Cerek buaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cerek buaya
Pluvianus aegyptius

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22694086
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliPluvianidae
GenusPluvianus
SpesiesPluvianus aegyptius
Linnaeus, 1758

Cerek Mesir ( Pluvianus aegyptius ), juga dikenal sebagai cerek buaya adalah sejenis burung randai satu-satunya anggota genus Pluvianus . Sebelumnya ditempatkan di keluarga terik dan burung-balap, Glareolidae, sekarang dianggap sebagai satu-satunya anggota keluarga monotipe Pluvianidae.

Spesies ini adalah salah satu dari beberapa burung cerek yang diragukan terkait dengan burung "trochilus" yang disebutkan dalam simbiosis pembersihan dengan buaya Nil .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Cerek buaya adalah spesies yang mencolok dan tidak salah lagi. 19-21 Cerek dewasa dengan panjang cm mempunyai mahkota, punggung, penutup mata, dan pita dada berwarna hitam. Sisa kepalanya berwarna putih. Sisa bulu bagian atas berwarna biru abu-abu, dan bagian bawah berwarna oranye. Kakinya yang gondrong berwarna biru keabu-abuan.

Dalam penerbangan, ia bahkan lebih spektakuler, dengan mahkota dan punggung berwarna hitam kontras dengan warna abu-abu pada bagian atas dan sayap. Bulu terbangnya berwarna putih cemerlang dilintasi garis hitam. Dari bawah, burung terbang tersebut seluruhnya berwarna putih, kecuali bagian perut berwarna oranye dan garis sayap berwarna hitam. Setelah mendarat, anggota pasangan saling menyapa dengan mengangkat sayap dalam upacara rumit yang memamerkan tanda hitam dan putih. Jenis kelaminnya mirip, tetapi burung muda lebih kusam dan corak hitam bercampur coklat.

Habitat dan jangkauan[sunting | sunting sumber]

Cerek buaya adalah penduduk lokal di Afrika sub-Sahara tropis. Ia berkembang biak di gosong pasir di sungai yang sangat besar. Meskipun mempunyai nama ilmiah dan lokal, ia tidak ada di Mesir modern. [1] Namun, ketika dijelaskan pada tahun 1758 oleh Carolus Linnaeus, negara Mesir mencakup sebagian besar wilayah tempat burung ini ditemukan, termasuk Sudan, Chad, dan Ethiopia . [2]

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Burung yang biasanya sangat jinak ini ditemukan berpasangan atau berkelompok kecil di dekat air. Ia memakan serangga dengan mematuknya. Panggilannya adalah krrr-krrr-krrr bernada tinggi. Karena betapa jinaknya, orang sering kali mendekat daripada yang aman.

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Dua atau tiga telurnya tidak diinkubasi, tetapi dikubur di pasir hangat, pengatur suhu dicapai oleh burung dewasa yang duduk di atas telur dengan perut yang direndam air untuk mendinginkannya. Jika burung dewasa meninggalkan sarang, ia akan menghaluskan pasir di atas telur, meskipun jika ia ketakutan, pekerjaannya mungkin akan tergesa-gesa. Anakannya tersebut bersifat prekosial, dan dapat berlari segera setelah menetas dan mencari makan sendiri segera setelahnya. Burung dewasa mendinginkan anak-anaknya dengan cara yang sama seperti telur. Anakannya mungkin meminum air dari bulu perut orang dewasa. Burung dewasa mengubur anakannya di pasir untuk sementara jika ada bahaya yang mengancam.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b BirdLife International (2016). "Pluvianus aegyptius". 2016: e.T22694086A93437931. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22694086A93437931.en.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "iucn" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  2. ^ Jane Hathaway (4 April 2002). The Politics of Households in Ottoman Egypt: The Rise of the Qazdaglis. Cambridge University Press. hlm. 9. ISBN 978-0-521-89294-0. Diakses tanggal 10 June 2013.