Candela

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Candela (simbol: cd; dibaca [kandela]) adalah unit SI yang mengukur kekuatan dari sinar bercahaya yang memberikan arah dari suatu sumber yang mengeluarkan radiasi monochromatic sebesar frekuensi 540 x 1012 hertz.

Kata candela berarti "lilin" (candle dalam bahasa Latin, dan sejumlah bahasa modern).

Definisi[sunting | sunting sumber]

Seperti satuan dasar SI, candela mempunyai suatu definisi operasional, yaitu didefinisikan dengan deskripsi suatu proses fisika yang menghasilkan satu candela dari intensitas cahaya (luminous intensity). Sejak konferensi ke-16 General Conference on Weights and Measures (CGPM) pada tahun 1979, candela didefinisikan sebagai:[1]

Candela adalah intensitas cahaya, dalam suatu arah, dari satu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540×1012 hertz dan yang mempunyai intensitas radian di arah 1683 watt per steradian.

Definisi ini menggambarkan bagaimana cara menghasilkan sumber cahaya yang per definisi memancarkan satu candela. Sumber semacam itu kemudian dapat digunakan untuk mengkalibrasi alat-alat atau instrumen yang didesain untuk mengukur intensitas cahaya.

Candela kadang kala masih disebut dengan nama lama candle,[2] misalnya dalam foot-candle dan definisi modern candlepower.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Base unit definitions: Candela". The NIST Reference on Constants, Units, and Uncertainty. Diakses 27 September 2010. 
  2. ^ Merriam-Webster