Chapter One: The Vanishing of Will Byers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chapter One: The Vanishing of Will Byers
Episode Stranger Things
Nomor episodeMusim 1
Episode 1
SutradaraThe Duffer Brothers
PenulisThe Duffer Brothers
Durasi49 menit
Kronologi episode
← Sebelumnya
Selanjutnya →
"Chapter Two: The Weirdo on Maple Street"

"Chapter One: The Vanishing of Will Byers" (awalnya berjudul "Montauk Pilot") adalah episode perdana dari serial televisi horor fiksi ilmiah Amerika Serikat, Stranger Things. Episode ini dirilis bersamaan dengan semua episode musim pertama pada 15 Juli 2016 di Netflix.

Plot[sunting | sunting sumber]

Di sebuah laboratorium di pinggiran Hawkins, Indiana pada 6 November 1983, seorang ilmuwan terlihat berusaha melarikan diri dari monster yang tak terlihat. Namun, monster itu menyerangnya di lift dan membunuhnya.

Saat berkendara pulang di malam hari dari bermain Dungeons & Dragons selama sepuluh jam, Will Byers berkendara menggunakan sepeda melalui hutan, tetapi diculik dan hilang. Ketika ibu Will, Joyce dan saudara laki-lakinya, Jonathan menyadari bahwa dia hilang keesokan paginya, mereka pergi ke Kepala Polisi Jim Hopper, yang memberi tahu mereka bahwa Will kemungkinan telah diculik oleh ayahnya atau hanya melarikan diri. Joyce menyangkalnya, dan Hopper akhirnya memutuskan untuk mencari Will di hutan tempat dia menghilang.

Sementara itu, seorang gadis dengan kepala hampir botak keluar dari hutan yang sama dan masuk ke restoran lokal, di mana dia mencuri kentang goreng dari pemiliknya, Benny. Dia mengejarnya sampai dia menyadari dia dalam masalah dan memberinya makanan, serta menelepon layanan sosial. Dia tidak berbicara, tetapi Benny melihat tato di lengannya yang bertuliskan "011" dan mulai memanggil gadis itu Eleven. Ketika agen layanan sosial yang seharusnya tiba, salah satu dari mereka menembak Benny, dan Eleven menyadari bahwa orang-orang ini berasal dari lab tempat dia diculik sejak kecil. Eleven melarikan diri dan berlari kembali ke hutan, di mana dia bertemu teman-teman Will, Mike Wheeler, Dustin Henderson dan Lucas Sinclair, yang berangkat untuk mencari Will.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Episode ini awalnya berjudul "Montauk Pilot" dan merupakan episode pertama dari Montauk, judul asli untuk Stranger Things. Hal tersebut kemudian berganti nama seiring dengan judul acara, meskipun skripnya sendiri hampir tidak berubah. Episode ini ditulis dan disutradarai oleh pembuat acara, Duffer brothers. "The Vanishing of Will Byers" dirilis pada 15 Juli 2016 di Netflix.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Episode ini diterima dengan baik oleh para kritikus. PopMatters mencatat bahwa acara itu "menangkap ketakutan dan tahun 80-an dengan sangat cemerlang."[1]

The Duffer Brothers dinominasikan untuk Primetime Emmy Award untuk penulisan yang luar biasa dan penyutradaraan yang luar biasa untuk episode ini, serta Director Guild of America kategori Penyutradaraan Serial Drama Terbaik.[2][3][4] Lainnya dianugerahi penghargaan untuk pekerjaan mereka di episode ini.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Stranger Things: Season 1, Episode 1 - "The Vanishing of Will Byers"". PopMatters (dalam bahasa Inggris). 2016-07-27. Diakses tanggal 2020-12-23. 
  2. ^ Hipes, Patrick (2017-01-11). "DGA TV Awards Nominations: 'Stranger Things', 'Westworld' & 'Atlanta' On List; Docus Include 'OJ: Made In America'". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-25. 
  3. ^ Emmy Nominations 2017: Westworld, Stranger Things, Atlanta Among New Nominees - IGN (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-12-25 
  4. ^ "Stranger Things Emmy award". Television Academy (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal May 15, 2015. Diakses tanggal 2020-12-25. 
  5. ^ Littleton, Cynthia (2017-09-11). "Creative Arts Emmy Winners: 'Stranger Things,' 'Westworld,' 'Big Little Lies' Win Big — Complete List". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-25. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]