Censor Librorum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam Gereja Katolik Roma, Censor Librorum adalah sebuah otoritas gereja yang bertugas untuk meninjau tulisan-tulisan dan menganugerahkan nihil obstat. Dalam Bahasa Latin Censor Librorum artinya "sensor buku".

Walau namanya memberikan indikasi bahwa tugasnya adalah menekan buku-buku yang kritis terhadap atau tidak popular di mata gereja, semua hal itu bukanlah fungsi dari Censor Librorum. Melainkan tugas 'Censor Librorum itu adalah untuk meninjau tulisan-tulisan yang diajukan dalam hubungannya dengan keakuratan doktrin gereja. Sebuah tulisan yang menurut doktrin adalah benar (yaitu yang tidak mengandung kata-kata apapun yang berlawanan dengan doktrin gereja) namun menggambarkan pihak Gereja atau aparat Gereja dalam bentuk yang negatif harus tetap diberikan nihil obstat.

Kantor Censor Librorum adalah di Keuskupan, yang ditentukan oleh Sang Uskup. Fungsi kantor ini biasanya dilakukan oleh seorang imam, namun apabila tidak ada imam yang tersedia, fungsinya bisa dilakukan oleh seorang awam yang memiliki latar belakang pendidikan teologi dengan dasar sebuah dispensasi khusus.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]