Byakuya Kuchiki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Byakuya Kuchiki (朽木 白哉 Kuchiki Byakuya?) adalah karakter fiksi dalam serial anime dan manga Bleach yang dibuat oleh Tite Kubo. Ia adalah salah satu dari jajaran kapten terkuat dari divisi ke-6 di Gotei 13. Letnannya adalah Renji Abarai. Dia berulang tahun tanggal 19 Februari


Sifat[sunting | sunting sumber]

Byakuya Kuchiki ialah kepala ke-28 dalam keluarga bangsawan Kuchiki, salah satu daripada empat keluarga bangsawan di Soul Society. Hal ini menyebabkan Byakuya selalu menekankan perilaku ala-bangsawan - dia memiliki pembawaan yang tenang dan bersikap seakan tidak terlalu peduli pada orang lain. Sifat tenangnya ini selalu diperlihatkan, bahkan pada saat bertarung. Ia selalu menganggap bahwa pertarungan melawan musuh yang tidak sepadan dengan dirinya hanyalah sia-sia.

Byakuya sangatlah perseptif dan mengetahui batas-batas kemampuannya. Ia juga sangat menjunjung tinggi peraturan dan keteraturan. Sebagai salah satu kapten Gotei 13, ia bekerja keras untuk menjaga kedamaian di Soul Society. Byakuya merasa bahwa jika ia sebagai kepala keluarga Kuchiki melanggar peraturan, maka orang lain pun juga akan ikut melanggarnya. Ia percaya dengan sungguh-sungguh bahwa untuk menjaga kedamaian, semua pelanggar peraturan haruslah dihukum, bahkan jika hal tersebut tidak sesuai dengan kata hatinya. Sifatnya yang sekarang sangat kontras dengan sifat masa kecilnya dahulu, yaitu gampang marah dan terlalu berkepala-panas, seperti yang diingatkan oleh kakeknya, Ginrei Kuchiki.

Meskipun perilakunya sangat dingin dan sangat mencerminkan kebangsawanan, Byakuya peduli dan sangat melindungi orang-orang yang penting dalam kehidupannya. Setelah insiden Aizen, Byakuya akhirnya mengakui bahwa peraturan tidak selalu sempurna, dan akhirnya menjadi lebih dekat dengan adiknya, Rukia Kuchiki. Ia juga memiliki beberapa sifat komikal, di antaranya adalah selalu datang pada pertemuan letnan se-Gotei 13 waktu Renji tidak bisa datang, dan juga selalu datang pada pertemuan Asosiasi Soul Reaper Wanita (Shinigami Woman's Association) sewaktu Rukia tak dapat menghadirinya. Ia juga pernah bercerita bahwa ia menggunakan Senbonzakura, zanpakuto miliknya, untuk memotong rambutnya. Byakuya memiliki talenta seni yang sama besarnya dengan Rukia, alias nol. Ia pernah membuat patung pasir Ambasador Rumput Laut (Seawood Ambassador) yang menurut Rukia lebih bagus daripada patung pasir Chappy miliknya.

Byakuya menyukai bunga lonceng China, makanan pedas, dan jalan-jalan pada malam hari. kekuatan bankai yg paling jago di antara semuanya (senbozakura)

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Byakuya memiliki sepasang mata berwarna abu-abu dan rambut hitam panjang, yang ditata dengan aksesori kepala bernama kenseikan yang melambangkan status bangsawannya sebagai kepala keluarga Kuchiki. Byakuya memakai seragam kapten dan sehelai selendang yang dibuat oleh Tsujishirou Kuroemon III. Selendang tersebut berwarna putih, dan merupakan harta keluarga Kuchiki yang diberikan turun-temurun kepada setiap generasi kepala keluarga Kuchiki. Selendang tersebut dapat membeli empat puluh lima rumah besar di Seireitei.


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Byakuya terlahir di keluarga bangsawan Kuchiki dan tumbuh di mansion keluarga Kuchiki di Seireitei. Dia selalu menghabiskan waktu untuk berlatih, untuk mempersiapkan dirinya mengambil posisi kepala keluarga Kuchiki.

Shihouin Yoruichi sering datang bermain ke mansion tersebut, untuk bermain kejar-kejaran dengan Byakuya. Sering, Yoruichi menggunakan teknik shunpo agar lebih membuat Byakuya marah, dan sebagai balasannya, Byakuya juga menggunakan teknik tersebut untuk mengejarnya, namun selalu gagal.

Sekitar 55 yahun sebelum cerita Bleach dimulai, Byakuya menikahi Hisana Kuchiki, yang merupakan seorang rakyat jelata biasa dari Rukongai. Karena kelakuannya ini, ia dipandang menyalahi aturan keluarga Kuchiki. Lima tahun kemudian, Hisana jatuh sakit. Sebelum Hisana mati karena penyakit tersebut, Hisana meminta Byakuya untuk menemukan adiknya, Rukia, yang ia tinggalkan di Rukongai karena tak mampu merawatnya. Hisana juga memintanya agar tidak menunjukkan kepada Rukia bahwa Hisana adalah kakak dari Rukia.

Ia kemudian menemukan Rukia di Akademi Shinou, dan langsung menjadikannya salah satu anggota keluarga Kuchiki dengan mengangkatnya menjadi adik. Dengan berlaku demikian, sekali lagi ia melanggar aturan keluarga Kuchiki. Ia kemudian bersumpah di depan makam orang tuanya, untuk tidak pernah lagi melanggar aturan, apapun yang terjadi.

Kurang dari 49 tahun yang lalu, Byakuya diangkat menjadi salah satu kapten Gotei 13, di divisi keenam. Gin Ichimaru juga diangkat menjadi kapten pada saat yang bersamaan.


Zanpakuto[sunting | sunting sumber]

Nama dari zanpakuto milik Byakuya adalah Senbonzakura (千本桜 Senbonzakura?) "Seribu Bunga Sakura"; sebuah referensi dari Yoshitsune Senbon Zakura. Dalam kondisi tersegel, Senbonzakura adalah sebuah katana biasa dengan tsuba berbentuk kotak menyerupai jendela bersisi empat kecil, dengan pegangan tembaga yang dililit kain berwarna lavender. Sarung pedang Senbonzakura berwarna putih.Dalam anime Bleach bagian "Pengkhianatan Zanpakuto" , Senbonzakura berwujud seperti seorang pendekar Samurai dari Jepang Kuno yang bertopeng.

Shikai[sunting | sunting sumber]

Jika zanpakuto itu menjadi bentuk shikai, zanpakuto akan melepaskan diri menjadi seribu fragmen pedang yang kecil, yang kemudian terbang menjauhi pegangan zanpakuto. Dengan pegangan zanpakuto di tangannya, Byakuya dapat mengendalikan seluruh fragmen pedang ini menurut kehendaknya, mengoyak musuh dari jarak jauh dan dapat menghancurkan hampir seluruh pertahanan apapun. Pecahan pedang ini juga dapat dijadikan tameng, dan memberhentikan sebuah serangan pedang yang akan menyerang Byakuya.

Bankai[sunting | sunting sumber]

Nama bankai Senbonzakura adalah Senbonzakura Kageyoshi (千本桜景厳 Senbonzakura Kageyoshi?) dengan arti (Berpencar keguguran 1000 kuntum bunga sakura)