Chang Yu-Sheng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Chang Yu-Sheng
Nama Tionghoa 張雨生 (Tradisional)
Nama Tionghoa 张雨生 (Sederhana)
Pinyin Zhāng Yǔshēng (Mandarin)
Asal Bendera Republik Tiongkok Republik Tiongkok (Taiwan)
Nama Lain Tom Chang
Pekerjaan Penyanyi, komposer, dan produser rakaman
Tipe suara High tenor
Tahun aktif 1988–1997
Dipengaruhi Dennis, Jasmine, Yang Pei-an
Situs web www.yu-sheng.org

Chang Yu-Sheng (Hanzi tradisional: 張雨生; Hanzi sederhana: 张雨生; pinyin: Zhāng Yǔshēng; lahir di Kabupaten Penghu, Taiwan, 7 Juni 1966 – meninggal di Danshui, Kabupaten Taipei, Taiwan, 12 November 1997 pada umur 31 tahun) adalah seorang penyanyi, komponis, dan produser musik asal Taiwan. Salah satu prestasi utama Chang sebagai produser musik adalah penyanyi pop wanita, yaitu A-mei.[1] Saat mengemudi dengan kondisi fisik yang letih pada malam hari tanggal 21 Oktober 1997, Chang mengalami kecelakaan mobil yang fatal dan mengalami koma. Semenjak saat itu, Chang tidak pernah sadarkan diri dan pada tanggal 12 November pukul 23.48 waktu setempat di Rumah Sakit Mackay Tamsui, Chang menghembuskan napas terakhir setelah dirawat inap selama beberapa minggu.

Chang dikenal sebagai salah satu penyanyi pria dalam industri musik Taiwan yang memiliki kemampuan vokal yang sangat baik. Kelebihan musikalnya mencakup kemampuan untuk menyanyikan lagu-lagu yang bernada tinggi dengan jelas tanpa menggunakan teknik vokal falsetto, menciptakan, meng-aransemen dan juga memproduseri album-albumnya sendiri, seperti 帶我去月球 (1992), 卡拉OK‧Live‧台北‧我 (1994), dan album terakhirnya 口是心非 (1997). Album 卡拉OK‧Live‧台北‧我 dan 口是心非 dikenal publik sebagai album yang memilik tingkat artistik yang tinggi dengan musik, lirik dan vokal yang jauh meninggalkan standar musik pada waktu itu. Berdasarkan diskografinya, termasuk performa sewaktu konser, Chang mampu mencapai nada-nada tinggi seperti nada A pada oktaf kelima (A5) dan nada D# pada oktaf keenam (D#6). Nada terendah yang pernah dicapainya adalah nada E pada oktaf kedua (E2).

Beberapa penyanyi Taiwan menjadikan Chang sebagai idola dan secara tidak langsung juga mempengaruhi teknik dan gaya bermusik mereka, seperti Yang Pei-an (dikenal sebagai penyanyi pria modern dengan vokal tinggi), Jasmine Ting Zhu (penyanyi wanita yang menciptakan sebagian besar musiknya), dan beberapa penyanyi Taiwan lainnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Titik karir Chang Yu Sheng dapat ditilik permulannya dari tahun 1987. Pada waktu itu, Chang merupakan anggota sekaligus vokalis dari band rock yang bernama Metal Kids. Band tersebut sempat berpartisipasi dalam kompetisi band lokal tahun 1987 di Taiwan, dengan membawakan lagu Heaven On Fire sebagai lagu andalan. Kompetisi antar band tersebut memberikan hasil yang memuaskan bagi Chang dan band rocknya dengan 2 gelar juara, yaitu Metal Kids sebagai band terbaik dan Chang Yu Sheng sebagai vokalis terbaik. Kemenangan ini memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengadakan konser yang lebih besar dan pada saat itu, para penikmat musik seantero Taiwan mulai mengenal dan menyukai ciri khas dari Metal Kids, yaitu keunikan dan kemampuan vokal sang vokalis, Chang Yu Sheng. Pada tahun 1980-an, musik rock waktu itu identik dengan vokalis dengan nada-nada tinggi yang hampir selalu menggunakan teknik falsetto, namun Chang membedakan dirinya dengan kemampuannya untuk menyanyi tanpa teknik falsetto tersebut. Lagu-lagu yang dirilis Chang sebagai single sebelum album perdananya yaitu Heaven On Fire, 我的未来不是梦, dan 烈火青春.

Album Perdana: Merindukanmu Setiap Hari (天天想你)[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November 1988, Chang merilis album perdananya dengan judul Merindukanmu Setiap Hari (天天想你). Album ini memiliki beberapa lagu hit dengan video musik, seperti 跟著我, 天天想你, dan 和天一樣高. Rilis perdana ini melambungkan nama Chang sebagai ikon pop dalam lagu-lagu berbahasa Mandarin.

Album Kedua: Merindukanku (想念我)[sunting | sunting sumber]

Setahun kemudian, yaitu bulan Juli 1989, Chang merilis album keduanya yang diberi judul Merindukanku (想念我). Album kedua ini menelurkan lagu hit disertai beberapa video, seperti 想念我, 沒有煙抽的日子, dan 大地的天使.

Album Ketiga: Bawa Aku Menuju Ke Bulan (帶我去月球)[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Februari 1992, Chang merilis album ketiga yang disebut Bawa Aku Menuju Ke Bulan (帶我去月球). Album ini merupakan album pertama dari Chang di mana hampir semua aransemen, lirik dan musik merupakan hasil kreativitas dari Chang. Album ini menelurkan lagu hit, yaitu 帶我去月球, 我想把整片天空打開, dan 我呼吸我感覺我存在.

Album Keempat: Laut (大海)[sunting | sunting sumber]

Di tahun yang sama, beberapa bulan setelah album Bawa Aku Menuju Ke Bulan (帶我去月球), tepatnya pada bulan Desember 1992, Chang merilis album keempatnya yang diberi judul sederhana, yaitu Laut (大海). Album ini memiliki lagu hit 大海, 我是一棵秋天的樹, I Don't Wanna Say Goodbye, dan 心底的中國. Lagu hit 大海 dianggap oleh sebagian besar penikmat musik sebagai lagu yang paling terkenal dari Chang. Adapun lagu 心底的中國 dibuat oleh Chang sendiri untuk didedikasikan kepada negara China dan mengandung arti patriotisme. Album 大海 ini merupakan album tersukses dari Chang dari segi komersil.

Album Kelima: Ikan Berenang Sepanjang Hari (一天到晚游泳的魚)[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juni tahun 1993, Chang merilis album kelima yang memiliki persamaan dengan album tahun sebelumnya, yaitu Ikan Berenang Sepanjang Hari (一天到晚游泳的魚). Album ini memiliki lagu hit dengan video klip seperti 一天到晚游泳的魚, 是否真的愛我, dan 一人一個夢.

Album Keenam: KaraOK. Live. Taipei. Aku (卡拉OK‧Live‧台北‧我)[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Agustus tahun 1994, Chang kembali merilis album keenamnya yang disebut KaraOK. Live. Taipei. Aku (卡拉OK‧Live‧台北‧我). Album ini merupakan album hasil kreasi dari Chang, di mana semua lirik, musik, aransemen merupakan hasil karya Chang. Chang juga bertindak sebagai salah satu produser untuk album tersebut. Album 卡拉OK‧Live‧台北‧我 ini dikenal berbagai kalangan sebagai salah satu album terbaik di masanya karena memiliki lirik yang lebih mendekati unsur sosial, harapan, dan perdamaian di luar unsur asmara. Selain itu, unsur musikalitas dalam album ini juga berbeda dengan album-album Chang sebelumnya. Sebagai contoh, lagu Saudara! (兄弟呀) merupakan lagu dengan sentuhan musik khas heavy metal dan rock klasik, disertai dengan lengkingan nada tinggi, dominasi distorsi gitar, permainan drum yang kencang dan permainan solo yang panjang seperti lagu-lagu khas Led Zeppelin, Deep Purple, dan lain sebagainya. Lagu 兄弟呀 ini memiliki nada tertinggi yang pernah dinyanyikan oleh Chang, yaitu nada D# pada oktaf keenam (D#6). Lagu hit dari album ini mencakup 我期待 (memiliki unsur harapan dan keinginan untuk perdamaian abadi), 動物的悲歌 (memiliki arti untuk perlindungan makhluk hidup), 兄弟呀, dan 蝴蝶結. Lagu Simpul Kupu-Kupu (蝴蝶結), merupakan lagu yang dibuat dan didedikasikan Chang untuk salah satu adik perempuannya yang meninggal pada usia muda karena tenggelam.

Album Ketujuh: Hanya Sebagai Teman (還是朋友)[sunting | sunting sumber]

Chang kembali merilis album ketujuhnya pada bulan Maret 1995, yaitu Hanya Sebagai Teman (還是朋友). Terdapat beberapa lagu hit dari album ini, yaitu 還是朋友, 不想失去你, 永遠的自由, 執著, dan 別放棄希望.

Album Kedelapan dan Kesembilan: Perang Iran-Irak: Gairah Merah (兩伊戰爭-紅色熱情) dan Perang Iran-Irak: Bakat Putih (兩伊戰爭-白色才情)[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juni 1996, Chang merilis 2 album terpisah secara sekaligus dalam waktu yang sama, yaitu Perang Iran-Irak: Gairah Merah (兩伊戰爭-紅色熱情) dan Perang Iran-Irak: Bakat Putih (兩伊戰爭-白色才情). Kedua album tersebut merupakan EP atau disebut sebagai Extended Play. Album 兩伊戰爭-紅色熱情 memiliki lagu hit dengan video klip, yaitu Orang Yang Paling Kucintailah Yang Paling Menyakitiku (最愛的人傷我最深). Lagu ini merupakan kolaborasi duet antara Chang dengan pilihan duetnya, yaitu Chang Hui Mei atau yang sekarang lebih dikenal sebagai A-mei. Lagu hit inilah yang kelak mengantarkan A-mei sebagai salah satu bintang pop wanita baru yang diperhitungkan di blantika musik Taiwan. Sedangkan album 兩伊戰爭-白色才情 menelurkan lagu hit dengan musik klip, yaitu Selamat Tinggal, Gadis (再見女郎).

Album Kesepuluh: Mulut Berkata Iya, Hati Berkata Tidak (口是心非)[sunting | sunting sumber]

Chang merilis album terakhirnya di bulan Oktober tahun 1997 Mulut Berkata Iya, Hati Berkata Tidak (口是心非). Album ini juga merupakan album yang didominasi oleh kreativitas Chang sebagai pemusik. Album ini dipuji oleh pengamat musik Taiwan sebagai album yang memiliki cita rasa yang tinggi dengan lirik , musik dan aransemen yang baik. Album 口是心非 ini, seperti halnya album 卡拉OK‧Live‧台北‧我, memiliki lagu-lagu yang berbeda dengan jenis musik yang variatif. Lagu 口是心非 (hit unggulan dari album ini), 玫瑰的名字, dan 河 memiliki komposisi musik dengan nuansa rock dan heavy metal. Sedangkan lagu 隨你 memiliki nuansa musik klasik, dengan iringan orkestra dan pelbagai vokal latar yang dinyanyikan Chang sendiri. Lagu-lagu hit dari album ini mencakup 口是心非, 玫瑰的名字, 河, 隨你, dan 若我告訴你其實我愛的只是你. Beberapa saat setelah perilisan album 口是心非 ini, Chang yang mengendarai mobil Saab Convertible mengalami kecelakaan lalu lintas. Berdasarkan keterangan dari tenaga medis yang menanganinya, kecelakaan mobil tersebut terjadi murni karena faktor fisik Chang yang kelelahan dan pihak rumah sakit menyatakan tidak ditemukannya alkohol dalam pengetesan darah Chang. Meninggalnya Chang menimbulkan duka baik bagi keluarganya dan juga rekan-rekan pemusik dan selebriti di Taiwan. Semenjak saat itu, beberapa rekan dari Chang, yaitu A-mei, Ashin, Tao Jing Ying, Su Rui, Zhang Fei, Fei Yu Qin dan lain sebagainya sering mengadakan konser musik untuk memperingati Chang dan dedikasinya untuk dunia musik di Taiwan. Beberapa pemusik modern Taiwan yang mengisi acara konser ini meliputi Yang Pei-an, Mayday, Sodagreen, Jam Hsiao, Matilda Tao, and Yuming Lai dan lainnya.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis Album Jumlah lagu Pendahuluan Singkat
November 1988 Merindukanmu Setiap Hari
天天想你
  1. 跟著我
  2. 天天想你
  3. 永遠都像才認識
  4. 我的陽光我的風
  5. 渺小
  6. 和天一樣高
  7. 告訴我親愛的
  8. 沒有不可能的事
  9. 不是因為寂寞
  10. 就算為你也是為我
Juli 1989 Merindukanku
想念我
  1. 想念我
  2. 我不能一點一點愛你
  3. 無題
  4. 就為你
  5. 明天不會有淚
  6. 沒有煙抽的日子
  7. 當我正想要和你分享
  8. 他們
  9. 大地的天使
  10. 冒險少年
Februari 1992 Bawa Aku Menuju Ke Bulan
帶我去月球
  1. 序曲
  2. 我想把整片天空打開
  3. 帶我去月球
  4. 無題
  5. 這一夜我睡不著
  6. 我就要轉彎
  7. 總髮遊
  8. 湖心草深長
  9. 魔幻台北
  10. 現在這樣
  11. 我呼吸我感覺我存在
  12. 我想把整片天空打開
Desember 1992 Laut
大海
  1. 我是一棵秋天的樹
  2. I Don't Wanna Say Goodbye
  3. 多夢的歲月
  4. 愛上你的一切
  5. 掙扎
  6. 大海
  7. 寧可讓我苦
  8. 不管‧不管
  9. 把世界分一半給你
  10. 心底的中國
Juni 1993  Ikan Berenang Sepanjang Hari
一天到晚游泳的魚
  1. 青澀的記憶
  2. 是否真的愛我
  3. 海的呼喚
  4. 一天到晚游泳的魚
  5. 冰點
  6. 妹妹晚安
  7. 祈求
  8. 一人一個夢
  9. 一步一徘徊
  10. 仲夏夜之夢
  11. 勿忘我
  12. 靜夜星空
  13. 三月的天真
  14. 無知的歲月
Agustus 1994 KaraOK. Live. Taipei. Aku
卡拉OK‧Live‧台北‧我
  1. 我是多麼想
  2. 動物的悲歌
  3. 靈光
  4. 永公街的街長
  5. 子夜抒懷
  6. 兄弟呀
  7. 這一年這一夜
  8. 我的心在發燙
  9. 後知後覺
  10. 蝴蝶結
  11. 跟得上我吧
  12. 我期待
  13. 再見 蘭花草!
Maret 1995 Hanya Sebagai Teman
還是朋友
  1. 還是朋友
  2. 西風的話
  3. 不想失去你
  4. 我是風箏
  5. 永遠的自由
  6. 執著
  7. 我什麼都願意給
  8. 一生陪你走
  9. 愛做夢的孩子
  10. 別放棄希望
Juni 1996 Perang Iran-Irak:
Gairah Merah (EP)
兩伊戰爭-紅色熱情
  1. 最愛的人傷我最深
  2. 費盡心思
  3. The Indian Summer Night
  4. 不亮的燈
Juni 1996 Perang Iran-Irak:
Bakat Putih (EP)
兩伊戰爭-白色才情
  1. 未知
  2. 再見女郎
  3. 後窗
  4. 發暈
  5. 沈默之沙
Oktober 1997 Mulut Berkata Iya, Hati Berkata Tidak
口是心非
  1. 如果你要離開我
  2. 口是心非
  3. CAPPUCCINO
  4. 玫瑰的名字
  5. 愛情‧‧‧
  6. ‧‧‧的圖案
  7. 隨你
  8. 神采
  9. 在黃昏融化了世界的色彩以前
  10. 若我告訴你其實我愛的只是你

2007.11.12: album DEMO dari beberapa lagu yang belum sempat dirilis dan semua lagu Hit Terbaik sepanjang karirnya sebagai penyanyi pop: 《如燕盤旋而來的思念》

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zhong, Qiu (2007-11-25). "Tom Chang". CRI Bahasa Inggris. Diakses 2007-12-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]