan yang tak terduga dari Kreese, yang bercita-cita untuk membawa dojo kembali ke bentuk aslinya yang kejam, sehingga memicu konflik lebih lanjut antara dojo Daniel.

Musim ketiga berlangsung saat musim gugur 2018, dan menampilkan kembalinya karakter seperti Ali, Chozen dan Kumiko. Selanjutnya, musim keempat berlangsung antara Januari hingga Mei 2019, dan berkisar pada keputusan Daniel dan Johnny untuk menghabisi Kreese untuk selamanya dengan mempersiapkan dojo untuk Turnamen Karate All-Valley berikutnya. Namun, keadaan menjadi rumit ketika Kreese membawa masuk Terry Silver, rekan dan teman lamanya dari The Karate Kid Part III (1989), yang terbukti menjadi musuh yang lebih berbahaya dari Kreese sendiri. Musim kelima berlanjut pada tahun 2019, dan menampilkan upaya Daniel dan Johnny untuk menjatuhkan Cobra Kai, yang sekarang dijalankan oleh Silver menyusul kemenangan yang dicurangi Silver di Turnamen Karate All-Valley 2019 dan Kreese ditangkap setelah Silver menjebaknya atas percobaan pembunuhan. Daniel juga membawa mantan saingannya, Chozen dan Mike Barnes untuk meminta bantuan.

Pemain dan Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter Pemeran Musim
1 2 3 4 5
Pemain utama
Daniel LaRusso Ralph Macchio Utama
Johnny Lawrence William Zabka Utama
Amanda LaRusso Courtney Henggeler Utama
Miguel Diaz Xolo Maridueña Utama
Robby Keene Tanner Buchanan Utama
Samantha LaRusso Mary Mouser Utama
Eli "Hawk" Moskowitz Jacob Bertrand Pendukung Utama
Demetri Alexopoulos Gianni DeCenzo Pendukung Utama Pendukung
John Kreese Martin Kove Tamu Utama
Tory Nichols Peyton List Does not appear Pendukung Utama
Carmen Diaz Vanessa Rubio Pendukung Utama
Terry Silver Thomas Ian Griffith Does not appear Utama
Kenny Payne Dallas Dupree Young Does not appear Pendukung Utama

Episode[sunting | sunting sumber]

MusimEpisodeWaktu rilisJaringan
1102 Mei 2018 (2018-05-02)YouTube Red
21024 April 2019 (2019-04-24)YouTube Premium
3101 Januari 2021 (2021-01-01)Netflix
41031 Desember 2021 (2021-12-31)
5109 September 2022 (2022-09-09)

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Kelima musim Cobra Kai telah menerima ulasan dari kritikus yang positif. Di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes, seluruh seri menerima peringkat persetujuan 95%.[8] Pada Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, serial ini memiliki peringkat rata-rata 71 dari 100.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "'Cobra Kai' Moves to Netflix Ahead of Season 3 Premiere". Variety. June 22, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 15, 2020. Diakses tanggal July 25, 2020. 
  2. ^ Goldberg, Lesley (2021-01-01). "'TV's Top 5': How 'Cobra Kai' Could Expand Its 'Miyagi-verse'". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 2021-01-18. 
  3. ^ Haddad, Vincent (February 11, 2019). "Masculinity on the Mat". Public Books. Diakses tanggal October 19, 2019. 
  4. ^ Ramos, Dino-Ray (December 24, 2020). "Johnny Lawrence Switches 'Cobra Kai' Season 3 Release Date". Deadline Hollywood. Diakses tanggal December 24, 2020. 
  5. ^ Lussier, Germain (August 5, 2021). "Cobra Kai Season 4 Releases in December". Gizmodo. Diakses tanggal August 5, 2021. 
  6. ^ "Cobra Kai: Season 4 | Date Announcement | Netflix". YouTube. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-12-12. Diakses tanggal September 25, 2021. 
  7. ^ "Cobra Kai Season 6 Release Date, Premier, Cast, Plot And More!". BIIC News. 3 February 2023. 
  8. ^ "Cobra Kai". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 2021-12-29. 
  9. ^ "Cobra Kai". Metacritic. Diakses tanggal September 7, 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]