Cewek Saweran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cewek Saweran
Poster film
SutradaraEddie Cahyono
ProduserLucki Lukman Hakim
Ditulis olehIfa Firmansyah
PemeranJuwita Bahar
Kriss Hatta
Harry Izwan
Djaduk Ferianto
Marwoto
Dyah Arum
DistributorBatavia Pictures
Tanggal rilis
3 Maret 2011
Durasi84 menit
NegaraIndonesia

Cewek Saweran adalah film Indonesia yang dirilis pada 3 Maret 2011 dengan disutradarai oleh Eddie Cahyono yang dibintangi oleh Juwita Bahar dan Kriss Hatta.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Cewek Saweran menceritakan sebuah kisah percintaan yang dibumbui oleh dangdut modern. Ayu, gadis yang berasal dari desa kecil di pinggiran kota Jogjakarta ingin menjadi penyanyi dangdut terkenal, ia harus meninggalkan ayahnya yang sedang sakit-sakitan, untuk hijrah ke kota Jogya. Di Jogja Ayu menumpang di rumah Ningsih, tantenya yang membuka usaha salon kecil-kecilan.

Dimas, teman Ayu dari kecil yang lebih dulu pindah ke Jogja untuk kuliah. Selama Ayu belum mendapatkan pekerjaan, ia membantu Ningsih bekerja di salon trendinya itu. Beberapa minggu Ayu justru hanya berkutat di salon Ningsih. Sesekali Dimas mengantar Ayu mencari pekerjaan.

Perjalanan Ayu menuju cita-citanya dipenuhi dengan dilema dan kekecewaan yang mendalam. Ayu harus mengamen bersama Dimas dan seorang temannya Angga, untuk bertahan hidup dan membuktikan kalau Ayu memang mempunyai suara yang bagus. Setiap kali menyanyi Ayu selalu menyedot perhatian para lelaki, bagai terhipnosis oleh goyang dan suara Ayu. Mereka mengeluarkan lembar demi lembar uang untuk saweran. Dari situlah Ayu mendapat julukan cewek saweran.[1][2][3]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Laman Cewek Saweran[pranala nonaktif permanen], diakses pada 18 Februari 2011
  2. ^ "Cewek Saweran (2011)". filmindonesia.or.id. Diakses tanggal 2022-11-28. 
  3. ^ Cewek Saweran, 2011-03-03, diakses tanggal 2022-11-28 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]