Cimanggu, Ngamprah, Bandung Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cimanggu
—  Desa  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Bandung Barat
Kecamatan Ngamprah
Luas 660 Ha
Jumlah penduduk -
Kepadatan -

Cimanggu adalah desa di kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.

DESA: CIMANGGU KECAMATAN: NGAMPRAH KABUPATEN: BANDUNG BARAT

KONDISI UMUM WILAYAH

KONDISI GEOGRAFIS Desa Cimanggu merupakan daerah yang terletak di Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Secara administratif daerah ini berbatasan dengan : Sebelah Utara  : Desa Cipada - Kecamatan Cisarua Sebelah Selatan : Desa Ngamprah – Kecamatan Ngamprah & Desa Suka Tani – Kecamatan Ngamprah Sebelah Barat  : Desa Bojong Koneng – Kecamatan Ngamprah Sebelah Timur  : Desa Pasir Langu – Kecamatan Ngamprah & Desa Pasirhalang – Kecamatan Cisarua

Luas Daerah Desa Cimanggu yaitu sekitar 660 Ha, yang terdiri dari 15 RW dan 40 RT.

KEADAAN TANAH, PENGGUNAAN TANAH DAN KONDISI AIR Keadaan tanah di desa cimanggu yang subur dan berwarna kehitaman sangat mendukung mata pencaharian para penduduk di desa cimanggu yang mayoritas adalah sebagai petani, hal itu terbukti hampir semua penduduk di desa cimanggu memiliki tanah pertanian (mulai dari pemilik tanah/ sawah, Penyewa/ penggarap, sampai buruh tani). Kondisi air yang lancar juga sangat mendukung lahan pesawahan yang menggunakan system irigasi. Sumber mata air di desa cimanggu yaitu berasal dari mata air dan tiga buah sungai, mata air yang ada jumlahnya sekitar 20 unit dan dimanfaatkan oleh sekitar 1738 kepala keluarga.

PERTANIAN DAN PETERNAKAN Lahan pertanian di desa cimanggu yang sangat subur dan lahan pertanian / perkebunan dan pesawahan yang masih sangat luas yaitu sekitar 156 Ha/m2 sangat mendukung penduduknya dalam bertani. Para warga Desa Cimanggu biasanya menanam lezet atau waluh karena selain mudah dalam perawatan, panennya pun tidak mengenal musim. Selain lezet, tanaman yang paling banyak dihasilkan setiap tahunnya adalah padi dan jagung. Tanaman-tanaman lain yang biasa ditanam adalah jenis kacang-kacangan, jenis ubi-ubian, tomat, bawang merah, kubis, mentimun, buncis, terong dan bayam. Tetapi ada juga penduduk yang selain bertani, mereka juga beternak. Adapun hewan yang biasa diternak adalah sapi yang berjumlah 300 ekor, kerbau berjumlah 30 ekor, ayam kampung berjumlah 570 ekor, domba berjumlah 800 ekor, anjing berjumlah 90 ekor dan kucing berjumlah 35 ekor.

KEPENDUDUKAN Jumlah penduduk desa cimanggu pada tahun 2008 adalah 5774 orang. Jumlah laki-laki yaitu sebanyak 2836 orang dan jumlah perempuan 2948 orang. Jumlah kepala keluarga adalah 1740 KK dengan tingkat kepadatan penduduknya adalah 200 per km. Di desa cimanggu masyarkatnya masih kurang peduli terhadap pendidikan, hal itu terbukti dari jumlah penduduk yang yang tamat SMP hanya 200 orang, tamat SMA sekitar 200 orang, tamat D3 8 orang dan tamat S1 hanya 4 orang. Mata pencaharian penduduk di Desa Cimanggu Kecamatan Ngamprah mayoritas adalah sebagai petani, jumlah penduduk yang bekerja sebagai petani adalah 1556 orang, buruh tani 556 orang, karyawan perusahaan swasta 40 orang dan sisanya bekerja di sector perdagangan dan kerajinan.

SARANA / PRASARANA Sarana pendidikan merupakan sektor yang sangat penting yang dapat mengembangkan pola kehidupan masyarakat Desa Cimanggu. Di Desa Cimanggu Terdapat 3 (Tiga) Sekolah dasar yang tersebar di RW 07 yaitu SDN Cimanggu, Di RW 03 yaitu SDN Pasir Huni dan di RW 04 yaitu SDN Giri Raharja, dan 1 (satu) SMP Bina Karya Ngamprah yang terdapat di RW 07. Masyarakat desa cimanggu sangat taat beribadah dan memegang teguh adat istiadat. Sarana peribadatan di desa cimanggu dengan jumlah mesjid sebanyak 15 buah dan mushola 8 buah. Sarana kesehatan untuk posyandu berjumlah 15 unit dengan puskesmas 1 unit dengan jumlah dukun terlati 3 orang dan bidan 1 orang. Hampir semua masyarakatnya sudah menggunakan penerangan listrik yaitu sekitar 1700 unit.