Camargue

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tepi pantai Étang de Vaccarès

Koordinat: 43°32′LU 04°30′BT / 43,533°LU 4,5°BT / 43.533; 4.500

Camargue (Occitan: Camarga dalam bentuk klasik atau Camargo dalam bentuk Mistralia) terletak di selatan Arles, Perancis, antara Laut Mediterania dan dua bagian delta Sungai Rhône. Bagian timur disebut Grand Rhône; bagian barat disebut Petit Rhône. Secara administratif terletak di département Bouches-du-Rhône, dinamai "Mulut Rhône". Sebuah perluasan lebih jauh, Petite Camargue (Camargue kecil), ke barat Petit Rhône, terletak di département Gard. Wilayah ini juga menjadi inspirasi pemberian nama Operasi Camargue selama Perang Indocina Pertama. Camargue ditetapkan sebagai situs Ramsar pada 01 Desember 1986.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Peta Camargue

Dengan luas 930 km² (360 mil persegi), Camargue adalah delta sungai terbesar di Eropa Barat (sebenarnya sebuah pulau, karena dikelilingi air).

Sepertiga Camargue adalah danau atau tanah rawa. Wilayah tengah di sekitar tepi pantai Étang de Vaccarès telah dilindungi sebagai taman regional sejak 1927, karena kepentingannya sebagai surga bagi burung liar, dan masuk dalam Parc Régional de Camargue tahun 2008.

Film[sunting | sunting sumber]

Kemunculan kuda dan region ini ditampilkan dalam film anak-anak 47 menit tahun 1953, Crin-Blanc, dikenal dalam bahasa Inggris sebagai White Mane. Disutradarai Albert Lamorisse, film hitam putih ini memenangkan penghargaan Prix Jean Vigo dan Hadiah Utama Festival Film Cannes, keduanya untuk kategori film pendek.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]