Burung kucing hijau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Burungkucing hijau
Ailuroedus crassirostris
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22703624
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliPtilonorhynchidae
GenusAiluroedus
SpesiesAiluroedus crassirostris
Paykull, 1815
Distribusi
EndemikAustralia

Burungkucing hijau ( Ailuroedus crassirostris ) adalah spesies namdur yang ditemukan di hutan subtropis di sepanjang pantai timur Australia, dari tenggara Queensland hingga selatan New South Wales . Dinamakan demikian berdasarkan panggilan khasnya yang terdengar seperti kucing mengeong, meski ada juga yang disalahartikan sebagai anak yang menangis. Burungkucing hijau menyerupai burungkucing tutul, yang ditemukan di hutan hujan tropis basah di Far North Queensland.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ilustrasi oleh Richard Bowdler Sharpe

Burungkucing hijau adalah burung kekar berukuran sedang dengan kaki yang panjang dan kuat serta paruh yang panjang dan kokoh. [2] Punggung, sayap, dan pantat berwarna hijau zamrud cemerlang, dengan bintik-bintik putih bersih yang sangat mencolok di ujung bulu tersier dan sekunder, yang pada ujung bulunya membentuk dua garis sayap putih. Ekornya berwarna zamrud kecoklatan dengan ujung berwarna putih. Kepala berwarna coklat kehijauan berbintik hitam dan berbintik halus pucat. Bagian dada berwarna kehijauan hingga zamrud kusam dengan garis-garis putih pendek yang khas. [3]

Diet[sunting | sunting sumber]

Burungkucing hijau diklasifikasikan sebagai omnivora tetapi sebagian besar merupakan hewan pemakan buah (asli, pendatang, atau budidaya), memakan buah ara dan berbagai bahan nabati seperti tunas, pucuk, bunga, dan biji-bijian. Burung kucing juga akan terlihat di kebun buah-buahan yang dibudidayakan ketika sumber makanan alami mereka menjadi langka. Makanan mereka juga dilengkapi dengan serangga seperti belalang, jangkrik, kumbang, kaki seribu dan tungau serta vertebrata kecil seperti katak pohon dan tukik burung kecil yang menghuni daerah mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Ailuroedus crassirostris". 2016: e.T22703624A93930659. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22703624A93930659.en. 
  2. ^ Good, Adrian (2009). "Husbandry Guidelines for the Green Catbird" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2016-03-03. 
  3. ^ Michael Morcombe (2003) Field Guide to Australian Birds.