Carbonara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Carbonara
Spaghetti alla Carbonara.jpg
Spaghetti alla carbonara
Asal
Tempat asal Italia
Daerah Lazio, Roma
Rincian
Makanan pendamping main course
Suhu penyajian Panas
Bahan utama Pasta, telur, pancetta, guanciale, keju
Variasi kacang polong, jamur, sayur, krim

Spaghetti alla carbonara atau carbonara adalah masakan Italia yang berupa spaghetti yang dimasak dengan saus telur, keju dan daging.[1] Carbonara diciptakan dari resep rakyat pedesaan Italia tengah yang berciri sederhana dan apa adanya.[1] Setiap orang mempunyai cara tersendiri dalam memasak carbonara namun prinsip utama adalah penggunaan bahan berkualitas terbaik.[1] Penambahan krim untuk carbonara adalah salah kaprah dan banyak orang Italia masih memperdebatkan daging yang digunakan, apakah guanciale atau pancetta. Bahan utama memasak carbonara adalah pasta, telur, pecorino dan lada hitam.[1]

Memasak dan bahan[sunting | sunting sumber]

Spaghetti direbus maksimal 10 menit, lalu dimasak di atas api besar bersama telur dan potongan keju yang dikocok rata untuk menciptakan saus yang meresap.[1] Keju pecorino yang berbau kuat dibuat dari susu domba. Daging yang ditambahkan bisa berupa pancetta: daging perut babi asin dan berbumbu yang digulung kencang seperti sosis atau guanciale: daging pipi babi yang diasinkan.

Sejarah dan teori penciptaan[sunting | sunting sumber]

Sebagai masakan yang merakyat dan populer, terdapat beberapa klaim asal mula carbonara.[2]

  • Teori pertama menyebutkan carbonara ditemukan oleh "carbonai", pekerja pembuat arang yang tinggal di pegunungan Apennina.[2] Saat tinggal di luar rumah, ia memasak pasta dengan keju, daging asin, minyak zaitun, garam dan merica.
  • Teori kedua. Seorang penjual batubara yang mendirikan rumah makan Il Carbonaro di Roma pada tahun 1912 dan menciptakan masakan yang menjadi signature dish "penne alla carbonara".[2] Masakan ini terbuat dari pasta, lemak babi, telur dan guanciale.
  • Teori ketiga. Tentara Sekutu yang menduduki Italia pada tahun 1944 membagi-bagikan bacon dan telur kepada penduduk Roma.[2] Mereka memasak makanan dengan anglo di jalan-jalan kota dan menciptakan pasta dengan tambahan keju. Teori ini didukung oleh Alan Davidson dalam buku The Oxford Companion to Food. Sebagian orang tua Roma masih mengingat makan carbonara pada saat Perang Dunia II.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Authentic Spaghetti alla Carbonara Recipes, thekitchn.com. Akses:10-03-2013
  2. ^ a b c d Carbonara: Secrets of a Perfect Dish, departures.com. Akses:10-03-2013

Pranala luar[sunting | sunting sumber]