Chang Myon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Chang Myon
장면
Wakil Presiden Korea Selatan ke-4
Masa jabatan
15 Mei 1956 – 23 April 1960
Didahului oleh Ham Tae-young
Digantikan oleh Lee Ki-bung
Informasi pribadi
Lahir 28 Agustus 1899
Incheon, Korea
Meninggal 4 Juni 1966 (umur 66)
Kebangsaan Korea
Partai politik Demokrat
Suami/istri Kim Ok-yun
Korean name
Hangeul 장면
Hanja 張勉
Alih Aksara yang Disempurnakan Jang Myun
McCune–Reischauer Chang Myŏn
Nama pena
Hangeul 운석
Hanja 雲石
Alih Aksara yang Disempurnakan Unseok
McCune–Reischauer Unsŏk

Chang Myon (lahir 28 Agustus 1899 – meninggal 4 Juni 1966) adalah politisi dan perdana menteri kedua Republik Korea Selatan selama Republik Kedua.[1] Chang Myon awalnya adalah seorang guru dan selanjutnya berkarier sebagai politisi yang dikenal demokratis namun pada akhirnya disingkirkan dalam kudeta oleh Jenderal Park Chung-hee pada tahun 1961. Nama barat Chang Myon adalah John M.Chang.

Karier awal[sunting | sunting sumber]

Chang Myon lahir di Incheon pada tahun 1899.[1] Lulus dari sekolah menengah atas pada tahun 1917 di kota Suwon dan mengikuti pendidikan Bahasa Inggris di YMCA Seoul sampai tahun 1919. Chang pergi ke Amerika Serikat untuk belajar di Manhattan college, New York. Lulus tahun 1925 dan kembali ke Korea. Di Korea, ia tinggal di Pyongyang dan terlibat dalam aktivitas di gereja Katolik. Pada tahun 1931, menjabat sebagai kepala sekolah anak laki-laki dan terus mengajar di sana sampai akhir Perang Dunia II.

Setelah Perang Korea, pemerintahan militer Amerika Serikat di Korea mencari orang-orang berbakat yang dapat duduk di kursi pemerintahan. Pada tahun 1946, Chang ditunjuk dalam Dewan Legislatif Sementara yang diciptakan oleh militer Amerika Serikat untuk memulai proses pemerintahan di Korea.[1]

Badan ini terdiri dari 45 anggota terpilih dan 45 anggota yang ditunjuk.[1] Chang terpilih sebagai seorang yang orang berbakat dengan catatan pendidikan yang ditempuh Amerika Serikat dan dapat berkontribusi terhadap proses politik. Ia dapat memenuhi ekspektasi dan menjadi anggota penting dalam dewan. Mulai dikenal pada saat ditunjuk sebagai kepala dari three man committee (komite tiga orang) yang hadir di depan sidang dewan PBB untuk menyampaikan masalah Korea. Pemilihan diadakan pada tanggal 10 Mei 1948 dan Chang menjadi salah satu representatif terpilih untuk menduduki kursi pemerintahan Korea Selatan.[1] Dewan nasional mengesahkan konstitusi pertama dan kemudian memilih Syng-man Rhee sebagai presiden yang pertama.

Rhee kemudian membentuk administrasi dan menunjuk Chang Myon ke salah satu posisi terpenting, sebagai duta besar untuk Amerika Serikat. Ia bertugas di Amerika dan menerima gelar Ph.D dari Universitas Fordham selama masa tugasnya di Washington DC.[1] Segera setelah Perang Korea pecah bulan Juni 1950, Chang kembali ke Korea dan pada bulan November 1951 ditunjuk sebagai perdana menteri oleh presiden Rhee serta bergabung dalam kursi kepemerintahan yang sedang dipindahkan ke Busan selama perang.[1] Namun Chang mundur pada bulan April 1952 saat berpeluang dinominasikan sebagai calon presiden pada pemilu tahun 1952.[1]

Walaupun tidak mendapat nominasi presiden pada tahun 1952, ia muncul sebagai calon wakil presiden dari partai oposisi melawan Presiden Rhee dan calon wakil presiden Yi Ki-bung.[2] Rhee memenangkan pemilu presidensial namun, Chang Myon mengalahkan Yi dalam pemilihan wakil presiden.[3] Rhee merasa dikhianati oleh keputusan Chang yang dianggapnya menentang pembesarnya sendiri, berusaha menekan gerak Chang Myon dalam pemerintahan. Masalah menjadi kisruh pada tanggal 28 September 1956, saat seorang pendukung pro-Rhee berusaha membunuh Chang di Seoul. Percobaan pembunuhan tersebut melukai tangan Chang.[1] Chang kemudian dikalahkan oleh Rhee dan Yi dalam pemilu tahun 1960 yang dianggap tidak bersih. Segera setelah pemilihan umum, mahasiswa melakukan demonstrasi yang dikenal dengan peristiwa Revolusi 19 April.[3] Mahasiswa menginginkan Rhee turun dan pemerintahan yang sementara. Yun Bo-seon menjadi presiden dan Chang kembali dipilih menjadi perdana menteri.[4] Dalam pemerintahan yang baru tersebut kekuatan presiden telah jauh berkurang dan perdana menteri memegang penuh kuasa pemerintahan. Pemerintahan Chang ditandai oleh faksionalisme, kurangnya pengambilan keputusan dan kepemimpinan yang lemah. Antara bulan September 1960 dan Mei 1961 Chang merombak kabinet sebanyak 3 kali namun masih tanpa hasil yang efektif.[4] Ia mencoba untuk membuat rencana jangka panjang, ketika bulan Mei 1961, dipaksa turun dari pemerintahan lewat kudeta militer Jendral Park Chung-hee. Chang ditangkap dan dilarang berkiprah di arena politik. Ia menghabiskan sebagian besar akhir hidup di rumahnya.

Pada tahun-tahun terakhir, Chang menderita penyakit radang hati dan dirawat di beberapa rumah sakit di Seoul.[1] Akhirnya bulan Juni 1966, ia meninggal dunia beberapa jam setelah tiba di rumahnya di kawasan Myeongnyun-dong, Seoul.[1] Ia dimakamkan di pemakaman Katolik di Kabupaten Pocheon, kurang dari 50 km di utara Seoul.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j k l Saccone, Richard (June 1993). Koreans to Remember: 50 Famous People Who Helped Shape Korea. Seoul: Hollym International Corporation. hlm. 3–6. ISBN 1-56591-007-9. 
  2. ^ (Inggris)The First Republic, yonhapnews. Diakses pada 6-8-2011.
  3. ^ a b (Inggris)The Syngman Rhee Era, 1946-60, countrystudies. Diakses pada 6-8-2011.
  4. ^ a b (Inggris)The Democratic Interlude, countrystudies. Diakses pada 6-8-2011.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Ham Tae Young
Wakil Presiden Korea Selatan
1956-1960
Diteruskan oleh:
-