Child's Play 1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Child's Play
Childs Play.jpg
Theatrical Release Poster
Sutradara Tom Holland
Produser David Kirschner
Penulis Don Mancini (story)
Don Mancini and
John Lafia and
Tom Holland (screenplay)
Pemeran Catherine Hicks
Chris Sarandon
Brad Dourif
Alex Vincent
Dinah Manoff
Tommy Swerdlow
Jack Colvin
Neil Giuntoli
Musik Joe Renzetti
Sinematografi Bill Butler
Penyunting Roy E. Peterson
Distributor United Artists
Tanggal rilis 9 November 1988 (USA)
Durasi 87 min.
Bahasa Inggris
Anggaran $9,000,000 (prakiraan)
Pendapatan kotor $33,244,684 (USA)
Diikuti oleh Child's Play 2 (1990)

Child’s Play (sekarang dikenal sebagai Child’s Play 1) adalah sebuah film tahun 1988 yang dibuat oleh Don Mancini dan disutradarai oleh Tom Holland. Film ini sangat sukses dipasaran AS dan dunia. Film ini juga mempunyai empat sekuel, yaitu Child’s Play 2, Child’s Play 3, Bride of Chucky dan Seed of Chucky.

Pemain Film[sunting | sunting sumber]

  • Catherine Hicks sebagai Karen Barclay
  • Chris Sarandon sebagai Detective Mike Norris
  • Alex Vincent sebagai Andy Barclay
  • Brad Dourif sebagai Charles Lee Ray/voice of Chucky
  • Dinah Manoff sebagai Maggie Peterson

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Cerita dimulai saat detektif Mike Norris menembak Charles Lee Ray (alias Chucky) pada 9 November 1988. Namun sebelum tewas, Charles masuk kedalam sebuah toko mainan dan menemukan sebuah dus berisi boneka Good Guy dan menggunakan ritual voodoo untuk memindahkan jiwanya kedalam boneka tersebut.

Keesokan harinya, Andy Barclay dan ibunya Karen mulai muncul dalam cerita film ini. Andy (usianya saat itu enam tahun) menginginkan boneka Good Guy setelah ia melihat iklan TV-nya. Namun sang ibu tidak mengizinkan Andy membeli boneka tersebut, dan memutuskan untuk membeli mainan lain. Setelah melihat anaknya yang terus-terusan sedih, Karen akhirnya membeli boneka Good Guy dari pedagang loak, dimana boneka yang ia beli adalah boneka yang berisi roh Charles Lee Ray.

Malam harinya, Andy bermain dengan bonekanya itu, dan si boneka mengatakan pada Andy bahwa ia bernama Chucky. Teman Karen yang bernama Maggie merebut boneka tersebut saat akan dibawa oleh Andy tidur. Namun secara tiba-tiba boneka itu mengambil palu dan memukul Maggie. Maggie kemudian jatuh dari jendela kamar dan meninggal dunia. Pembunuhnya dikatakan anonym (karena Andy dan Chucky dirasa tidak masuk akal membunuh).

Hari berikutnya, Andy pergi bersama Chucky ke rumah Eddie. Ketika Andy berada di luar rumah, Chucky mengetahui bahwa Eddie masih hidup. Ia lantas menakuti Eddie dengan menjatuhkan lampu ke atas oven. Eddie yang sedang panik malah menembak rumah dan akhirnya rumah itu meledak, Eddie sendiri tewas terpanggang dalam rumah tersebut.

Kemudian Andy diperiksa oleh seorang psikater dan mengatakan bahwa anak ini malah mendekati TKP dengan sengaja, apakah ini masuk akal atau bukan, kata sang psikater tersebut. Karen percaya bahwa boneka Good Guy-lah yang memengaruhi Andy. Ia kaget saat menemukan boneka Chucky tidak terpasang batere. Dan ia semakin kaget saat mengetahui bahwa batere untuk Chucky masih utuh bersegel did us boneka tersebut. Langsung, Karen melempar boneka tersebut kedalah tungku perapian, namun tiba-tiba Chucky hidup dan mengigit tangan Karen. Karen kemudian lari dari apartemennya. Ia lantas menghubungi Mike Norris, yang sedang menginvestigasi kematian Maggie.

Norris yang sebelumnya tidak percaya cerita Karen akhirnya juga diteror oleh Chucky. Ia berhasil kabur setelah menembak boneka tersebut

Chucky kemudian menemui John, yaitu guru voodoo-nya, dan bertanya kenapa ia berdarah saat ditembak. John kemudian berkata bahwa semakin lama Charles terjebak dalam boneka maka ia akan sedikit demi sedikit berubah menjadi jiwa manusia seutuhnya. Satu-satunya cara adalah dengan mengembalikan jiwa Charles kepada orang yang pertama ia temui (yaitu Andy). John kemudian mencoba untuk mencegah Chucky pergi kembali ke Andy, namun gagal, dan ia malah dibunuh oleh Charles.

Tak lama berselang, Karen dan detektif Norris pergi ke rumah John dan menemukan John dalam keadaan sekarat. Sebelum meninggal, John mengatakan bahwa boneka Chucky tersebut hidup. Ia mempunyai hati manusia seutuhnya dan berbahaya jika ia dibiarkan hidup.

Andy kemudian kabur dari klinik psikater. Chucky membunuh dokter. Sementara Mike dan Karen segera bergegas ke apartemen untuk menemui Andy. Mereka berdua menemukan Chucky sedang bersiap memindahkan jiwanya kedalam tubuh Andy. Namun akhirnya gagal setelah berhasil dicegah oleh Mike dan Karen. Selanjutnya Chucky memadamkan listrik dan sambil membawa pisau ia berkata “Andy, kita adalah teman sampai mati, ingatkah kau akan hal itu?”. Andy membalas: “Ini sudah berakhir teman!” dan lansgung melemparkan kayu api ke tungku perapian. Andy dan Karen yang menyangka Chucky telah mati kemudian menolong Mike Norris. Namun ketika Andy menyiapkan kotak P3K ia menemukan Chucky masih hidup. Karen kemudian menembak Chucky dan kena dibagian kepala, kaki, dan lengan, namun gagal untuk menembak hatinya

Setelah beberapa polisi lain datang, beberapa boneka lain dibangkitkan oleh Chucky supaya menyerang polisi. Namun ia lupa pada Mike Norris yang akhirnya berhasil menembak Chucky di hatinya. Dan Chucky alias Charles Lee Ray untuk sementara tewas.

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Child’s Play menganggarkan uang sekitar 9 juta dolar untuk biaya produksi. Ketika pertama diputar di bioskop (kurang lebih 1.377 bioskop), film ini mendapat keuntungan hampir 6,5 juta dollar. Selama pemutarannya di AS, film ini mendapat untung sebanyak 33,2 juta dollar. Sementara didunia, film ini mendapat untung sekitar 44 juta dollar.

Tempat Shotting[sunting | sunting sumber]

Child’s Play 1 mengambil tempat syuting di lokasi dibawah ini:

  • Chicago, Illinois (on location): Disini adalah tempat syuting yang dipakai oleh Andy dan Karen serta detektif Mike Norris dalam menghadapi terror Chucky
  • Culver City, California (in studio)

Remake[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 20 Oktober 2007, David Kirchner, sang produser film Child’s Play 1 berencana untuk membuat film Chucky yang baru, yang sebenarnya merupakan remake dari film orsinil seri pertama ini. Don Mancini sang penulis cerita Child’s Play juga setuju dengan ide tersebut. Bahkan Brad Dourif akan dipakai lagi sebagai pengisi suara Chucky.

Yang berbeda dengan Chucky versi orisinil adalah di film Chucky versi baru ini, sang boneka akan digerakkan secara animatronic (mirip seperti dalam film Transformers). Sementara di versi asli, boneka Chucky digerakkan dengan CGI.

Belum jelas kapan film ini akan dirilis. Beberapa rumor mengatakan bahwa tahun 2008 ini film Chukcy tersebut akan dilempar ke bioskop. Tapi menurut beberapa sumber yang lain, film Chucky tersebut akan dirilis pada 2009 nanti.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]