Capilla Real

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

The Capilla Real, atau Kapel Kerajaan, di Granada, Spanyol, adalah sebuah mausoleum yang menyimpan sisa jasad Monark Katolik (Spanyol: Los Reyes Católicos), Ferdinand II dari Aragon dan Isabella dari Kastilia.

Granada merupakan wilayah pertahanan terakhir bangsa Moor yang jatuh, pada tanggal 21 Januari 1492, sebagai hasil dari kampanye Reconquista (Penguasaan Spanyol Kembali) selama masa pemerintahan Raja dan Ratu Katolik ini. Oleh karena itu kota ini adalah sebuah unsur penting dalam kesuksesan kampanye ini. Pada tanggal 13 September 1504 mereka memutuskan bahwa jasad mereka nantinya dibawa ke Granada, dan untuk tujuan ini sebuah Surat Perintah Kerajaan diterbitkan di kota Medina del Campo agar sebuah Kapel Kerajaan dibangun. Kapel ini dibangun antara tahun 1505 dan 1517 dengan gaya Gothik dan dipersembahkan kepada Yohanes Pembaptis dan Yohanes Penginjil. Ratu Isabella meninggal dunia setahun sebelum pembangunan kapel ini dimulai, dan Raja Ferdinand menyusul setahun kemudian. Jasad mereka baru dipindahkan ke kapel ini pada tahun 1521.

Selain Raja Ferdinand dan Ratu Isabella, kapel ini juga menyimpan jasad putri mereka Ratu Juana, suaminya Felipe El Hermoso, dan cucu laki-laki tertua mereka Miguel da Paz, Pangeran Asturias. Terdapat juga didalamnya berbagai relik, lukisan diri manusia, permadani dinding, ornamen, patung-patung bergaya Barok dan lukisan-lukisan lainnya di dalam ruang Sakristi Museum.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]