Burung-kejur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Burung kejur
Dasyornis

Rufous bristlebird (Dasyornis broadbenti)
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliPardalotidae
GenusDasyornis
Vigors dan Horsf., 1827
Species
Dasyornis brachypterus

Dasyornis broadbenti
Dasyornis longirostris

Dasyornis walterbolesi

Burung-kejur adalah keluarga burung pengicau, Dasyornithidae . Terdapat tiga spesies dalam satu genus, Dasyornis . Keluarga ini endemik di pantai tenggara dan sudut barat daya Australia . [1] Genus Dasyornis kadang-kadang ditempatkan di Acanthizidae atau, sebagai subfamili, Dasyornithinae, bersama dengan Acanthizinae dan Pardalotinae, dalam Pardalotidae yang diperluas, sebelum diangkat ke tingkat keluarga penuh oleh Christidis & Boles (2008). [2] [3]

Taksonomi dan sistematika[sunting | sunting sumber]

Taksa yang diterima atau dideskripsikan oleh Schodde & Mason (1999) [4] meliputi, dengan perkiraan status konservasinya:

Gambar Nama yang umum Nama ilmiah Subspesies Distribusi
</img> Burung-kejur timur Dasyornis brachypterus
  • D. brachypterus brachypterus – terancam punah
  • D. brachypterus monoides – terancam punah
Australia.
</img> Burung-kejur merah Dasyornis broadbenti
  • D. broadbenti broadbenti – risiko lebih rendah (paling tidak memprihatinkan)
  • D. broadbenti caryochrous – risiko lebih rendah (hampir terancam)
  • D. broadbenti litoralis ( burung kejur merah barat ) – punah
pesisir barat daya Australia Barat, tenggara Australia Selatan, dan barat daya Victoria.
</img> Burung-kejur barat Dasyornis longirostris – terancam punah Australia Barat

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Burung-kejur adalah burung berekor panjang, tidak banyak bergerak, dan sering berkeliaran di darat. Panjangnya bervariasi dari sekitar 17 cm sampai 27 cm, dengan jenis burung-kejur Timur yang terkecil, dan burung-kejur merah yang terbesar. Warnanya sebagian besar abu-abu dengan berbagai corak coklat, mulai dari coklat zaitun hingga coklat kemerahan dan kemerahan, pada bulu bagian atas. Bulu abu-abu di bagian bawah atau mantel ditandai dengan bintik-bintik pucat atau bergerigi. [5] Bulu-bulunya, yang terlihat mencolok pada banyak burung seperti burung-kejur yang mencari serangga di lokasi gelap, mungkin memiliki fungsi khusus dalam menemukan atau memanipulasi mangsa.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Burung kejur timur pertama kali terlihat oleh orang Eropa di Port Jackson (Pelabuhan Sydney) ketika Latham pertama kali mendeskripsikan spesies ini untuk ilmu pengetahuan pada tahun 1801. Menurut Gould, mereka "dapat ditemukan di seluruh New South Wales di semua tempat yang sesuai dengan kebiasaannya, meskipun, dari sifat pertapa dari wataknya, ini adalah spesies yang tidak asing lagi bagi sedikit orang, bahkan bagi mereka yang telah lama tinggal di koloni tersebut. Setelah dua abad penjajahan di Eropa, dua dari tiga spesies burung kejur terancam punah (lihat Status dan Konservasi), dan semuanya memiliki wilayah jelajah yang terbatas dan terpisah. Distribusi mereka tidak tumpang tindih, dengan burung kejur Barat, yang menghuni wilayah kecil di padang rumput padat di pantai barat daya Australia Barat, yang paling terspesialisasi. Di pantai timur, burung kejur Timur menempati habitat yang lebih luas di kantong peninggalan jauh di tenggara Queensland dan bagian utara New South Wales, dan pinggiran pantai di selatan Sydney hingga perbatasan Victoria. Daerah sebaran burung kejur merah merupakan semak pesisir yang lebat dan padang rumput di ujung barat daya Victoria dan ujung timur Australia Selatan. Anggota keluarga yang paling tidak pemalu, subspesies caryochrous yang baru ditemukan, hidup di hutan eukaliptus terbuka dengan tumbuhan bawah yang lebat di kawasan Otway, tetapi juga ditemukan di tempat parkir mobil, jalan setapak, dan taman di sepanjang tepi habitatnya yang padat. Deskripsi Gould tentang habitat burung kejur Timur sebagai "tempat tidur alang-alang dan semak belukar, terutama yang ditumbuhi tanaman merambat dan tumbuh-tumbuhan" menggambarkan kepadatan semak belukar pesisir dan padang rumput yang disukai oleh Dasyornithidae, meskipun tidak bergantung pada api. lingkungan, yang memerlukan pembakaran untuk mencegah pepohonan menutupi komponen rumput.

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Seringkali digambarkan sebagai pemalu, sukar dipahami, atau tertutup, mereka berlari cepat melewati tumbuhan paling lebat dengan kaki yang kuat, terkadang dengan ekornya tegak sebagian. [6] Mereka lebih suka berlari untuk menghindari bahaya, namun mampu terbang jarak pendek dengan sayapnya yang bulat dan pendek. Mereka lebih sering terdengar daripada terlihat, bernyanyi dengan suara merdu dan bergema dengan karakter metalik yang khas. Biasanya yang bernyanyi adalah pejantan. Lagu ini dianggap bersifat teritorial dan sering kali dibuat dari atas batang kayu atau semak agar lebih baik dibawa ke udara. Diurnal, tidak ada yang diketahui tentang perilaku bertengger mereka kecuali di semak belukar.

Mereka umumnya berpasangan, tetapi struktur sosial mereka belum diteliti secara dekat. Sebagian besar makanan ditemukan dengan mencari makan di tanah. Burung mencari makan berpasangan, melakukan panggilan kontak kecil untuk tetap berhubungan, dan terus-menerus mengibaskan ekornya saat bergerak. Sebagian besar makanannya terdiri dari serangga dan biji-bijian. Laba-laba dan cacing juga diambil, dan burung juga terlihat meminum nektar.

Perilaku perkembangbiakan burung kejur kurang diketahui. Mereka dianggap sebagian besar bersifat monogami dan mempertahankan suatu wilayah dari spesies lain yang sama. Burung kejur Barat berkembang biak pada bulan Juli – Oktober, dua spesies burung timur antara bulan Agustus dan Februari. Semuanya berkerumun tunggal, dan burung kejur timur dan burung kejur merah akan bertelur pengganti jika burung pertama hilang, sebuah faktor penting dalam keberhasilan program penangkaran yang dilakukan di Queensland untuk subspesies utara monoida burung kejur Timur yang terancam punah. [7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Del Hoyo, J.; Elliot, A. & Christie D. (editors).
  2. ^ Higgins, P.J.; & Peter, J.M. (eds).
  3. ^ Christidis, Les; & Boles, Walter E. (2008).
  4. ^ Schodde, R.; & Mason, I.J. (1999).
  5. ^ Pizzey, Graham; & Knight, Frank.
  6. ^ Del Hoyo, J.; Elliot, A. & Christie D. (editors).
  7. ^ Bristlebird Bulletin 3 (Laporan). Queensland Parks and Wildlife Service, Kenmore, Queensland. November 2003.